Cara Install dan Main Game Tower of Fantasy di PC

Cara Install Tower of Fantasy di PC

Tower of Fantasy adalah salah satu game MMORPG dengan jumlah pemain yang bisa dibilang cukup banyak.

Game ini memiliki fitur cross platform, yaitu kita bisa memainkannya melalui HP maupun melalui PC sesuai keinginan.

Nah, tapi kalau bicara soal waktu main, misalnya untuk grinding, main di PC tentunya akan jauh lebih direkomendasikan.

Buat yang ingin mencoba gamenya di PC tapi belum tahu bagaimana cara untuk menginstallnya, berikut di sini akan saya bahas.

Spesifikasi untuk Game Tower of Fantasy PC

Game Tower of Fantasy di PC memiliki kebutuhan spek yang jauh lebih tinggi dibanding versi HP. Karena dari segi grafis, keduanya memiliki tampilan yang cukup berbeda.

Berikut spesifikasi yang dibutuhkan Tower of Fantasy PC:

  • Windows 7 SP1 64 Bit (atau lebih baru
  • Intel Core i5 atau setara
  • RAM 8GB
  • DirectX versi 11

Saat game diinstall, nantinya kita membutuhkan minimal 20GB ruang kosong untuk penyimpanan.

Dengan catatan, kebutuhan ruang penyimpanan ini nantinya akan terus bertambah seiring diadakannya karakter-karakter, item, map, event dan fitur baru.

Cara Main Game Tower of Fantasy di PC

Untuk cara mainnya sendiri bisa dibilang mudah. Kita bisa langsung menginstall gamenya melalui situs resmi. Jadi kita tidak butuh emulator tambahan.

Kelebihannya di sini ialah kontrol gamenya sudah diatur secara otomatis. Dan gamenya juga lebih stabil ketika dimainkan.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Install Launcher Tower of Fantasy

Install Launcher Tower of Fantasy

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menginstall terlebih dahulu launcher gamenya. Di sini Anda bisa mendownload launcher tersebut melalui situs resmi Tower of Fantasy.

Anda bisa buka situs resmi gamenya. Kemudian di halaman awal game, silakan klik icon Windows. Kemudian tunggu proses download selama beberapa saat.

2. Download Resource Data Game

Setelah launcher terbuka, di sini Anda harus mendownload terlebih dahulu resource data game. Seperti yang disebut sebelumnya, data yang dibutuhkan game ini minimal 20GB. Sehingga direkomendasikan downloadnya menggunakan WiFi.

Pertama silakan Anda atur dulu lokasi direktori tempat game ingin diinstall. Anda bisa klik Browse untuk mengubah pengaturannya. Pastikan juga penyimpanannya mencukupi.

Selanjutnya kalau sudah, silakan tekan tombol Install.

Baca Juga: Perbedaan Mid, Early dan Late Game

3. Tunggu Proses Download Data Game

Di sini Anda harus menunggu proses download data game hingga selesai. Karena ukurannya besar, estimasi waktu selesainya juga berbeda-beda.

Bisa 30 menit bisa juga sampai berjam-jam tergantung dari kecepatan koneksi internet Anda.

Disarankan sewaktu proses download, koneksi internet Anda harus stabil. Tujuannya supaya data gamenya tidak rusak atau corrupt.

Catatan: Kita harus mendownload dua kali data. Yaitu data launcher awal dan data game keseluruhan (setelah login)

4. Login ke Akun Baru

Kemudian lakukan login akun. Untuk membuat akun baru, Anda bisa memilih login via Google atau Facebook. Secara otomatis nanti data gamenya akan terkait di akun tersebut.

Selanjutnya kalau sudah menyelesaikan proses download data game kedua, Anda bisa langsung masuk ke game dengan cara klik Launch yang ada di bagian kiri launcher.

Lalu saat di game, Anda bisa memilih server sesuai keinginan. Untuk memilihnya sendiri bebas, ingin main di server baru atau server lama. Pastikan saja Anda memilih di server Asia supaya ping lancar.

Pilih Server Game Tower of Fantasy

Karena servernya Asia, di gamenya nanti bukan hanya ada orang Indonesia saja, melainkan orang luar juga. Tapi kalau Anda ingin server yang banyak orang Indonesia, salah satunya bisa memilih server Aeria.

5. Mainkan Gamenya

Terakhir Anda bisa memainkan gamenya seperti biasa. Di awal permainan, Anda harus mengikuti tutorial terlebih dahulu (kurang lebih sekitar 20 menit sampai 30 menit).

Pada tutorial tersebut juga nantinya akan termasuk story awal dari gamenya. Story tersebut tidak bisa Anda skip kecuali kalau sudah mencapai progress tertentu.

Fitur gamenya juga sebagian besar masih terkunci, dan akan secara otomatis terbuka ketika Anda sudah mencapai level tertentu.

Baca Juga: Spesifikasi Genshin Impact PC

Akhir Kata

Itulah panduan untuk memainkan game Tower of Fantasy di PC langsung tanpa menggunakan emulator. Untuk yang ingin mencoba gamenya di PC atau laptop, diharapkan panduan ini bisa membantu.

Sedikit tambahan, di game ini terdapat pengaturan game yang bisa Anda atur. Kalau gamenya terasa lag atau patah-patah, Anda bisa mengatur lagi pengaturan gamenya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like