Cara Kirim File Menggunakan Mi Drop

Menggunakan aplikasi transfer file untuk mengirim data, memang dapat dikatakan lebih praktis. Kita sama sekali tidak memerlukan alat bantu apa pun di sini, bahkan kabel USB sekalipun.

Selain itu, keunggulan lainnya yang bisa kita dapatkan dengan cara ini adalah, kita juga bisa mendapati proses transfer data yang lebih cepat.

Teknologi ini berbasis WiFi, di mana memiliki koneksi yang relatif stabil. Beda halnya jika kita menggunakan kabel data, yang justru biasanya memiliki speed rate naik turun.

Nah, ada satu aplikasi transfer data yang sangat saya rekomendasikan di sini, untuk mengirim file dari PC ke Android ataupun sebaiknya.

Mi Drop namanya.

Apa Itu Mi Drop?

AplikasiShareMe (MiDrop) – Transfer files without internet
DeveloperXiaomi Inc.
Download100.000.000
Size4MB

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai aplikasi ini.

Sebagian dari Anda, mungkin sudah mengenal tentang aplikasi transfer file, baik untuk mengirim data maupun untuk menerimanya. Seperti SHAREit misalnya.

Nah, Mi Drop pun punya fungsi utama yang tidak jauh berbeda.

Mi Drop, adalah aplikasi transfer data, yang dapat digunakan untuk mengirim file dari HP ke PC, atau sebaliknya. Aplikasi ini mendukung pengiriman data untuk semua jenis file, di antaranya:

  • File audio.
  • File gambar.
  • File video.
  • File dokumen.
  • Serta beragam jenis file lainnya.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah proses transfer filenya yang cukup cepat. Ditambah lagi, kita juga bisa melanjutkan proses transfer yang terputus apabila tiba-tiba gagal.

Tentang penamaan, pasti ada yang bertanya-tanya “kenapa sih ada embel-embel kata ‘Mi’ di dalam namanya?”

Alasannya, karena memang Mi Drop itu pada awalnya didesain khusus untuk HP Xiaomi saja. Istilahnya sih eksklusif gitu deh.

Tapi, kalau sekarang dibilang eksklusif, rasanya sudah kurang tepat. Karena Mi Drop sendiri saat ini sudah bisa diunduh dari Google Playstore untuk publik, serta bisa digunakan oleh HP dengan merk dan tipe apa pun.

Nah, buat Anda yang penasaran, berikut ini akan saya bahas secara rinci, tentang cara kirim file menggunakan Mi Drop ke PC maupun antar smartphone Android.

Berikut ini pembahasannya:

Baca Juga: Cara Memindahkan Data HP ke Laptop Dengan Mudah

Cara Mengirim File ke Laptop/PC Menggunakan Mi Drop

1. Pertama, silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi Mi Drop di Google Playstore. Kecil kok. Saat artikel ini ditulis, size-nya bahkan hanya di bawah 4MB saja.

Mi Drop

2. Selanjutnya, silakan Anda buka aplikasinya.

3. Di sini, Anda akan melihat antarmuka yang sederhana, di mana hanya ada 2 tombol, yakni tombol Kirim dan tombol Terima saja.

Nah, karena di sini kita ingin mengirim file ke PC atau laptop, maka Anda bisa mengklik tombol titik tiga di bagian pojok kanan atas, kemudian klik Hubungkan ke Komputer.

Cara transfer file MI Drop laptop

4. Silakan hubungkan HP ke WiFi. Bisa memakai router, MiFi, atau perangkat lainnya (sebagai perantara).

Jika sudah tersambung, klik tombol Mulai, kemudian pilih penyimpanan mana yang ingin Anda bagikan (internal atau eksternal).

cara pakai mi drop

5. Kemudian, Anda akan melihat alamat IP dari Mi Drop. Alamat ini berfungsi sebagai metode untuk pengiriman file.

cara mengirim file dari hp xiaomi ke pc

6. Selanjutnya, silakan buka drive This PC/Computer di laptop atau PC Anda. Lihat pada bagian address bar, lalu masukkan nomor IP yang ada di Mi Drop tadi (jangan sampai salah).

Klik tombol Enter jika sudah.

carra kirim file xiaomi

7. Nah, terakhir, akan muncul penyimpanan dari HP Anda yang telah di-share sebelumnya. Silakan copy atau manage file yang diinginkan dari sini ke PC.

Hasil mi drop

Mudah bukan?

Cara Kirim File dengan Mi Drop Untuk HP Android

1. Pertama, silakan download terlebih dahulu aplikasinya di Playstore. Khusus untuk pengguna HP Xiaomi, bisa langsung buka Mi Dropnya, karena sudah otomatis terinstal.

2. Untuk menyalakan Mi Drop antar HP, silakan sambungkan kedua HP ke dalam 1 jaringan WiFi terlebih dahulu. Sama seperti tadi, perangkat apa pun bisa.

3. Klik Kirim pada layar awal Mi Drop. Pilih file yang ingin dikirim (Anda bisa menyeleksinya lebih dari 1 file), kemudian klik lagi tombol Kirim di bagian bawah.

cara pindah file xiaomi

4. Buka HP kedua, lalu klik tombol Terima.

copy file

5. Silakan buka lagi HP pertama, maka Anda akan melihat user yang terdeteksi untuk bisa segera dikirim file. Klik user tersebut untuk memulai proses transfer data.

cara mi drop

6. Buka HP kedua, klik tombol Terima.

mi drop

7. Setelah proses pengiriman selesai, maka file-file yang Anda kirim tadi telah berhasil ditransfer.

sukses diterima

Beres deh!

Kesimpulan

Mengirim file menggunakan Mi Drop ternyata sangat mudah. Dengan user interface yang simpel, saya yakin Anda yang baru pertama kali membuka dan mencobanya pun pasti langsung bisa.

Mi Drop ini nyaris ada di semua jenis HP Xiaomi. Redmi 5A, Redmi Note 5A, Redmi 4, Redmi Note 5, dan tipe-tipe lainnya. Tentu akan sangat disayangkan kalau sampai nggak dipakai.

Lebih dari itu, kita juga bisa mengirim file ke PC menggunakan metode FTP yang tentunya jadi nilai lebih, karena tidak semua aplikasi transfer file support PC seperti ini. Apalagi yang simpel semacam Mi Drop, lebih jarang lagi.

Penutup

Nah, demikian tentang sedikit informasi cara memakai Mi Drop untuk kirim file di Android. Tutor ini saya buat menggunakan 3 perangkat langsung (PC, HP Lenovo, dan HP Xiaomi), dan 100 persen work tanpa kendala.

Untuk Anda yang mengalami kendala, masalah, atau sekedar bingung dengan salah satu langkahnya, maka Anda bisa menanyakannya lewat kotak komentar di bawah ini. Nanti akan saya bantu.

Semoga bermanfaat.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like