Cara Mengetahui Ukuran Layar HP Android

Cara Mengecek Ukuran Layar HP Android

Mengetahui ukuran layar HP, buat apa sih? Sekilas memang terdengar nggak begitu penting. Tapi menurut saya, pasti ada saja orang yang membutuhkannya untuk tujuan tertentu.

Misalnya apa? Macam-macam. Bisa jadi HP-nya untuk dijual lagi, atau mungkin untuk mengecek seberapa besar ukuran layar dalam satuan CM maupun inci.

Tapi saat ini, sayangnya nggak sedikit juga yang belum mengetahui bagaimana metode untuk pengecekannya.

Nah, untuk itulah saya ingin membahasnya di sini. Buat Anda yang membutuhkannya, silakan simak artikel ini baik-baik, ya.

Cara Mengetahui Ukuran Layar HP Android

Oke. Untuk metode mengeceknya, ada dua yang biasa saya lakukan, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Ukuran layar yang akan saya bahas ini sudah termasuk resolusi, satuan inci, dan ukuran dalam satuan milimeter.

Silakan terapkan cara yang Anda butuhkan.

Baca juga: Ukuran Layar HP dan Jenisnya (Lengkap)

1. Cek Pada Kardus HP

Kardus HP Cek Layar

Sewaktu dulu Anda membeli HP tersebut, pastinya Anda mendapatkan kardusnya juga kan? Nah, kardus HP ini jangan sampai dibuang, ya. Ini penting sekali.

Alasannya, karena selain bisa mempertahankan harga HP sewaktu dijual kembali, kita juga bisa melihat beberapa spesifikasi singkat di sana.

Termasuk informasi soal ukuran dan resolusi layar. Biasanya sih sudah tercatat pada kardus tersebut. Namun dengan catatan, untuk ukuran layar terhitung dalam satuan inci.

2. Memakai Aplikasi Pengecek Ukuran Layar

Ini adalah aplikasi yang memang didesain khusus untuk menampilkan informasi ukuran layar secara akurat, ya.

Di Google Playstore, saat ini sudah ada cukup banyak aplikasi semacam ini. Anda bisa mencoba aplikasi yang mana saja, sesuai dengan keinginan Anda.

Contohnya, seperti aplikasi Screen Size yang ada pada gambar di atas. Di sana Anda akan mendapati cukup banyak informasi-informasi seputar layar Android Anda.

3. Dengan Memakai CPU-Z

Kalau di aplikasi CPU-Z ini, selain bisa dipakai untuk mengetahui dimensi layar, juga biasa saya gunakan untuk mengecek spek keseluruhan HP + DPI pada layar.

Memang dari dulu aplikasi ini sudah sangat terkenal. Informasi yang diberikan juga bisa dibilang hampir 100% akurat dan lengkap. Jadi, saya sangat menyarankan agar Anda mencobanya.

Di mana bisa mendapatkan aplikasi ini? Tentu saja di Google Playstore juga dong. Sedangkan langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan install terlebih dahulu aplikasi CPU-Z dari Google Playstore.
  2. Jika sudah terinstal, silakan Anda buka aplikasinya.
  3. Maka, nanti Anda bisa melihat informasi seputar layarnya pada menu Hardware.

Silakan dicoba!

4. Browsing di Internet

Tips ini sangat saya rekomendasikan, khususnya jika Anda ingin mengetahui ukuran resolusi atau layar dari sebuah HP, tapi belum memiliki HP-nya. Seperti waktu baru mau beli misalnya.

Caranya gimana? Gampang sekali kok. Cukup Anda cari di Google dengan kata kunci “ukuran layar HP …”. Isi titik-titik dengan tipe HP yang ingin Anda cek. Maka nanti akan muncul informasinya. Ccek gambar di atas sebagai contohnya.

Kalau nggak ada, coba cari lagi di situs-situs lainnya sampai ketemu. Dengan catatan, HP yang Anda cari memang sudah dirilis, ya.

By the way, contoh gambar di atas saya pakai bahasa Inggris, ya. Tapi nggak beda jauh dengan bahasa Indonesia kok. Itu hanya soal kenyamanan Anda saja.

5. Kunjungi Langsung Situs GSMArena

Sebenarnya, cara selanjutnya di poin ini masih sehubungan dengan poin sebelumnya (cek spek lewat internet). Akan tetapi, ini sengaja saya pisahkan supaya lebih mudah dimengerti.

Jadi, apa itu GSMArena?

Singkatnya, GSMArena ini adalah sebuah situs informasi tentang spesifikasi HP. Situs ini sangat lengkap, menyediakan informasi HP dari keluaran lama, sampai yang terbaru.

Bahkan, terkadang HP-HP yang belum launching pun biasanya sudah ada informasi spesifikasinya di sini.

Lebih dari itu, situs ini juga menyajikan informasi spesifikasi HP yang sangat akurat. Jadi, nggak heran kalau banyak situs-situs berita yang juga menjadikan situs ini sebagai sumber referensinya.

Nah, terus bagaimana caranya?

Sama saja sih seperti sebelumnya. Coba cari kata kunci “tipe HP GSMArena” (misalnya Xiaomi Redmi Note 5 GSMArena). Lalu kunjungi halaman hasilnya.

Baca juga: Cara Mengubah Resolusi Layar HP Android

Manakah yang Datanya Paling Akurat?

Kalau yang ini, rasanya Anda nggak perlu khawatir. Semua cara yang saya bagikan di atas, seharusnya sama-sama akurat. Jadi, mau pakai cara yang mana saja sih oke-oke saja buat saya. Silakan sesuaikan saja dengan keinginan Anda.

Bahkan saya pribadi pun nggak terpaku pada satu cara saja. Semua cara tersebut pernah saya coba, sesuai dengan kebutuhan.

Contoh:

  • Ketika ingin cek spesifikasi HP yang belum dirilis, maka saya akan langsung mengunjungi situs GSMArena.
  • Kalau sedang cari-cari berita HP, kadang menggunakan cara nomor 4, yakni lewat browsing di Google.
  • Atau kalau mau sekalian lihat spesifikasi yang saya gunakan, maka saya akan gunakan CPU-Z.

Akhir Kata

Demikian, sedikit informasi tentang cara mengetahui ukuran resolusi layar HP Android.

Di sini saya tulis yang kira-kira paling akurat saja. Jadi, sebagaimana apa yang saya katakan sebelumnya, Anda nggak perlu khawatir.

Kalau ada informasi lain yang ingin Anda tanyakan seputar spesifikasi Android, silakan tanyakan menggunakan kolom komentar yang telah disediakan di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like