Cara Memperbesar Suara Video Yang Kecil Dengan VideoPad (Mudah)

Cara Memperbesar Suara Video Yang Kecil – Banyak sekali masalah yang didapat, ketika menggunakan gadget seadanya untuk merekam video.

Utamanya, kualitas gambar yang buruk, pecah-pecah, kualitas suara yang buruk sampai suara video kecil.

Bicara soal masalah suara video yang kecil, ini kebanyakan disebabkan buruknya kualitas mic, yang digunakan saat rekaman. Bukan masalah suara kecil saja, bahkan mungkin juga akan terdengar teredam, sampai terdengar banyak bunyi noise.

Tentu tidak enak, menonton video dengan suara yang low. Masa speaker harus dalam volume maksimal? Atau nonton di HP sambil ditempelin di telinga?

Cara mudah perbesar kualitas suara

Cerita sedikit, kebetulan, saya terkadang suka mengupload video rekaman permainan piano saya di media sosial. Proses rekamannya memakai HP Android saya, yang kualitas kameranya kurang bagus.

Hampir selalu ketika mengecek video hasil rekam, saya mendapati suara video yang kecil sekali. Bahkan terkadang nyaris tidak terdengar. Ditambah noise yang mengganggu dari suara video, sehingga suara piano di video saya jadi tersamarkan.

Nah, lalu setelah cari-cari solusinya, banyak sekali metode-metode yang bisa digunakan untuk memperbesar kualitas suara dalam video.  

Sayangnya rata-rata agak rumit, dari langkah-langkahnya, sampai software editingnya yang ukurannya terlalu besar.

Tapi belakangan ini, saya menemukan satu software yang mudah digunakan, untuk memperbesar suara video yang kecil, yaitu dengan menggunakan software VideoPad.

Sekilas Tentang Video Pad

Untuk sebagian orang, mungkin Video Pad Masih agak asing ya? Untuk itu, lebih baik saya kenalin sedikit dulu..

VideoPad, adalah software editing video dengan ukuran kecil namun memiliki fitur-fitur yang powerfull. Terutama untuk editing-editing video pribadi
atau harian.

Karena selain penggunaannya yang mudah, VideoPad ini juga
cocok digunakan di Komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah.

Untuk pembahasan kali ini kita akan menggunakan fitur Audio, dimana kita bisa menambahkan efek suara tertentu ke dalam video.

Nah, langsung saja, berikut pembahasannya :

Cara Memperbesar Suara Video Yang Kecil Dengan VideoPad

Pertama, tentu saja Anda harus mempunyai software VideoPad ini. Aplikasi ini ukurannya hanya sekitar 6MB dan proses installnya pun mudah dan cepat.
Kalau sudah punya, ini caranya :

1. Siapkan video yang ingin diperbesar suaranya, kemudian buka aplikasi VideoPad -> Lalu masukkan video tersebut.

2. Ketika sudah terload, drag lagi video yang tadi dimasukkan, ke timeline video yang ada dibawah.

tinggikan suara video

3. Ketika video sudah di drag, maka akan muncul 2 timeline, yaitu video dan audio. Untuk video ada di bagian atas, sedangkan audio ada dibagian bawah.  
Klik kanan pada bagian timeline audio, lalu klik effect, akan terbuka jendela baru. Lalu klik tanda + untuk menambah effect pada audio.

naikkan volume video

4. Pada menu untuk memilih efek audio, pilih amplify.

5. Kemudian akan muncul jendela baru. Nah, jendela tersebut berisi slider yang berfungsi untuk memperbesar atau mengecilkan suara di dalam video.
Angka defaultnya adalah 100, yang menunjukkan volume dari video Anda.

6. Untuk memperbesar suara pada video, Anda cukup menggeserkan slider tadi ke kanan sesuai kebutuhan. Semakin tinggi, semakin besar pula suaranya.
Perlu diketahui, bahwa semakin tinggi akan semakin terdengar pula noise yang dihasilkan.

suara video
Geser slider sesuai kebutuhan

7. Selesai, sekarang video Anda suaranya sudah diperbesar. Terakhir, tinggal simpan video tadi dengan cara ekspor video. (Klik tombol CTRL + B)

Note : Jika dirasa suaranya kurang halus atau terlalu tinggi, Anda juga bisa mengecilkan suara pada video dengan menggesernya kebagian kiri.

Penutup…

Nah, demikian Cara Memperbesar Suara Video Yang Kecil Dengan VideoPad, mudah bukan? Anda sekiranya hanya butuh waktu 10 menit untuk memperbesar atau memperkecil suara video yang Anda rekam dengan VideoPad ini.

Mungkin masih banyak cara memperbesar suara video dengan software seperti audacity, dan aplikasi-aplikasi editing video lain. Sayangnya, ukuran aplikasi tersebut relatif besar. Bisa ratusan MB sampai Bergiga-giga.

Belum lagi penggunaannya yang rumit. Jadi disini, saya hanya membuat tutorial yang ditujukan kepada pemula atau orang yang tidak punya basic editing sekalipun.

Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Shares:
5 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like