Cara Mengembalikan Reels Instagram yang Terhapus ke Profil

Cara Kembalikan Reels IG Terhapus

Untuk Anda yang sering menggunakan Reels Instagram, mungkin Anda pernah mengalami postingan terhapus secara tidak sengaja. Sehingga postingan Reels Instagram Anda menjadi hilang.

Kalau Anda sedang mengalami masalah ini, sebaiknya Anda jangan panik dulu. Karena Instagram memiliki fitur untuk mengembalikan postingan, baik itu foto, video atau Reels yang sudah terhapus.

Buat yang belum tahu, berikut di sini saya akan jelaskan cara untuk mengembalikan postingan Reels Instagram yang terhapus.

Cara Mengembalikan Reels Instagram Terhapus

Fitur yang akan kita pakai untuk mengembalikan Reels Instagram adalah Recently Deleted (Baru Ini Dihapus).

Melalui fitur ini, Anda tidak hanya bisa mengembalikan postingan berupa Reel saja. Melainkan juga bisa mengembalikan jenis postingan lainnya, seperti foto dan video di Instagram.

Berikut cara untuk memakai fitur Recently Deleted di Instagram:

1. Buka Menu Aktivitas Anda

Buka Menu Aktivitas Anda di IG

Langkah pertama, silakan buka Instagram terlebih dulu di HP Anda. Setelah itu, Anda bisa mengetuk tab Profil dan ketuk icon More Setting yang ada di bagian atas.

Kalau sudah, Anda bisa membuka menu Aktivitas Anda supaya bisa lanjut ke proses berikutnya.

Catatan: Disarankan untuk memakai Instagram versi paling baru. Karena kalau Anda pakai versi lama, nantinya akan ada perbedaan dari tata letak fitur yang akan kita pakai.

2. Pilih Fitur Recently Deleted

Menu Recently Deleted

Selanjutnya, akan muncul beberapa menu dari halaman Aktivitas Anda. Di sini, Anda bisa memilih fitur Baru-baru Ini Dilihat atau Recently Deleted.

Recently deleted sendiri merupakan sebuah fitur yang memungkinkan Anda bisa mengelola postingan Instagram yang terhapus. Entah itu untuk menghapus secara permanen langsung atau merestorenya lagi.

Baca Juga: Cara Mudah Melihat Draft Postingan Instagram

3. Pilih Reels Terhapus

Pilih Reels yang Terhapus

Nantinya, di sini semua postingan baik itu foto, video dan Reels yang terhapus kurang dari 30 hari akan muncul. Anda bisa buka salah satu postingan, misalnya saya pilih Reels yang ingin dikembalikan.

4. Restore Reels Instagram

Lakukan Restore Reels Instagram

Kalau sudah, Anda bisa langsung mengetuk icon titik tiga yang ada di bagian bawah. Lalu pilih opsi Pulihkan untuk bisa mengembalikan postingan Reels yang terhapus.

Kalau muncul kotak dialog, Anda bisa ketuk lagi opsi Pulihkan untuk mengkonfirmasi permintaan pengembalian Reels terhapus tersebut.

5. Cek Reels Kembali

Contoh Reels IG Berhasil DIkembalikan

Terakhir, Anda bisa coba buka halaman Profilekembali. Pastikan postingan Reels yang sebelumnya sudah dipulihkan telah muncul lagi di halaman ProfileAnda.

Oh iya, kalau ada beberapa Reels terhapus yang ingin Anda pulihkan, silakan ulangi cara ini saja. Sampai semua Reels Anda berhasil kembali lagi ke akun Instagram yang dimiliki.

Alasan Reels Tidak Bisa Dikembalikan

Ketentuan Restore Reels di IG

Saat ingin mengembalikan Reels, terkadang ada beberapa pengguna yang tidak dapat merestorenya. Biasanya hal ini terjadi karena postingan Reels yang terhapus sudah lebih dari 30 hari.

Sehingga secara otomatis sistem di Instagram menghapus Reels tersebut secara permanen. Karena itu, Anda disarankan untuk mengecek postingan terhapus secara berkala lewat fitur Deleted ini.

Supaya kalau ada Reels atau postingan yang terhapus secara tidak sengaja lagi, Anda bisa langsung mengembalikannya kembali lewat cara di atas.

Akhir Kata

Itulah cara untuk mengembalikan Reels Instagram terhapus. Kesimpulannya, Reels yang bisa dikembalikan hanya Reels yang belum terhapus selama 30 hari.

Sedangkan kalau lebih dari 30 hari, umumnya Reels ataupun jenis postingan lainnya sudah tidak bisa Anda restore lagi.

Kalau masih ada pertanyaan, Anda bisa tinggalkan saja lewat kolom komentar yang tersedia di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like