Mengenal Fitur Twitter Circle dan Cara Menggunakannya

Cara Buat Twitter Circle

Di Indonesia, Twitter bisa dibilang adalah salah satu sosial media yang paling banyak dipakai, selain Facebook, Instagram, TikTok, dan lain-lain sejenisnya.

Di Twitter kita bisa menemukan berbagai macam informasi menarik serta berbagai macam fitur baru. Salah satunya adalah Twitter Circle.

Twitter Circle ini merupakan salah satu fitur menarik yang wajib dicoba para pengguna Twitter. Nah, untuk yang belum tahu fitur ini, di sini saya akan menjelaskannya.

Berikut pembahasan mengenai fitur Twitter Circle dan cara menggunakannya.

Apa Itu Fitur Twitter Circle?

Seperti yang kita tahu, umumnya saat membuat tweet dan membagikannya, tweet tersebut bisa dilihat orang lain. Entah umum atau orang-orang yang mem-follow kita.

Nah, Twitter Circle ini merupakan fitur yang memungkinkan kita bisa membagikan tweet hanya ke orang-orang tertentu saja yang kita mau.

Misalnya Anda memiliki teman atau komunitas tertentu. Anda membuat tweet kemudian Anda mengaturnya agar hanya bisa dilihat oleh teman atau komunitas tersebut. Kurang lebih seperti itu.

Nanti berlaku juga interaksi tweet. Orang-orang yang bisa berinteraksi dengan tweet tersebut nantinya hanyalah yang diatur saja.

Cara Menggunakan Fitur Twitter Circle

Twitter Circle ini bisa Anda temukan ketika ingin memposting sebuat tweet seperti biasa. Di sana Anda hanya perlu menambahkan saja orang-orang yang diinginkan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Fitur Tweet

Ketuk Icon Tweet di Twitter

Pertama silakan buka aplikasi Twitter seperti biasa, kemudian masuk ke akun Twitter Anda. Kalau sudah, silakan cek bagian bawah, ketuk icon Tweet.

2. Ganti Opsi ke Twitter Circle

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Tweet di Twiter. Di sini, Anda bisa ketik dulu apa yang mau Anda tweet ke Twitter Circle.

Setelah itu, Anda bisa mengubah opsinya ke Twitter Circle. Caranya seperti berikut:

1. Tekan tombol Semua Pengikut di kolom Tweet.

Ketuk Tombol Menu Semua Pengikut

2. Berikutnya akan muncul kotak dialog Pilih Audiens.

3. Tekan opsi Twitter Circle di bagian bawah.

Ganti ke Menu Twitter Circle

3. Pilih Beberapa Orang untuk Jadi Circle

Di langkah ini akan muncul halaman edit Twitter Circle. Pada halaman Twitter Circle, Anda bisa menambahkan orang-orang yang diinginkan untuk menjadi circle baru atau menghapusnya.

Orang-orang yang Anda tambah ini, nantinya yang hanya akan melihat semua tweet yang Anda buat. Cara mengaturnya seperti berikut ini:

1. Pertama kalau ingin menambah circle, silakan ketuk tab Disarankan.

Ketuk Tab Disarankan di Twitter

2. Ketik nama akun teman Anda di kolom Pencarian.

3. Terakhir ketuk tombol Tambah untuk menambah teman ke dalam Circle Twitter.

Tambahkan Circle di Twitter

Sedangkan kalau ingin menghapus teman dari circle, Anda bisa tekan tombol Hapus dari tab Twitter Circle.

Kalau sudah, silakan tekan tombol back untuk kembali ke halaman tweet.

Baca Juga: Cara Menghapus History Twitter (Pencarian dan Tweet)

4. Posting Tweet Di Twitter Circle

Upload Tweet di Twitter Circle

Terakhir, Anda tinggal posting saja tweet tersebut ke Twitter Circle. Umumnya nanti akan muncul notifikasi seperti gambar di atas (kalau tidak ada, Anda bisa ulangi langkah-langkah sebelumnya).

Dan kalau sudah yakin ingin memposting ke orang-orang tertentu tersebut, Anda bisa langsung tekan tombol Tweet untuk mulai membagikan tweet-nya.

Cara Mengatasi Twitter Circle Tidak Muncul

Twitter Circle ini merupakan fitur bawaan yang pasti ada di semua akun pengguna Twitter.

Nah, untuk pengguna atau mungkin Anda sendiri yang mungkin mengalami masalah fitur Twitter Circle tidak muncul, Anda bisa coba update aplikasi Twitternya.

Dengan update ini biasanya Twitter Circle tersebut bisa muncul normal lagi. Atau mungkin Anda bisa coba juga hapus cache, atau tes dengan akun Twitter lain.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen

Akhir Kata

Twitter Circle merupakan fitur Twitter yang sangat disarankan untuk Anda yang ingin membagikan suatu tweet ke orang-orang tertentu saja. Misalnya supaya privasi tweet lebih terjaga.

Dengan Twitter Circle, nantinya Anda akan bisa memposting tweet tersebut ke orang-orang yang menurut Anda masih satu frekuensi. Seperti nama fiturnya, yaitu untuk dibagikan ke orang-orang yang masih satu “circle.”

Apabila ada masalah atau masih bingung saat memakai Twitter Circle, jangan sungkan untuk bertanya ke saya melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Penjelasan Tentang Pinterest
Baca Yuk!

Mengenal Pinterest

Banyak sosial media yang terus berkembang di Indonesia, salah satunya adalah Pinterest. Pinterest ini cukup diminati berbagai kalangan.…