Cara Reset Password Discord yang Lupa Dengan Mudah

Cara Mereset Password Discord

Discord memiliki beberapa cara login yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari verifikasi lewat nomor HP, melakukan scanning kode QR serta login seperti biasa melalui email dan password.

Sama seperti platform lain, masalah lupa password adalah hal yang cukup sering terjadi bagi sebagian orang. Hal ini juga tentu akan membuat kita kesulitan saat ingin login ke akun Discord yang dimiliki.

Jika Anda juga demikian, lupa dengan password akun Discord Anda, Anda bisa melakukan reset password untuk mengembalikan akunnya tersebut.

Nah, di sini akan saya jelaskan langkah-langkah resetnya. Berikut penjelasannya.

Cara Mengembalikan Akun Discord Lupa Password

Sedikit catatan sebelumnya, mengembalikan akun Discord yang lupa password bukanlah hal yang sulit. Asalkan Anda masih mengingat email atau nomor HP yang didaftarkan saat akun tersebut dibuat.

Email atau nomor HP tersebut nantinya akan digunakan untuk verifikasi permintaan reset password supaya akunnya bisa kembali.

Kemudian untuk proses reset ini sebenarnya lebih disarankan dilakukan melalui PC atau laptop. Supaya lebih mudah nantinya. Tapi kalau ingin lewat HP juga bisa (panduan di sini saya memakai HP).

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih Forgot Password

Pilih Forgot Password di Discord

Pertama silakan Anda buka aplikasi Discord seperti biasa di HP. Kalau di PC, Anda bisa membuka aplikasi Discord langsung maupun Discord versi browser sesuai keinginan.

Setelah itu, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman login awal. Di sini masukkan email maupun nomor HP yang sebelumnya Anda pakai untuk didaftarkan ke Discord.

Dan karena Anda lupa password, Anda bisa klik opsi Forgot your password yang ada tepat di kolom bagian bawah login, untuk meminta fitur reset password.

Silakan tunggu beberapa saat. Kalau sudah, nanti akan muncul kotak dialog Instructions Sent yang menandakan fitur reset password sudah dikirim pihak Discord ke email atau nomor HP Anda.

2. Buka Email Dari Discord

Memilih Menu Reset Password

Karena di sini saya memakai Gmail, maka saya membuka email yang sebelumnya saya pakai untuk Discord tersebut.

Setelah pesan Instruction Sent sudah muncul, Anda bisa mencari dan membuka pesan yang dikirim Discord tersebut.

Pada pesannya, nanti akan terdapat tombol Reset Password yang bisa Anda tekan.

Catatan:

  • Kalau emailnya tidak ada, Anda bisa ulangi langkah pertama sebelumnya. Lakukan forgot password dan pastikan pesan Instruction Sent muncul lagi
  • Kalau Anda memakai nomor HP, nanti akan SMS yang berisikan link untuk mereset password

Baca Juga: Cara Melihat ID Akun Discord

3. Ganti Password Discord Dengan yang Baru

Pilih Change Password di Discord

Di sini Anda akan diarahkan ke halaman ganti password Discord. Anda bisa langsung mengetikkan password baru di kolom New Password sesuai keinginan.

Disarankan gunakan password yang lebih sulit dari sebelumnya. Password ini harus berisi kombinasi antara huruf, simbol dan angka. Jangan lupa catat juga password tersebut agar tidak lupa.

Kalau sudah, Anda bisa menekan tombol Change Password. Kalau tidak ada masalah, akan muncul notifikasi Password Changed yang menandakan password Anda berhasil diubah.

Selanjutnya Anda bisa menekan tombol Continue to Discord untuk kembali membuka aplikasinya.

4. Login Dengan Password Baru

Masuk ke Akun Discord

Setelah aplikasi Discord terbuka lagi, Anda bisa masukkan kembali email atau nomor HP danpassword baru yang tadi diganti.

Lalu tekan tombol Log In untuk masuk ke akun Discord Anda. Tunggu beberapa saat, maka Anda akan masuk ke dashboard Discord seperti biasa.

Seperti yang disebut sebelumnya, panduan ini saya buat dengan memakai aplikasi Discord versi HP. Kalau Anda ingin reset password di Discord PC, caranya kurang lebih sama.

Baca Juga: Cara Share Screen di Discord

Akhir Kata

Bagi sebagian orang, Discord merupakan aplikasi chatting yang banyak digunakan.

Terutama untuk gamer, mengingat banyak sekali game-game saat ini yang menggunakan Discord sebagai forum komunitas maupun untuk memberikan informasi-informasi terkait dengan gamenya.

Karena itu, tentunya akan repot kalau akun Discord yang biasa kita pakai, tiba-tiba tidak bisa login dikarenakan kita lupa dengan password akunnya.

Kalau Anda punya pertanyaan terkait akun Discord yang bermasalah, atau hal-hal lain terkait dengan Discord, Anda bisa langsung tanyakan melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Daftar Channel Aplikasi Telegram
Baca Yuk!

Daftar Channel Telegram

Selain berfungsi sebagai aplikasi chatting, Telegram juga bisa Anda pakai untuk mencari wawasan baru dengan mengikuti channel tertentu.…