Cara Reset Speaker Bluetooth ke Pabrik

Langkah Cara Reset Speaker Bluetooth Ke Pabrik

Siapa sih yang nggak suka pakai speaker Bluetooth?

Saat ini, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan speaker Bluetooth, ketimbang versi kabel. Bahkan, produk-produknya pun sudah bisa dengan mudah ditemukan di marketplace secara online.

Umumnya, speaker Bluetooth dipakai untuk mendengarkan musik. Dengan kualitas suara yang terbilang bagus, serta mudah dibawa kemana-mana, menjadi alasan kenapa perangkat ini kian digemari.

Cara Menggunakan Speaker Bluetooth

Untuk cara memakai speaker ini sebenarnya mudah. Kita hanya perlu menyalakannya, kemudian menyambungkannya ke perangkat yang diinginkan.

Syaratnya, perangkat tersebut sudah mendukung fitur Bluetooth. Misal seperti HP, laptop atau komputer, bahkan smartwatch.

Setelah tersambung, maka kita hanya perlu mengetesnya. Normalnya sih suara akan langsung keluar. Ingat, itu normalnya, ya.

Salah Satu Masalah yang Bisa Saja Terjadi

Masalahnya, bagaimana kalau setelah mengaktifkan speaker Bluetooth, namun suara masih tidak keluar?

Nah, jika Anda mendapati kondisi seperti ini, maka ini menandakan adanya suatu masalah, entah itu pada speaker, HP, atau penyambung kedua perangkat tersebut.

Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi. Apalagi kalau yang dibeli adalah speaker mahal. Wah, sayang banget pasti.

Untuk itu, Anda bisa coba melakukan reset speaker Bluetooth tersebut, agar perangkat tersebut bisa jadi normal lagi.

Alasan Kenapa Anda Harus Mereset Speaker

Alasan Mengapa Harus Reset Speaker

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus mereset speaker. Salah satu di antaranya, ialah jika Anda menemui masalah speaker Bluetooth tidak keluar suara.

Alasan lainnya:

Speaker Hang: Anda mengaktifkan speaker, namun speaker tidak merespon sama sekali. Contohnya, lampu LED yang biasanya kedip-kedip menjadi tidak lagi. Atau mungkin bisa juga dicirikan oleh gejala lainnya.

Speaker Tidak Terdeteksi: Setelah kita mengaktifkan + menyalakan fungsi Bluetooth pada speaker, kita hanya perlu menyambungkannya. Biasanya di HP sudah terdeteksi. Namun jika tidak, Anda bisa coba melakukan reset untuk mengatasinya.

Speaker Bluetooth Tidak Konek: Speaker terdeteksi di HP. Namun pada saat kita coba sambungkan, ternyata nggak bisa konek. Entah itu karena ada eror atau karena ada pesan gagal.

Speaker Bluetooth Tidak Bisa Cas: Seperti yang diketahui, speaker Bluetooth memiliki baterai di dalamnya. Metode reset bisa membantu untuk mengatasi speaker yang tidak bisa dicas.

Baterai Speaker Cepas Habis: Baterai pada speaker umumnya bisa bertahan sekitar 1 sampai 2 jam. Tapi kalau dalam waktu sebentar baterai sudah habis, ini berarti ada masalah.

Dan masih banyak lagi. Intinya, semua masalah yang berhubungan dengan speaker ini bisa kita coba atasi dulu dengan cara reset.

Jangan Lupa Baca Panduan Cara Menggunakan Speaker Bluetooth.

Penyebab Eror Pada Speaker Bluetooth

Penyebab Dan Solusi Speaker Bluetooth Error

Sebelum lanjut ke langkah-langkah reset, yuk ketahui dulu apa saja penyebab eror pada speaker Bluetooth. Di antaranya sebagai berikut:

Lama Pemakaian: Wajar kalau barang elektronik rusak setelah dipakai dalam waktu yang lama. Apalagi jika sudah bertahun-tahun.

Salah Pengaturan: Ini dari perangkat yang ingin disambung. Pengaturannya salah dan salah satu efeknya bisa membuat speaker jadi tidak bisa konek.

Rusak Komponen: Maksud saya di sini karena fisik. Terkena air misalnya (PS: Kondisi ini nggak bisa diatasi dengan cara reset).

Defect: Defect maksudnya adalah produk yang terdapat kerusakan dari pabrik. Kadang bisa diatasi dengan cara reset, namun kadang juga tidak.

Cara Reset Speaker Bluetooth

Tutorial Mereset Ulang Speaker Bluetooth

Untuk cara mereset speaker Bluetooth itu gampang-gampang susah. Kenapa? Karena setiap speaker, terkadang punya cara yang berbeda-beda. Namun secara garis besar sih ada dua langkah yang bisa Anda coba:

Cara Reset Speaker Bluetooth Pertama:

  • Matikan terlebih dahulu speaker-nya.
  • Kemudian tekan tombol power selama 3-6 detik.
  • Lepas tombol, lalu tunggu beberapa saat.
  • Kemudian coba aktifkan kembali speaker-nya.

Kalau tidak berpengaruh dan tidak ada tanda-tanda speaker sudah berhasil direset, bisa juga coba gunakan cara yang kedua.

Cara Reset Speaker Bluetooth Kedua:

  • Matikan terlebih dahulu speaker.
  • Kemudian cari lubang (port) yang di dalamnya terdapat semacam tombol.
  • Masukkan jarum ke lubang tersebut untuk menekan tombolnya.
  • Maka speaker sudah berhasil direset.

Tombol tersebut berfungsi untuk mengembalikan speaker ke pengaturan pabrik. Biasanya, setelah ditekan, speaker akan menyala sendiri.

PS: Di luar dua cara reset tersebut, Anda bisa coba cek buku panduan speaker yang didapat dari pembelian.

Solusi Kalau Speaker Masih Eror Setelah Direset

Solusi Speaker Bluetooth Error

Walau reset bisa membantu untuk mengatasi berbagai eror pada speaker Bluetooth, tapi tidak serta merta bisa menjamin keberhasilan 100%.

Maksudnya, reset terkadang tidak bisa membantu untuk mengatasi masalah-masalah tertentu. Sebab, hal ini tergantung dari kerusakannya juga. Contohnya, seperti pada masalah komponen dan defect.

Maka dari itu, solusi lainnya yang bisa Anda coba:

Tukar Speaker: Kalau Anda baru beli speaker Bluetooth, entah itu di toko online maupun offline, lebih baik komplain untu menukarnya saja. Bisa jadi speaker-nya defect.

Gunakan Garansi: Kalau Anda membeli speaker mahal, biasanya ada garansi di atas 1 tahun. Coba gunakan garansinya agar speaker bisa diperbaiki.

Baru Beli Headset Bluetooth? Ini Dia Cara Menggunakan Headset Bluetooth yang Benar.

Akhir Kata

Begitulah tutorial cara reset speaker Bluetooth. Semoga masalah yang sedang Anda alami bisa teratasi dengan segera.

Demikian ulasannya. Jika ada sesuatu yang ingin ditambahkan atau ingin ditanyakan, silakan kirim melalui komentar di bawah.

Semoga membantu.

Sudah Tahu Cara Ngecas Headset Bluetooth?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like