Ciri Ciri Kartu Operator Hangus

Apa Saja Ciri Kartu SIM Hangus

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia ini, sebagian besar masyarakatnya merupakan pengguna kartu prabayar.

Nah, setiap kartu prabayar tersebut, memiliki durasi masa aktifnya tersendiri. Sebagai contoh:

  • 1 minggu
  • 2 minggu
  • 1 bulan
  • 1 tahun

Begitu pun seterusnya.

Kartu tersebut akan aktif mengikuti nominal pulsa yang dibeli. Semakin besar pulsa, maka semakin panjang pula masa aktifnya.

Lantas apa jadinya jika kartu tersebut tidak pernah kita isi pulsa?

Jika sebuah kartu tidak pernah diisi pulsa, maka kartu tersebut akan memasuki masa tenggang, sebelum akhirnya benar-benar hangus dan tidak bisa dipakai lagi.

Apa Ciri Kartu Operator Hangus?

Saat kartu memasuki masa tenggang, kita mungkin bisa langsung menyadarinya, karena pihak operator sendiri memang selalu mengirimkan sebuah notifikasi lewat pesan singkat (SMS) untuk mengingatkan pengguna.

Namun bagaimana dengan nomor yang hangus dan tidak aktif lagi? Apakah sama-sama mendapat notifikasi, atau lain lagi cirinya?

Nah, buat yang ingin tahu, berikut ini akan saya ulas beberapa ciri kartu hangus di semua operator seluler Indonesia, baik itu Telkomsel, XL, Axis, 3 (Tri), Indosat, Smartfren, dan lain-lain.

Yuk, simak sama-sama.

1. Tidak Bisa Menelepon

HP Tidak Bisa Telepon Karena SIM Tidak Aktif

Ciri pertama yang mengindikasikan bahwa SIM card kita telah hangus adalah tidak bisa lagi dipakai untuk menelepon nomor lain.

Saat kartu tersebut ingin kita pakai untuk melakukan panggilan, maka yang akan terjadi, mungkin malah terputus sendiri atau muncul pesan tertentu.

Hal ini tidak seperti ketika kartu masih aktif yang mana akan otomatis terhubung. Semisal tidak ada pulsa sekalipun, operator pasti akan memberi notifikasi bahwa pulsa Anda tidak mencukupi.

Baca Juga: Ketahui Penjelasan Paket Internet Unlimited.

2. Tidak Bisa Mengirim Pesan SMS

SIM Mati SMS Error

Ciri selanjutnya, Anda tidak bisa mengirim SMS dengan nomor hangus.

Jika Anda mengirim pesan singkat (SMS) dengan nomor yang hangus, maka setelah tombol kirim ditekan, proses loading akan berlangsung cukup lama, hingga akhirnya muncul notifikasi bahwa SMS tersebut gagal dikirim.

3. Tidak Bisa Menerima SMS

Kartu SIM Sudah Tidak Aktif HP Tidak Bisa Terima SMS

Selain tidak bisa mengirim, nomor yang sudah hangus juga tidak bisa lagi menerima pesan SMS masuk. Oleh karena itu, semua SMS yang dikirim ke nomor hangus tidak akan pernah sampai.

Ada dua kemungkinan yang bisa dialami oleh pihak pengirim SMS, jika nomor Anda telah hangus, yaitu:

  • Pesan tersebut terlihat seolah sudah terkirim, padahal nomor Anda tidak menerima pesan tersebut.
  • Atau bisa juga terdapat notifikasi dengan jelas di pihak pengirim pesan, bahwa SMS tersebut gagal dikirim.

Jadi, jangan heran kalau tidak ada pesan masuk sama sekali ketika nomor kita telah hangus.

Baca Juga: Cek Cara Mengetahui Kartu Sudah 4G atau Belum.

4. Sinyal Hilang

Sinyal Hilang Efek Kartu SIM

Sekilas nampak seperti masalah pada HP, namun nyatanya tidak.

Sinyal hilang juga bisa saja diakibatkan karena kartu SIM yang digunakan sudah hangus, dan sudah tidak aktif dalam waktu lama.

Sinyal hilang semacam ini, bisa dilihat dari adanya tanda silang pada icon sinyal, atau notifikasi langsung menunjukkan “no signal“.

Memang agak sulit untuk membedakan mana kerusakan HP dan mana kartu yang sudah hangus.

Namun supaya mudah, Anda bisa mencoba cara sederhana untuk mengetahuinya, seperti dengan mencoba ganti kartu SIM di HP Anda.

5. Kartu SIM Tidak Terbaca

Masalah Kartu SIM Hangus Di HP Cirinya

Saat memasuki masa tenggang, kartu memang masih terlihat seperti biasa. Namun setelah sudah hangus dan tidak aktif, maka kartu SIM bisa juga menjadi tidak terbaca sama sekali.

Kondisi ini berbeda dengan sinyal hilang, di mana HP bisa mendeteksi operator. Jika kartu tersebut sudah tidak terbaca, maka deteksi kartu benar-benar hilang layaknya Anda tidak memasukkan kartu SIM di HP.

Ini bisa dibilang merupakan ciri kartu hangus yang paling lanjut.

Apakah Kartu yang Hangus Bisa Kembali?

Tiap kartu yang hangus, mungkin terjadi pada kondisi yang berbeda.

Kasus yang paling sering terjadi, kebanyakan diakibatkan karena pengguna lupa mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktifnya, hingga melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Namun tidak perlu khawatir, sebenarnya kartu yang tidak aktif ini bisa saja dikembalikan, asalkan tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Maksudnya gimana?

Jadi, Anda harus mengaktifkan kembali kartu maksimal sekian hari setelah kartu tersebut hangus. Misalnya 15 hari. Jika lewat dari itu, maka kartu kita tidak bisa dikembalikan lagi.

Bagaimana Cara Mengaktifkannya Kembali?

Mudah, kok. Cukup datang saja ke kantor operator terdekat. Misalnya:

OperatorNama Kantor
TelkomselGraPARI
XLXL Center
SmartfrenGaleri Smartfren
33 Store

Dan lain sebagainya.

Silakan bawa kartu Anda yang sudah tidak aktif tersebut (kalau ada), kemudian katakan saja Anda ingin mengaktifkannya kembali.

Ada biaya? Biasanya ada. Tapi itu pun hanya untuk mengisi pulsa kembali. Sisanya sih gratis. Meski hal ini sebetulnya kembali lagi pada kebijakan masing-masing operator juga.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi masing-masing call center operator untuk menanyakan informasi lebih lanjut, atau kalau mau bisa coba juga hubungi melalui sosial media.

Akhir Kata

Demikianlah informasi singkat tentang ciri kartu SIM yang hangus.

Faktanya, tidak sedikit orang yang mengalami masalah ini. Padahal, kondisi ini merupakan hal yang sebaiknya dihindari, karena bakal cukup merepotkan kartu tersebut tidak bisa dipakai lagi.

Bayangkan kalau ada banyak kontak yang mengetahui nomor tersebut, tentu mereka tidak akan bisa menghubungi Anda.

Belum lagi kalau nomor tersebut terkoneksi dengan mobile banking, berbagai macam akun sosial media, dan sebagainya. Mungkin beresiko membahayakan keamanan Anda sendiri akhirnya.

Sekian bahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like