Mengenal Patch Pada Game

Penjelasan dan Fungsi Patch Game

Patch dalam bahasa Indonesia berarti tambalan. Maksudnya, patch ini merupakan sebuah bagian tambahan untuk menambal kekurangan atau memperbaiki masalah di sebuah aplikasi.

Selain aplikasi, istilah patch juga sering muncul pada game. Patch sangat diperlukan untuk membuat suatu game bisa berkembang.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih lengkap patch, khususnya pada game, berikut akan saya jelaskan.

Apa itu Patch Game?

Patch adalah program yang dikembangkan, untuk memperbarui sebuah game. Jenis pembaruan yang didapat bisa berbentuk perbaikan bug, penambahan fitur game, hingga pembaruan dari segi keamanan.

Patch sendiri biasanya tersedia dalam program installer. Installer tersebut nanti akan memperbarui data game secara otomatis. Sedangkan pada game online, patch akan tersedia ketika kita ingin membuka gamenya.

Fungsi Patch Game

Patch game dirilis tergantung dari kondisi game serta request dari user. Misalnya kalau dari segi konten dirasa sudah membosankan, maka akan ada pembaruan konten.

Atau kalau ada bug yang cukup mengganggu gameplay, maka akan ada perbaikan bug. Nah, berikut fungsi-fungsi dari patch game:

1. Menghilangkan Bug

Setiap aplikasi atau game pasti memiliki bug di dalamnya. Bedanya, bug tersebut ada yang terlihat dan ada juga yang tidak. Contoh seperti game tidak keluar suara.

Adanya patch, membuat game yang Anda mainkan akan di re-program untuk mencari letak bug tersebut. Kemudian pihak developer akan memperbaikinya sehingga bug pada gamenya menghilang.

Untuk bug ini kadang developer yang mencarinya sendiri, dan kadang juga berasal dari feedback para pemain.

2. Menambah Fitur

Tidak hanya menambal kekurangan game, patch juga berfungsi untuk menambah fitur baru. Adanya fitur baru ini ditujukan untuk meningkatkan gameplay supaya jadi lebih baik.

Contohnya misal ada sebuah game yang memiliki sistem rank. Nah, di patch selanjutnya terdapat fitur leaderboard yang memungkinkan seseorang bisa mencari siapa saja pemain terbaik di game tersebut.

3. Menambah Konten Game

Selain fitur, patch juga berfungsi untuk menambah konten, salah satunya seperti adanya event dan gameplay baru pada sebuah game.

Adanya event baru di game, ditujukan untuk membuat para pemainnya tidak cepat merasa bosan.

Sedangkan untuk gameplay, biasanya berbentuk penambahan ability pada item, karakter baru dari gamenya, penambahan level, dan masih banyak lagi.

4. Merubah Tampilan dan UI Game

Meskipun jarang, update patch terkadang membuat tampilan pada game jadi berubah, dan perubahan tersebut bisa bervariasi.

Misalnya seperti perubahan pada desain karakter, penambahan efek, musik, latar hingga susunan menu pada gamenya.

Sama seperti konten, perubahan tampilan ini ditujukan untuk membuat pemain agar tidak cepat bosan. Selain itu perubahan user interface juga ditujukan agar pemain jadi lebih nyaman.

5. Penambahan Keamanan

Terakhir, patch game juga berfungsi untuk menambah keamanan.

Penambahan keamanan ini biasanya dari segi data. Misalnya dari data gamenya, supaya tidak terkena malware.

Untuk game online, patch keamanan ditujukan untuk menjaga keamanan data pengguna. Terutama data serta username dan password pemain.

Akhir Kata

Kesimpulannya, patch pada game adalah sebuah program yang memiliki fungsi utama, untuk memperbaiki masalah atau mengembangkan sebuah game.

Patch pada game tentunya sangat penting, untuk membuat para pemain tidak cepat bosan. Selain itu patch ini juga akan membuat para pemain lebih merasa nyaman dan aman.

Kalau Anda punya pertanyaan terkait yang saya bahas ini, silakan tanya saja langsung di kolom komentar. Kebetulan saya sendiri sudah sering sekali main game offline / online dan sering memasang patch.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Pengertian Suhu dan Mastah
Baca Yuk!

Arti Suhu & Mastah

Suhu dan mastah. Anda mungkin pernah mendengar kedua istilah ini bukan? Dua kata ini mungkin pernah kita dengar…