Apa itu Esports

Penjelasan Apa itu Esports

Istilah esports sekarang ini semakin sering didengar seiring cepatnya perkembangan game.

Apalagi sekarang ini ada banyak game populer yang melahirkan banyak pemain esports terkenal yang sering didengar. Misalnya Zuxxy, Luxxy, RRQ Lemon, Ryzen dan lain-lain.

Nah, buat yang ingin sedikit lebih tahu mengenai apa itu Esports, berikut di sini akan saya jelaskan secara lengkap.

Apa itu Esports?

Penjelasan Singkat Esports

Esports adalah singkatan dari Electronic Sports. Esports kurang lebih artinya ialah olahraga elektronik yang diisi dengan kompetisi video game. Baik secara tim maupun individual.

Sebenarnya esports ini sama saja seperti olahraga lain. Dimana pemain dari cabang olahraga ini merupakan gamers yang sudah berpengalaman atau terlatih.

Maka dari itu pemain-pemain esports ini bisa dibilang sangat jago. Di sebuah game biasanya mereka menduduki rank-rank atas di leaderboard.

Kapan Esports Mulai Populer?

Awal Perkembangan Esports

Esports sudah ada sejak lama. Tapi esports baru populer pada tahun 2005, dengan game Quake II dan Start Craft.

Sejak saat itu, muncul game-game lain yang menjadi pilihan esports lainnya. Seperti Counter Strike, Ragnarok online dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri esports mulai banyak dikenal di tahun 2010-an. Dengan game Point Blank, Cross Fire, Atlantica Online dan lain-lain yang banyak dijadikan perlombaan.

Contoh Turnamen Esports

Hingga saat ini ada banyak turnamen Esports yang digelar. Beberapa di antaranya sudah terkenal dan memiliki jumlah hadiah yang sangat besar. Berikut sebagiannya:

1. DOTA 2 International

Dota 2 International adalah salah satu turnamen esports terbesar. Turnamen ini dikenal dengan hadiah yang diberikan sangat tinggi.

Dota 2 International rutin dilakukan setiap tahun. Untuk para pemain Dota 2, turnamen ini bisa dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan gamesense.

Baca Juga: Daftar Rank Dota 2 Lengkap

2. CSGO Major

Selanjutnya ada turnamen CSGO (Counter Strike Global Offensive) Major yang diselenggarakan sejak tahun 2013.

Biasanya turnamen ini diadakan setahun 2 kali, baik itu di awal dan akhir tahun. Hadiahnya juga sangat tinggi, yaitu sampai $2.000.000 untuk pemenangnya.

3. Valorant Champions Tour

Valorant adalah game yang masih terbilang baru. Tapi game ini memiliki banyak pemain aktif.

Valorant memiliki kompetisi resmi yang bernama Valorant Champions Tour, dimana setiap tim dari berbagai negara akan berlomba untuk menjadi nomor 1.

Di turnamen tingkat atas, game ini menyediakan turnamen berbasis LAN di suatu negara. Seperti Reykjavik dan Berlin.

Baca Juga: Daftar Rank Valorant

4. PUBG Mobile World Invitational

PUBG Mobile World Invitational adalah salah satu turnamen dari game PUBG Mobile.

Seperti namanya, di turnamen ini terdapat banyak tim yang berasal dari berbagai negara. Di antaranya nama-nama yang cukup terkenal di Indonesia, seperti RRQ, Evos dan BTR.

Turnamen ini sendiri memakai sistem poin, yang mengambil dari berbagai aspek. Tim dengan poin tertinggi di akhir turnamen akan jadi pemenang.

Baca Juga: Daftar Rank PUBG Mobile

5. Mobile Legends Professional League

Terakhir ada Mobile Legends Professional League (MPL). Turnamen yang sudah berlangsung lama ini sudah cukup populer lho.

Apalagi mengingat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Mobile Legends merupakan game yang sangat populer. Sehingga tidak heran kalau membuat MPL jadi sangat bergengsi.

Turnamen ini diselenggarakan setiap tahun, dimana kita bisa menontonnya melalui streaming dan mengecek jadwalnya melalui situs resmi MPL.

Baca Juga: Daftar Rank Mobile Legends Lengkap

Bagaimana Cara Menjadi Pemain Pro?

Untuk menjadi pemain esports, kita harus sering berlatih di game itu sendiri.

Menjadi jago, kemudian mengikuti turnamen-turnamen kecil terlebih dulu. Baik itu pameran maupun komunitas.

Kalau berpotensi, biasanya nanti bisa saja ada tawaran untuk bergabung ke suatu tim esports. Atau kalau dirasa sudah punya skill dan koneksi, bisa juga mendaftarkan diri untuk bergabung.

Akhir Kata

Nah, sekian pembahasan singkat mengenai apa itu esports. Termasuk juga awal mula esports populer di Indonesia dan turnamen-turnamen yang mengadakan kompetisi esports.

Kalau ada yang ingin Anda tanyakan mengenai esports, silakan tulis pertanyaannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Maksud Clutch di Game
Baca Yuk!

Apa itu Clutch di Game

Dalam game FPS, terutama yang berjenis competitive, tidak akan lepas dari yang namanya istilah clutch. Contoh game yang…
Mengenal DLC Game dan Contohnya
Baca Yuk!

Mengenal DLC Pada Game

Kebanyakan orang (termasuk saya), membagi jenis game berdasarkan apakah game tersebut butuh koneksi internett atau tidak (online /…