Cara Mengatasi HP Tidak Bisa 4G atau 4G Hilang

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa 4G Atau 4G Hilang

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa 4G – Saat ini, jaringan 4G rasanya sudah menjadi salah satu fitur wajib yang harus tersedia di HP Android.

Beda dengan dulu, di mana HP 4G masih mahal. Kini, di HP-HP keluaran baru, dari yang termurah sampai yang termahal, nyaris semuanya sudah mendukung jaringan ini.

Perbedaan kecepatan antara 3G dan 4G sendiri cukup jauh, lho. Dari hasil uji coba yang saya lakukan, nyatanya kecepatan internet di jaringan 4G bahkan bisa ratusan persen lebih kencang dibanding 3G.

Masalah Tidak Bisa Masuk ke Jaringan 4G, Apa Sih Penyebabnya?

Ada satu masalah yang dialami oleh sebagian pengguna Android, di mana mereka mengeluhkan bahwa HP-nya tidak bisa masuk ke jaringan 4G.

Padahal, jika dilihat dari segi spesifikasi, HP yang mereka gunakan sejatinya telah mendukung jaringan 4G.

Saya sendiri sebenarnya sudah lama mengetahui tentang masalah ini. Namun baru teringat kembali belakangan ini, sebab ada kenalan yang menanyakan kondisi HP yang tidak bisa di-setting ke mode 4G.

Lantas, apa sih penyebab HP yang nggak bisa masuk ke 4G ini?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah HP tidak bisa masuk 4G, alias 4G hilang. Mulai dari masalah kartu, sampai masalah sistem dari HP itu sendiri.

Selain itu, ada pula masalah lain, seperti frekuensi jaringan HP yang tidak cocok dengan frekuensi jaringan operator Indonesia, yang mana akhirnya mengakibatkan jaringan 4G tidak bisa muncul.

Masalah 4G hilang juga sudah pernah saya temui di beberapa HP, seperti Samsung dan Xiaomi. Meski begitu, masalah ini pun bisa terjadi di merk HP apa pun, lho.

Cara Mengatasi Masalah 4G Hilang

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tips-tips singkat, mengenai cara mengatasi masalah 4G hilang, tidak bisa di-setting, dan sejenisnya.

Akan saya coba bahas lebih detail, lengkap dengan penyebab sesuai dengan kondisi yang terjadi. Jadi, semoga saja artikel ini bisa membantu Anda untuk memperbaiki masalah ini.

Langsung saja, berikut pembahasannya:

Baca juga: Cara Mengatasi Kode MMI yang Tidak Valid Dengan Mudah

#1. Ganti Kartu ke 4G

Untuk menggunakan jaringan 4G, maka selain spesifikasi HP, kartu SIM (operator) yang digunakan pun harus sudah mendukung penggunaan jaringan ini, mengingat kartu-kartu lama mayoritas masih hanya mendukung jaringan 3G.

Nah, jika Anda menggunakan kartu yang belum mendukung jaringan 4G, tentu saja dampaknya akan mengakibatkan jaringan 4G tidak bisa muncul.

Solusinya, Anda harus mengganti kartu tersebut di gerai operator resmi, atau membeli nomor baru di konter HP terdekat.

#2. Pastikan Setting HP Sudah Benar

Buat yang masih awam, perihal salah setting juga bisa jadi penyebab lainnya.

Di Android, terdapat beberapa setting konfigurasi jaringan, di mana Anda bisa mengatur konfigurasi tersebut guna melakukan optimasi jaringan agar lebih cepat, atau agar jaringan bisa melakukan penyesuaian pada tempat Anda tinggal.

Nah, yang jadi masalah adalah jika secara tidak sengaja terdapat kesalahan pada pengaturan jaringan tersebut.

Ter-lock misalnya. Hal ini akan membuat jaringan 4G tidak muncul, bahkan terus menerus terjadi sekalipun HP sudah di-restart.

Solusinya, silakan cek kembali pengaturan jaringan Anda, lalu ubah jika terdapat kesalahan konfigurasi.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur setting jaringan lebih dalam menggunakan kode dial *#*#4636#*#* agar HP bisa diubah ke mode frekuensi jaringan tertentu.

#3. Reset HP

Kalau bingung cara atur jaringannya, atau malah ngga ngefek sama sekali, maka Anda bisa coba melakukan factory reset.

Opsi reset sendiri sangat saya rekomendasikan. Sebab, dengan melakukan reset HP, maka seluruh opsi pengaturan akan kembali seperti semula.

Dengan begitu, kesalahan pengaturan yang menyebabkan masalah error karena cache pada setting pun akan teratasi.

Reset HP
Contoh salah satu cara reset HP.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Dengan Mudah

#4. Update atau Ganti ROM

Apa itu ROM? ROM di Android adalah istilah yang merujuk kepada penyimpanan internal HP. Selain itu, ROM juga bisa disebut sebagai “sistem” pada HP.

Masalah ROM ini memang ngga begitu sering pengaruh terhadap masalah ini.

Namun, jarang bukan berarti tidak pernah terjadi, ya. Ada beberapa masalah di mana ROM mengalami bug, sehingga mengakibatkan fungsi tertentu pada sistem jadi tidak bisa diaktifkan.

Oleh karena itu, untuk menangani masalah ini setidaknya ada 2 solusi yang bisa saya sarankan, yaitu:

  • Update Android: Anda bisa coba lakukan update sistem di Android. Dengan begitu, diharapkan masalah bug pada sistem akan hilang setelahnya. Silakan pergi ke Settings > About Phone > System Updates.
  • Ganti ROM: Sistem di Android, sebenarnya bisa diganti sesuai keinginan penggunanya. Selain sistem bawaan, ada pihak-pihak tertentu yang juga banyak mengembangkan ROM untuk Android. Contohnya, ViperOS, Lineage OS, dan sebagainya. Ini dikenal dengan istilah custom ROM.

Nah, Anda bisa coba mempertimbangkan untuk mengganti ke custom ROM, jika HP yang digunakan mengalami bug pada ROM bawaan sejak awal. Soalnya, kalau sudah begini bakal repot urusannya.

Dengan mengganti ROM bawaan ke custom ROM, diharapkan bug bawaan HP tersebut bakal hilang, sehingga fungsi yang sempat tidak bisa aktif menjadi normal kembali.

Penutup

Demikian, beberapa tips untuk mengatasi HP yang mengalami masalah pada jaringan 4G.

Tips ini adalah tips yang biasa digunakan, serta telah banyak dibagikan di websitewebsite di luar sana. Saya harap, dengan keempat cara ini, masalah 4G di HP Anda yang sempat hilang tadi akan normal kembali.

Lebih kurangnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like