Mempercepat Internet Axis Lemot

Cara Mempercepat Internet Axis

Koneksi internet Axis lemot? Benarkah demikian?

Nggak juga. Menurut saya sih tidak begitu. Di tempat saya, Axis termasuk operator yang cukup cepat, dengan download speed rata-rata mencapai 3MB/s (di IDM).

Nah, lambat tidaknya suatu koneksi internet itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi, operator nggak bisa sepenuhnya disalahkan, ya.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang cara mempercepat koneksi internet Axis. Yuk, mari kita simak.

Kenapa Internet Axis Lemot?

Seperti yang telah disinggung tadi, ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kecepatan internet suatu provider. Berikut ini di antaranya:

  • Perangkat: Setiap perangkat memiliki kemampuan penangkapan sinyal yang berbeda-beda. Jadi, tidak heran kalau di satu HP internet lebih lemot, sedangkan di HP lain justru kebalikannya.
  • Tempat: Lokasi tempat akan mempengaruhi kecepatan internet. Nggak percaya? Coba deh, pindah ke tempat yang lebih tertutup. Pasti sinyal bakal berkurang, dan kecepatan koneksi pun akan menurun.
  • Cuaca: Misalnya sedang hujan. Biasanya jaringan akan mengalami gangguan. Saya sendiri sering mengalaminya.
  • Salah Pengaturan: Pengaturan jaringan biasanya sudah diatur secara otomatis. Namun, bukan tidak mungkin juga pengaturan tersebut salah, sehingga akhirnya mempengaruhi kualitas koneksi.
  • Pengaruh Sistem: Sistem juga bisa membuat internet lambat, lho. Lengkapnya akan saya jelaskan nanti.

Baca Juga: Cara Mengatasi XL yang Tidak Bisa Konek Internet (Normal Lagi).

Cara Mempercepat Koneksi Internet Axis, Agar Tidak Lemot Lagi

Sekarang, bagaimana nih cara mempercepat koneksi Axis-nya? Mari kita bahas satu per satu di sini:

1. Atur APN Axis di HP Anda

APN Axis

Saat kita memasukkan kartu Axis ke HP, sebenarnya APN sudah langsung diatur secara otomatis. Namun untuk sebagian tipe HP, ada juga yang mengharuskan agar APN dimasukkan secara manual.

Berangkat dari hal tersebut, maka solusi pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur APN ini. Kalau pengaturannya sudah tepat, maka koneksi bisa lebih optimal, lancar, dan stabil.

Caranya seperti ini:

  1. Silakan buka dulu Settings (setelan HP).
  2. Masuk ke menu pengaturan Jaringan.
  3. Masuk lagi ke Kartu SIM dan pilih Axis.
  4. Kemudian masuk ke APN. Anda bisa mengaturnya di sini.

Meski begitu, letak pengaturan tersebut mungkin agak berbeda di beberapa tipe HP. Ini wajar, karena produsennya sendiri pun berbeda.

Nah, untuk APN-nya, silakan masukkan data berikut ini:

Nama APNAxis
APNAxis
Proxy10.8.3.8
Port8080
Nama Pengguna (Username)Axis
Password123456
Server(kosongkan)
MMSC(biarkan default)
Proxy MMS(biarkan default)
Port MMS(biarkan default)
MMC510
MNC08
AutentikasiPAP
Jenis APNDefault
Tipe protokol APNIPv4
Protokol APN RoamingIPv4

Jika sudah, simpan pengaturan APN tersebut, tutup jendela pengaturan, kemudian restart HP Anda.

Pengguna Smartfren Juga? Ini Dia Rekomendasi APN Smartfren Terbaru.

2. Coba Pindah Tempat atau Lokasi

Lokasi Sinyal Axis

Seperti yang dibahas pada poin penyebab di atas, tempat dan lokasi termasuk salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan koneksi. Bahkan untuk beberapa situasi, penurunannya bisa sampai 60%, lho.

Oleh karena itu, di sini Anda disarankan untuk berpindah tempat, ke tempat yang lebih terbuka dan bisa menangkap sinyal lebih banyak.

Misalnya, kalau Anda berada di kamar, coba deh pindah dulu ke ruang keluarga, ruang tamu, atau ruangan depan.

Tapi jika pindah tempat saja ternyata masih belum berpengaruh, barulah Anda bisa coba pindah ke lokasi lain, kalau memungkinkan.

3. Ganti Pengaturan Jaringan

Setting Jaringan HP

Saat ini, sebagian besar pengguna internet hampir semuanya memakai sinyal 4G, terutama jika jaringan ini memang sudah ter-cover di daerah tersebut.

Nggak salah sih, karena pada dasarnya, sinyal 4G sendiri sudah didesain untuk kebutuhan internet yang lebih cepat dan stabil.

Nah, tapi bagaimana kalau misalnya malah jadi lelet? Solusinya, Anda bisa coba mengganti jenis jaringan, ke 3G misalnya.

Banyak yang belum tahu dan mungkin tidak menyangka, kalau tips seperti ini ternyata cukup berpengaruh. Apalagi ketika jam-jam sibuk, di mana traffic jaringan sedang ramai.

Caranya seperti ini:

  1. Buka ke Settings HP.
  2. Masuk ke pengaturan Jaringan Seluler.
  3. Kemudian atur jenis jaringan ke 3G Only.

Kalau setelah beberapa waktu koneksi di jaringan 4G-nya sudah terasa normal lagi, Anda bisa mengembalikan pengaturannya kembali.

4. Coba Refresh Jaringan Axis Anda

Refresh Sinyal HP

Refresh jaringan, bertujuan untuk menormalkan kembali sinyal yang gangguan, agar bisa kembali terkoneksi.

Setidaknya ada 3 metode yang bisa Anda terapkan untuk melakukan refresh jaringan. Anda bisa mencobanya satu-satu.

Berikut ini caranya:

  • Cara Pertama: Disconnect akses internet > Tunggu beberapa menit > Kemudian sambungkan kembali.
  • Cara Kedua: Restart HP Anda terlebih dahulu > Setelah selesai restart, nyalakan mode pesawat > Tunggu beberapa menit > Kemudian matikan kembali mode pesawatnya.
  • Cara Ketiga: Matikan HP > Lepas baterai dan kartu SIM > Tunggu beberapa menit > Pasang kembali baterai dan kartu SIM tadi > Lalu nyalakan HP-nya lagi.

Oh ya, khusus untuk cara ketiga, kalau HP Anda menggunakan tipe baterai non-removable, cukup matikan HP dan lepas kartu SIM saja (tanpa lepas baterai).

5. Force Stop Aplikasi yang Memakai Koneksi Internet

Force Stop Aplikasi Di HP

Kalau Anda merasa internet Axis-nya lemot belakangan ini, padahal sebelumnya tidak, mungkin penyebabnya ada pada sistem, yang salah satunya dipicu oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa tidak semua aplikasi latar belakang bisa mengakibatkan koneksi menjadi lemot. Yang saya maksud di sini hanyalah aplikasi yang menggunakan internet saja.

Nah, Anda bisa coba force stop aplikasi yang berjalan tersebut. Dengan begitu, koneksi internet Axis Anda bisa berjalan dengan lebih baik.

Caranya mudah, kok:

  1. Buka Setelan HP seperti biasa.
  2. Cari menu pengaturan Aplikasi.
  3. Kemudian Force Stop aplikasinya di sana.

6. Coba Tunggu Beberapa Waktu

Mempercepat Axis

Kalau belum bisa, ada kemungkinan jaringan Axis di daerah Anda memang sedang mengalami gangguan. Misalnya, karena faktor cuaca.

Oleh karena itu, solusi yang bisa saya sarankan di sini hanyalah menunggunya beberapa waktu saja, sampai jaringan normal kembali.

Namun kalau gangguan sudah berlangsung terlalu lama, Anda mungkin bisa bertanya ke forum Pojok Axis, karena di sana juga ada moderator yang bisa menjawab pertanyaan Anda.

Akhir Kata

Tips yang saya tulis di sini ditujukan untuk kalangan umum, dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Semoga melalui artikel ini, Anda bisa mengatasi internet Axis Anda yang terasa lemot.

Tapi perlu diingat, kalau belum berhasil, berarti ada salah satu faktor yang belum terpenuhi dari pembahasan di awal tadi. Misalnya, sinyal di daerah Anda kurang memadai, atau karena faktor cuaca.

Kalau ada pertanyaan lain, coba deh kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini. Mungkin bisa saya bantu.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Mengecek Kuota Kartu Halo Telkomsel Terbaru
Baca Yuk!

Cara Cek Kuota HALO

Sekilas tentang kartu Halo. Kartu Halo merupakan salah satu produk Telkomsel dengan jenis layanan pascabayar, di mana pengguna…