Kode Rahasia Samsung Untuk Jaringan

Kode rahasia Samsung untuk jaringan? Buat apa sih?

Buat orang-orang yang nggak butuh, mungkin memang terasa nggak penting. Tapi buat yang ingin melakukan setting jaringan, pastinya kode rahasia ini sangat dibutuhkan.

Biasanya, kalau kita mau mengatur jaringan kan mesti ke Setelan > Jaringan Seluler > Kartu SIM > Baru bisa setting di sana.

Tapi ternyata, ada shortcut (jalan pintas) untuk melakukannya, lho.

Tepat sekali! Dengan menggunakan kode rahasia jaringan. Selain mempersingkat waktu, trik ini pun cocok buat Anda yang kesulitan mencari pengaturannya.

Baca Juga: Cara Mengganti Papan Ketik (Keyboard) HP Samsung

Kode Rahasia Jaringan Samsung

Berikut ini adalah kode rahasia Samsung untuk jaringan:

Kode Jaringan HP Samsung *#*#4636#*#*

Singkatnya, kode ini berfungsi untuk mengatur setelan jaringan. Misal, untuk mengganti jenis sinyal dari 3G ke 4G, atau sebaliknya.

Hampir semua HP keluaran Samsung support kode ini, kok. Mulai dari keluaran lama sampai yang terbaru. Sebab, ini sudah pernah saya tes sendiri secara random.

Kemudian, untuk cara pakainya sendiri kurang lebih seperti ini:

1. Silakan buka Dial Pad (telepon) terlebih dahulu. Anda bisa menemukannya di homescreen. Kalau tidak ada, bisa cek di folder-folder yang ada, barangkali tersembunyi.

2. Kemudian, ketikkan kode rahasia tadi *#*#4636#*#*. Setelah Anda mengetik kode tersebut, maka akan muncul jendela baru secara otomatis.

Kode Rahasia Jaringan

3. Setelah selesai, maka Anda akan masuk ke sebuah menu. Silakan pilih Informasi Telepon 1 (untuk SIM 1) atau Informasi Telepon 2 (untuk SIM 2).

Setting Sinyal Samsung

4. Nah, barulah Anda bisa mengatur setelan jaringannya di sini.

Setting Jaringan

Bagaimana? Mudah dan ringkas bukan caranya?

Oh ya, kode tersebut hanya bisa berfungsi di HP Samsung original saja, ya.

Baca Juga: Cara Cek Tipe HP Samsung Dengan Cepat dan Akurat

Fungsi Menu Kode Jaringan

Sejujurnya, pengaturan lewat kode rahasia ini jauh lebih lengkap ketimbang melalui setelan Android, lho.

Nah, berikut ini informasi apa saja yang bisa didapat lewat halaman kode ini:

Mengatur Jaringan SIM 1 dan SIM 2: Seperti yang sudah dijelaskan tadi, pada langkah nomor 3 tepatnya, tadi kita bisa memilih antara SIM 1 atau SIM 2 untuk diatur setelannya.

Jadi, nggak perlu repot-repot lagi untuk pindah menu segala.

Setting WiFi: WiFi juga pada dasarnya termasuk jaringan kan. Nah, di kode rahasia jaringan Samsung ini juga tersedia pengaturannya. Namun lebih ditekankan untuk menyediakan informasi saja. Nggak banyak hal-hal yang bisa dilakukan.

Mengecek IMEI: Setiap HP itu punya nomor IMEI yang berbeda. Untuk mengeceknya di HP Samsung, biasanya cek dengan kode *#06*#. Sedangkan khusus IMEI pada kartu SIM, bisa menggunakan kode rahasia jaringan ini.

Mengecek Kekuatan Sinyal: Buat saya pribadi, poin inilah yang paling sering digunakan.

Lewat halaman jaringan, kekuatan sinyal bisa diukur secara lebih akurat. Satuan angkanya adalah dBm, di mana semakin kecil nilainya, maka semakin bagus kualitasnya.

Menjalankan Uji Ping: Ping buat apa sih maksudnya? Simpelnya, ping di sini berfungsi untuk melakukan tes koneksi HP Samsung, apakah berjalan lancar atau nggak.

Ping normal akan menunjukkan angka-angka, sedangkan kalau nggak jalan maka akan muncul pesan Request Timed Out (atau biasa disebut RTO).

Mengaktifkan VoLTE: VoLTE atau Voice Over LTE, adalah fitur yang memungkinkan HP bisa melakukan panggilan telepon dalam jaringan 4G.

Karena pada dasarnya, ketika HP berada dalam jaringan LTE itu memang nggak bisa dipakai untuk mode panggilan. Nggak percaya? Coba saja.

PS: Nggak semua HP Samsung punya fitur VoLTE.

Setting SMSC: SMSC, singkatnya dipakai untuk mengatur konfigurasi SMS atau panggilan. Sekarang untuk HP Samsung keluaran baru sih jarang dipakai. Tapi kalau sewaktu-waktu perlu, bisa coba lewat kode jaringan ini.

Alternatif Mengakses Halaman Kode Jaringan Memakai Aplikasi

Aplikasi Setting Jaringan

Kode rahasia untuk jaringan tadi bisa dibuka untuk semua HP Samsung, asal original. Kodenya sendiri simpel, hanya terdiri dari 12 digit karakter saja.

Namun, kalau sesekali Anda harus mengakses halaman jaringan dan khawatir lupa, maka ada alternatif lainnya, yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Caranya seperti ini:

  1. Cari 4G Only Network Mode di Playstore, kemudian klik tombol Install.
  2. Setelah proses penginstalan selesai, langsung buka saja aplikasinya.
  3. Ketuk tombol Open Secret Settings di bagian bawah.
  4. Maka, secara otomatis Anda akan masuk ke dalam halaman kode rahasia jaringan.
4G Only Network Mode

Well, mungkin sudah terbayang. Aplikasi ini memang berfungsi sebagai pintasan, agar user nggak perlu lagi memasukkan kode dial.

Jadi, jangan khawatir lupa lagi, ya. Cukup buka aplikasinya di homescreen, maka Anda sudah bisa mengaksesnya kapan pun Anda mau.

Baca Juga: Cara Cek HP SAMSUNG Asli Atau KW dengan DETAIL

Akhir Kata

Nah, begitulah kiranya pembahasan kita kali ini, tentang kode rahasia HP Samsung untuk jaringan.

Saya pribadi termasuk tipe orang yang sering membuka setting jaringan ini, karena merasa perlu mengatur beberapa fungsinya.

Akan tetapi, belakangan ini saya baru sadar, ternyata masih banyak ya orang lain yang belum tahu soal setting-nya, apalagi kode rahasianya. Wajar sih, namanya juga rahasia.

Khusus buat Anda pemakai HP Samsung, semoga saja artikel ini bermanfaat, ya. Jangan ragu bertanya melalui komentar, jika dirasa ada yang bingung atau belum dipahami.

1 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like