6 Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Gambar

Komputer nyala tapi ada gambar. Errornya yakni saat Komputer dihidupkan, CPU berjalan normal, namun di monitor tidak tampil apa-apa. Biasa disebut sebagai blackscreen (Layar hitam) atau No Display. Ini adalah salah satu masalah yang menurut saya cukup sering dialami pengguna PC.

Saya sendiri sebagai penulis sudah beberapa kali mengalami hal ini, dan (Untungnya) sampai saat ini masih bisa selalu diperbaiki.

Oh ya, kenapa saya bilang sering? Karena di grup-grup teknologi (Terutama Komputer), cukup banyak yang menanyakan hal ini.

Komputer no display

Penyebab dari masalah ini ada beberapa. Diantaranya :

  • Kerusakan RAM
  • Salah sambung port kartu grafis
  • VGA rusak
  • Kabel VGA atau monitor yang bermasalah

Jadi bisa dibilang, secara garis besar masalah CPU tidak tampil ke monitor ini disebabkan masalah yang berhubungan dengan komponen.

Untuk cara mengatasinya, silakan ikuti langkah-langkah berikut satu satu :

1. Periksa RAM Di Komputer Anda

Pertama RAM. RAM ini adalah komponen pertama yang wajib Anda cek, ketika sedang ada masalah yang berhubungan dengan booting.

RAM rusak juga bisa membuat CPU tidak ada tampilan sama sekali. Beda dengan error komponen lainnya, masalah pada RAM biasanya tidak disertai bunyi beep.

Untuk itu, silakan lakukan hal berikut :

  • Pindahkan slot RAM ke slot 1 – 2 – 3 – 4 (Tergantung berapa slot RAM pada Motherboard Anda).
  • Tukar posisi RAM jika Anda menggunakan konfigurasi dual channel.
  • Pakai salah satu RAM jika menggunakan konfigurasi dual channel.
  • Lepas RAM dari slot, kemudian bersihkan menggunakan penghapus (Pada kakinya).
Kalau belum bisa, ada baiknya Anda mengecek menggunakan RAM lain.

2. Cek Kabel Tersambung

Kabel disini maksudnya ialah kabel ke kartu grafis (VGA). Terutama untuk orang yang baru rakit PC, mereka suka mengalami ini.

Penyebabnya (Kebanyakan) karena salah sambung port. Jika kita menggunakan VGA discrete, maka port VGA pada motherboard akan jadi nonaktif. Dan jika menyambung ke port tersebut, maka monitor jadi tidak menampilkan gambar apa-apa.

Coba lakukan hal berikut :

  • Pindahkan kabel ke port lain. Ingat, harus pada VGA, bukan motherboard.
  • Gunakan converter aktif (Jika Anda menggunakan jenis kabel berbeda).
  • Gunakan satu jenis kabel jika memungkinkan (HDMI ke HDMI misalnya).
  • Coba ganti jenis kabel yang dipakai.
Jika saat blackscreennya muncul pesan no signal, masalahnya lain lagi. Silakan baca artikel memperbaiki komputer no signal.

3. Clear Baterai CMOS

Baterai CMOS, adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi BIOS yang telah diatur.

Nah, disini kita bisa mencoba melakukan Clear CMOS, untuk mereset pengaturan BIOS yang telah tersimpan tadi. Karena kadang salah konfigurasi juga bisa berpengaruh.

Cara Clearnya beda-beda, tergantung jenis Motherboard yang dipakai. Silakan cek buku panduan dari dus bawaan.

4. Periksa VGA Komputer Anda

VGA adalah komponen yang berfungsi untuk mengolah grafis Komputer, serta menampilkan gambar. Jadi tidak heran kalau VGA rusak, maka monitor tidak tampil apa-apa (No display).

Saya sendiri dulu pernah mengalaminya. VGA saya rusak akibat terlalu panas. Hasilnya waktu PC dinyalakan, tampilan yang saya dapat hanya gelap saja.

Saran yang bisa saya berikan disini, coba tes Komputer Anda dengan VGA lain, atau tes VGA Anda ke Komputer lain (Baca cara ceknya disini). Kalau rusak, Anda bisa beralih ke VGA bawaan atau ganti dengan yang baru.

5. Cek Power Supply

Setiap Komputer menghasilkan daya yang berbeda-beda, tergantung dari komponennya. Namun sejatinya jika baru nyala, power yang dihasilkan akan rendah.

Tapi beda hal jika Power Supply (PSU) Anda rusak. Daya yang dihasilkan akan drop, dan tegangannya juga jadi tidak stabil. Ini juga pernah saya alami. Dan bukan hanya tidak muncul gambar, Komputer kadang suka mati beberapa detik setelah dinyalakan.

Cara mengatasinya, coba tes memakai PSU lain.

6. Update BIOS

Untuk beberapa seri Processor (Seperti Ryzen) ketika disambung ke beberapa tipe Motherboard, akan mengalami No Display jika BIOSnya belum diupdate.

Nah, simpelnya disini Anda harus coba update dulu BIOS Motherboardnya ke versi yang sesuai. Jika cocok, pasti Komputer akan berjalan normal.

Cara updatenya bisa dicari di situs resmi merk Motherboard yang dipakai.

Penutup…

Komputer menyala tapi tidak ada gambar, mengatasinya kadang mudah kadang susah. Jika komponen masih normal mungkin tidak begitu masalah, tapi kalau sudah ada yang rusak repotnya itu ketika harus diganti.

Semoga pembahasan tadi bisa jadi panduan untuk Anda yang sedang mengalami masalah ini. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan kirimkan melalui kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like