2 Cara Mencari Dan Melihat Pesan Arsip Gmail (PC dan Android)

Saat kita menerima pesan email melalui gmail, dalam beberapa waktu pesan akan menumpuk jika terlalu lama dibiarkan. Sayangnya dari banyaknya email tersebut, pasti ada beberapa email-email, yang takutnya penting kalau dihapus.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya orang-orang melakukan metode arsip, yakni memindahkan, (Lebih tepatnya menghilangkan) email dari inbox agar tidak terlihat tanpa menghapusnya.

Nah, tapi ada lho, sebagian orang yang sering melakukan hal tersebut, dan merasa bingung, “Kemana sih pesan arsipnya?” dan “Gimana cara mencari pesan arsip dan melihatnya“..

(Baca Juga : Cara Untuk Upload Foto Supaya Muncul Di Google.. Klik Disini)

Tempat pesan arsip email tersimpan di Gmail

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, disini saya ingin membahas cara menemukan pesan arsip, yang dikhususkan untuk pengguna baru Gmail (Yang belum begitu mengerti).

Karena kalau dilihat secara visual, tidak ada kategori arsip atau archive. Beda dengan label yang bisa kita temukan di menu kategori bagian kiri.

Terus gimana cara melihatnya? Nah, kita bahas satu satu (PC dan Android) :

Cara Melihat Email Arsip Gmail (PC dan Android)

1. Melalui Situs Gmail (PC)

A. Metode paling mudah, ialah dengan melihat kategori semua email yang tersimpan. Caranya seperti ini :
1. Pertama, silakan masuk dulu ke akun Gmail Anda seperti biasa (Bisa pakai browser apa saja).
2. Pada menu dibagian kiri, klik More (Selengkapnya) >> lalu klik All Mail (Semua email). Opsi ini berfungsi untuk menampilkan seluruh pesan pada akun Gmail Anda (Tanpa terkecuali). Termasuk pesan-pesan yang telah Anda arsipkan sebelumnya.
Melihat Semua Email Di Gmail Komputer
3. Kemudian Anda tinggal cari saja pesan arsip yang diinginkan. Pasti ada disana (Asal tidak terhapus).
Contoh daftar pesan

Gimana kalau kita kesulitan mencari pesannya? Solusinya, jika Anda masih mengingat judul (Subjek), isi pesan atau pengirimnya, Anda bisa menemukannya dengan mudah menggunakan kolom pencarian.

Kolom pencarian pesan

Email yang Anda cari disana, akan ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang diketik. Dan kalau ada lebih dari satu email, Anda tinggal membukanya satu-satu untuk mengetahui yang paling relevan dengan keinginan Anda.
B. Kalau tadi kita harus mencarinya secara manual. Tergantung dari banyaknya mail, kadang waktu yang dihabiskan untuk mencari cukup lama. Nah, jika Anda ingat kalau sebelumnya pesan yang diarsip telah diberi label, Anda tinggal mengecek label tersebut.
1. Pada menu bagian kiri Gmail, klik label dimana kira-kira pesan arsip tadi berada.
Label Pesan Gmail Komputer
2. Kemudian Anda tinggal cari saja pesan yang diinginkan.
Lokasi pesan arsip gmail

C. Setelah menemukan pesan yang diinginkan, jika Anda tidak ingin repot lagi mencari pesan tersebut, Anda bisa mengembalikannya ke Inbox. Caranya dengan menandai pesan yang diinginkan, kemudian klik Move to inbox / Pindahkan ke kotak masuk.

Pindah pesan arsip ke inbox

Jika sudah, Anda tinggal cek pesannya disana.

2. Melalui Aplikasi Gmail Di Android

Sebenarnya membuka Gmail di Android itu fleksibel (Bisa dibuka dengan berbagai macam cara). Contohnya menggunakan Browser.
Tapi karena (mungkin) 70% pengguna lebih menyukai menggunakan Aplikasi Gmail, tutorial disini saya tujukan untuk aplikasi saja, tidak melalui browser.
Dan kalau Anda belum punya, silakan install terlebih dahulu Gmail di Playstore.
Aplikasi Gmail Playstore
Nah, untuk cara cek pesan arsipnya sendiri tidak jauh beda dengan sebelumnya (Ada 2 metode). Seperti ini :
  • Cara 1 : Buka aplikasi Gmail >> Buka menu bagian kiri >> Klik Semua Email >> Kemudian cari pesan yang diinginkan disana (Bisa juga menggunakan kolom pencarian),
Menemukan Email Arsip Di Android
  • Cara 2 : Buka aplikasi Gmail >> Buka menu bagian kiri >> Pilih label dimana pesan arsip tersimpan :
Melihat label pesan Gmail
Mudah bukan?

Cara Memberi Label Pada Pesan Arsip :

Kalau boleh jujur, menggunakan label menurut saya adalah metode paling mudah, untuk menemukan email arsip. Alasannya karena semua pesan akan dikategorikan, sehingga kita tidak perlu repot-repot mencarinya secara manual.
Untuk yang belum tahu cara memberi labelnya, ikuti panduan berikut :
  • PC : Centang pesan yang diinginkan >> Klik logo Label >> Pilih buat baru >> Kemudian isi dengan nama yang diinginkan (Misalnya, “Pesan tersimpan”) >> Lalu klik buat

Membuat label email Gmail Komputer

  • Android : Buka aplikasi Gmail >> Tekan pesan-pesan yang ingin Anda kategorikan >> Klik menu bagian kanan atas >> Klik Ubah label >> Kemudian beri label disana.

Membuat label email Android

Jika sudah, lebih baik di cek lagi. Untuk memastikan agar pesannya sudah benar-benar masuk kedalam label yang diinginkan.

Penutup…

Walau lokasinya kadang masih belum diketahui orang, mencari, melihat atau membaca pesan arsip di Gmail tidaklah sulit. Karena dengan metode diatas, saya sendiri bisa melakukannya dengan mudah + cepat (Hanya beberapa menit).
Kalau Anda punya tips lain, atau ada yang kurang mengerti pada salah satu langkah, jangan ragu untuk mengirimkan komentar Anda dibawah artikel ini.
Semoga bermanfaat.
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like