5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Cover Buku (Gratis!)

Bagi para penulis, terutama novel, cover buku adalah elemen penting yang sangat disarankan untuk lebih diperhatikan. Alasannya, karena sebuah cover akan mewakili isi cerita yang telah dibuat, sehingga mengundang ketertarikan pembaca.

Sayangnya, tidak semua penulis bisa mendesain cover dari cerita mereka. Hasilnya kebanyakan jadi kurang bagus.

Apa jadinya kalau sebuah cerita bagus tapi covernya jelek? Wah, sayang dong.. Karena potensi mendapat pembaca lebih banyak akan hilang.

Nah, untuk jaman sekarang Anda yang seorang penulis tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat cover buku secara online tanpa ribet..

Situs Desain Novel Sampul

Dan pada pembahasan ini saya ingin membuat daftar-daftarnya..

Aplikasi-aplikasi ini bekerja secara otomatis, atau bisa dibilang intinya Anda tinggal langsung mengatur desainnya.

Perlu diingat, walau cocok digunakan untuk pemula, tapi saya sarankan agar Anda memiliki sedikit skill editing. Atau setidaknya punya naluri agar hasilnya bagus.

Langsung saja :

Aplikasi Pembuat Cover Buku Online (Gratis)

1. Canva

Cover Buku Canva
Canva, adalah sebuah situs yang memungkinkan kita untuk melakukan desain untuk berbagai kebutuhan. Infografis, desain web, cover novel dan lain sebagainya.
Situs ini sudah terkenal, terutama di kalangan pengguna internet. Karena selain hasilnya yang bagus, cara kerjanya juga tidak ribet, bahkan untuk pemula yang belum pernah melakukan desain sekalipun.

Terdapat banyak template atau bentuk yang tersedia di Canva. Disini Anda hanya tinggal perlu mengubah beberapa elemen, seperti Text, Warna, gaya serta pola desain yang diinginkan supaya sesuai dengan isi cerita buku Anda.

Contoh pembuatan cover di Wattpad pernah saya bahas di cara buat cover novel wattpad

2. Fotor

Cover ebook Fotor
Fotor pernah saya bahas sebagai salah satu rekomendasi dari 7 situs edit foto online terkeren. Tapi saya baru tahu, kalau ternyata Fotor juga menyediakan fitur lain, seperti membuat desain poster, sampul sosial media, kartu dan sampul buku.

Nah, pada fitur untuk cover buku, disana terdapat beragam template dengan macam-macam layout yang bisa Anda pakai, dengan berbagai macam kategori. Dimana setiap desainnya memiliki perbedaan mencolok, sehingga cocok untuk cerita-cerita yang Anda buat.
Dan untuk fitur editingnya, Fotor menyediakan berbagai macam tools yang bisa Anda pakai di halaman khusus. Dengan user interface yang baik, dijamin Anda akan langsung bisa memakainya.

3. Snappa

Membuat cover novel online
Kalau berbicara tentang aplikasi untuk membuat cover buku online maka Snappa tidak boleh dilewatkan. Karena situs ini sudah cukup terkenal, sebagai salah satu penyedia layanan editing grafis terbaik di Internet.
Di Snappa, terdapat ratusan (Atau bahkan mungkin ribuan) template yang bisa dipakai, untuk mendesain berbagai macam keperluan. Salah satunya ada pada kategori ebook, yang tentunya cocok untuk desain cover novel Anda.
Sedangkan untuk fitur desainnya sendiri bisa dibilang cukup lengkap. Di setiap templatenya, Anda bisa dengan bebas mengubah elemen-elemen yang ada, sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau covernya kebetulan sama dengan punya orang lain.

4. LucidPress

Contoh LucidPress
Jika sedang ingin membuat sebuah cover novel dengan desain elegan, Anda bisa mencoba mempertimbangkan LucidPress.
Situs ini pertama kali dirilis pada tahun 2013. Dan saat ini sudah menjadi sebuah situs editing foto terkenal, yang banyak dipercaya. Terutama untuk kebutuhan desain majalah, presentasi, poster, kartu nama, cover buku dan lain-lain.
Untuk fiturnya, di situs ini Anda bisa memilih beragam template untuk book cover, dan semuanya bisa Anda edit lagi sesuka hati. Misalnya dengan mengubah text, membuat bentuk baru, menambahkan foto lain, atau mungkin membuat tabel.

5. PosterMyWall

Aplikasi Pembuat Cover Buku
Walau namanya terdapat kata ‘Poster’, tapi website ini juga menyediakan fitur desain untuk buku Anda lho. Dan jangan salah, bahkan terdapat 740+ template yang bisa Anda kustomisasi kembali sesuai kebutuhan.
Untuk fitur editingnya, di situs ini Anda bisa mengubah hampir semua elemen yang terdapat pada template. Mengubah foto, text, layout, background bahkan menambahkan video.
Well, karena banyaknya desain template yang bisa dipilih, tentunya Anda tidak perlu khawatir kehabisan ide atau kesulitan memilih desain mana yang paling cocok dengan genre tulisan yang Anda buat.

Akhir kata

Demikian sedikit informasi dari saya, tentang aplikasi untuk membuat cover buku secara online gratis. Semua aplikasi diatas saya buat random posisinya, jadi Anda bisa memakai yang manapun yang Anda suka.
Pembahasan diatas juga lebih saya tujukan kepada pemula, yang belum begitu paham tentang editing, terutama yang berhubungan dengan desain grafis. Jadi saya harap Anda bisa langsung memakainya tanpa kesulitan.
Kalau ada yang mau ditanya, kirimkan saja melalui kotak komentar yang tersedia dibawah ini.
Semoga bermanfaat.
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like