Cara Memunculkan Opsi Pengembang HP Android

Cara Memunculkan Opsi Pengembang di HP Android

Saat Anda sedang membaca sebuah artikel tutorial Android, pernahkah Anda mendapati step-step yang mengharuskan Anda untuk mengatur setting melalui opsi pengembang (developer options)?

Nah, tapi mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum tahu apa itu opsi pengembang, terlebih lagi soal bagaimana cara mengaktifkannya.

Karena itu, di sini saya ingin sedikit berbagi informasi, tentang cara memunculkan opsi pengembang di semua HP Android.

Tapi sebelum itu, akan lebih baik jika kita mulai dari penjelasan tentang opsi pengembang itu sendiri, mengingat masih ada yang belum memahaminya.

Silakan simak baik-baik, ya!

Apa Itu Opsi Pengembang?

Di Android, kita sebenarnya bebas mengatur apa pun yang kita inginkan, serta diperkenankan pula untuk mengoptimalisasi ulang opsi-opsi yang awalnya ter-setting secara default, agar HP bisa menjadi lebih sesuai dengan keinginan penggunanya.

Sebagai contoh, Anda bisa mengubah warna temperatur HP agar mata tidak cepat capek, mengatur settingsetting pada aplikasi, melakukan pembersihan cache atau data, mengubah opsi-opsi jaringan, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, dari sekian banyak opsi tersebut, ternyata masih ada lagi opsi yang disembunyikan oleh pihak Android, yakni opsi pengembang tadi.

Opsi pengembang sendiri adalah salah satu halaman pengaturan, di mana kita bisa mengatur berbagai setelan secara lebih lanjut.

Pengaturan yang bisa kita atur di opsi pengembang ini antara lain:

  • Mengubah sakala animasi (animasi loading) menjadi lebih halus atau lebih cepat.
  • Mengubah ukuran layar DPI.
  • Mengatur pengaturan render sistem.
  • Dan masih banyak lagi pengaturan lainnya.

Pada intinya, di opsi pengembang ini terdapat banyak sekali pengaturan yang sangat bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Lantas, Kenapa Opsi Ini Disembunyikan?

Sebenarnya, setahu saya opsi pengembang ini dulunya tidak disembunyikan, lho. Kemudian pada versi Android Jelly Bean, atau lebih tepatnya pada versi Android 4.2, opsi pengembang ini baru mulai disembunyikan.

Mengapa demikian?

Alasannya, karena opsi pengembang ini bersifat agak advanced untuk kalangan awam atau pemula. Memang tidak merusak sih, namun kalau salah setting, bisa-bisa kinerja HP jadi terganggu.

Baca Juga: Cara Memberi Tanggal dan Lokasi Pada Foto HP

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Android

Nah, opsi pengembang sendiri sebenarnya ada di semua HP Android.

Mulai dari semua seri Samsung (A series, J series, S series, dan seri-seri lainnya), OPPO, Lenovo, ASUS, Xiaomi, Vivo, Huawei, Advan, Smartfren, serta merk HP lainnya.

Pokoknya, sejauh yang saya temui, saya selalu bisa mendapati kehadiran opsi pengembang ini, dan selalu bisa untuk mengaktifkannya di HP apa pun.

Sedangkan untuk cara mengaktifkannya pun sangat simpel. Tidak butuh 10 detik, opsi pengembang sudah bisa langsung dibuka.

Buat Anda yang ingin segera mengetahui caranya, langsung saja akan kita bahas langkah-langkahnya secara terperinci. Berikut pembahasannya:

1. Pertama-tama, silakan buka Settings HP Android Anda terlebih dahulu.

Settings Androd

2. Di halaman utama setelan tersebut, silakan Anda geser ke bawah, lalu buka Tentang Ponsel (About Phone).

About Phone

3. Geser lagi ke bawah, maka Anda akan menemukan kolom Nomor bentukan (Build Number). Silakan ketuk tombol nomor bentukan tersebut sebanyak 7 kali secara berulang-ulang, sampai keluar notifikasi pesan berikut:

“Anda telah menjadi seorang pengembang”.

Cara memunculkan opsi pengembang

4. Silakan kembali ke halaman utama Settings HP Anda. Maka di sana Anda akan mendapati menu baru, yakni Opsi Pengembang tersebut.

Cara melihat developer options

Selesai deh. Mudah sekali bukan? Percaya nggak percaya, memang hanya seperti itu saja cara mengaktifkan opsi tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa mengatur beragam pengaturan tersembunyi yang terdapat di dalam opsi pengembang. Silakan sesuaikan saja dengan kebutuhan dan tujuan Anda untuk mengaktifkannya.

Cara Menghilangkan Opsi Pengembang dari Setelan HP

Untuk Anda yang takut HP-nya kenapa-kenapa karena belum paham dengan opsi pengembang ini, maka Anda bisa kapan pun menghilangkannya.

Caranya mudah, kok. Begini langkah-langkahnya:

1. Silakan Anda masuk ke Settings Android lagi.

Tombol settings Android

2. Geser ke bawah, lalu cari opsi Aplikasi (Apps).

Apps

3. Aktifkan Tampilan Sistem.

Sistem apps

4. Cari aplikasi Setelan (Settings).

Setelan

5. Klik Hapus data dan Hapus Cache.

clear data dan cache

Selesai deh. Dengan begitu, sekarang opsi pengembang di setelan HP Anda akan tersembunyi kembali. Anda tidak perlu khawatirnya lagi, ya!

Baca Juga: Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Sampai Tipe & Merk Lengkap

Akhir Kata

Begitulah kiranya pembahasan singkat tentang cara mengaktifkan opsi pengembang di HP Android.

Baik mengaktifkan maupun menonaktifkan developer option, pada dasarnya sangatlah mudah dilakukan. Bahkan, hal ini bisa kita lakukan dalam hitungan detik saja.

Kesimpulannya, tombol ‘rahasia’ untuk mengaktifkan opsi ini adalah dengan mengetuk nomor bentuk beberapa kali saja.

Namun di beberapa HP mungkin memiliki tata letak atau istilah penamaan yang berbeda. Sebagai contoh, di HP LG terletak di menu Software Information. Namun Anda tak perlu khawatir, karena setiap HP Android sejatinya memiliki opsi ini.

Demikian pembahasan dari saya. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat buat Anda.

2 comments
  1. Hp aku kan Advan tablet, kok ttp gak muncul sih opsi pengembang nya? Di hp aku Samsung mau tpi knpa di hp Advan gak mau? Bisa tolong jelasin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Ganti ID Line
Baca Yuk!

Cara Ganti ID Line

Mengganti ID Line biasanya dilakukan ketika kita merasa kurang sesuai dengan ID yang sekarang. Karena seperti yang Anda…