Mengenal Aplikasi Telegram

Mengenal Telegram

Saat ini ada banyak aplikasi chatting yang bisa Anda pakai, salah satunya adalah Telegram. Telegram ini mirip seperti WhatsApp, Line dan aplikasi serupa lainnya yang berfungsi untuk mengirim pesan.

Tapi Telegram punya banyak fitur unik yang tidak dimiliki aplikasi sejenisnya. Misalnya seperti fitur bot, channel dan secret chat.

Nah untuk Anda yang baru tahu aplikasi Telegram dan penasaran dengan fitur-fiturnya, kenalan lebih jauh yuk.

Mengenal Telegram

Apa itu Telegram? Singkatnya Telegram adalah aplikasi chatting untuk mengirim pesan berupa teks, video dan dokumen. Aplikasi ini dilengkapi fitur enkripsi end-to-end didalamnya, sehingga keamanan pesan akan jadi lebih terjamin.

Selain itu, persis seperti aplikasi chatting lainnya, Telegram juga memiliki fitur untuk melakukan panggilan suara dan video call.

Dan masih banyak lagi tentunya.

Fitur Telegram

Fitur yang saya sebut tadi hanyalah dasarnya saja. Ada lagi beberapa hal unik yang bisa Anda temukan di Telegram, tapi tidak di aplikasi chatting lainnya.

Berikut beberapa contoh fitur yang ada di Telegram:

1. Channel

Fitur Channel Telegram

Telegram memiliki fitur channel. Channel adalah tempat dimana seseorang bisa mengirimkan pesan yang diinginkan ke para pengikutnya.

Contoh sederhanya seperti Youtube. Konten yang dibuat oleh Youtuber bisa ditonton orang umum atau subscriber. Bedanya, kalau di channel Telegram, yang bisa mengirim pesan hanya pembuatnya saja.

Biasanya channel dipakai untuk berbagi pesan-pesan atau hal-hal menarik ke sesama pengguna Telegram.

2. Bot

Fitur Bot Telegram

Bot adalah fitur kekinian yang hanya tersedia di aplikasi chat tertentu. Fungsi dari bot ini sendiri ialah untuk membantu pengguna dalam berbagai macam hal.

Mulai dari menerjemahkan suatu bahasa, cek nilai tukar uang, bermain game, menjadi kalkulator dan lain-lain.

Bot di Telegram bisa dibuat secara gratis, dan bisa diterapkan ke chat tertentu yang diinginkan.

3. Login Dengan Nomor

Login Dengan Nomor Telegram

Sebagian aplikasi chatting memerlukan akses email pada proses registrasi. Tapi untuk Telegram, Anda hanya perlu menggunakan nomor saja.

Hal ini tentunya akan praktis. Dan meskipun hanya dengan nomor, terdapat fitur verifikasi pin juga. Sehingga keamanan akun bisa tetap terjaga.

4. Username

Fitur Username Telegram

Telegram juga dilengkapi fitur username. Fitur ini biasanya dipakai untuk mempermudah pengguna mencari kontak tanpa harus tahu nomor teleponnya.

Juga ketika pengguna mencari kontak dari username, maka nomor telepon dari pengguna tersebut tidak akan tampil.

Hal ini bertujuan agar privasi nomor telepon bisa tetap terjaga.

Fitur ini pernah saya bahas di Cara Membuat ID Telegram

5. Mengedit Pesan

Fitur Edit Pesan Telegram

Fitur edit pesan sangat jarang dimiliki aplikasi chatting. Dengan fitur ini, ketika pengguna menulis pesan typo yang sudah terlanjur terkirim, pesan tersebut bisa diubah.

Oh ya untuk mempermudah membedakan pesan edit dan yang asli, terdapat penandaan notifikasi edited di bagian bawah pesan.

6. Login Dari Banyak Perangkat

Login Beberapa Akun Telegram

Rata-rata aplikasi chatting hanya mengizinkan penggunanya login akun di satu perangkat saja. Intinya pengguna tidak bisa login pada dua perangkat yang sama sekaligus.

Tapi di Telegram hal ini tidak berlaku, karena kita bisa login di banyak perangkat yang sama sekalipun. Tentunya hal ini bisa mempermudah untuk mengelola akun tersebut.

Bukan hanya login di banyak perangkat, dalam satu perangkat kita juga bisa login beberapa akun sekaligus.

7. Secret Chat

Fitur Secret Chat Telegram

Terakhir, aplikasi Telegram memiliki fitur secret chat. Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk membuat pesan rahasia, misalnya antara Anda dan kontak yang bersangkutan.

Bedanya dari pesanbiasa, keamanan dari secret chat ini lebih tinggi. Karena Anda bisa mengatur sendiri kapan pesan yang ada di secret chat itu terhapus secara otomatis.

Selain itu, fitur ini tidak memiliki fitur forward dan tidak bisa di-screenshot.

Kelebihan Telegram

Selain memiliki banyak fitur, Telegram juga memiliki beberapa kelebihan dibanding aplikasi chatting lainnya.

Berikut beberapa kelebihan aplikasi Telegram:

1. Ringan

Meskipun punya banyak fitur, aplikasi Telegram terbilang cukup ringan saat dijalankan. Hal ini dikarenakan Telegram memiliki tampilan yang sangat sederhana.

Selain itu, ukuran file ini juga sangat kecil, yaitu sekitar 24 MB saja.

2. Privasi Lebih Terjaga

Telegram memiliki privasi yang lebih terjaga pada fitur mengirim pesannya. Karena selain pesan Anda yang dienkripsi end-to-end, Telegram juga menyediakan fitur secret chat.

Di fitur ini, pesan Anda jauh lebih terjamin lagi keamanannya. Karena tidak disediakan fitur forward dan screenshot.

Sederhananya, pesan secret chat hanya diketahui oleh Anda dan kontak yang bersangkutan. Bahkan pihak Telegram juga tidak bisa mengetahuinya karena dienkripsi.

3. Sistem Keamanan Terjamin

Untuk masalah keamanan, Telegram bisa dikatakan terjamin.

Salah satunya seperti untuk dapat login ke akun Telegram, Anda harus memasukkan PIN dulu yang akan dikirimkan ke nomor telepon terkait akun.

Telegram untuk Siapa?

Telegram sangat cocok dipakai untuk siapa saja, baik untuk chatting pribadi atau bisnis. Dari segi penggunaan pribadi, kita bisa mendapatkan berbagai fitur unik.

Contohnya seperti bot, edit pesan dan lain-lain sebagainya. Ditambah enkripsi dan keamanannya yang terjaga.

Sedangkan dari segi pemakaian bisnis, terdapat fitur channel yang bisa juga dipakai untuk mempromosikan sesuatu.

Akhir Kata

Setiap aplikasi tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Contohnya seperti Telegram yang punya banyak fitur dan kelebihannya seperti penjelasan di atas.

Fitur dari Telegram tentunya akan selalu diperbarui. Kedepannya mungkin saja akan terdapat fitur-fitur baru lain yang tidak dibahas di sini.

Sekian pembahasannya. Kalau Anda punya pertanyaan apapun terkait tentang Telegram, bisa langsung tuliskan saja ya, melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Ping Android
Baca Yuk!

Cara Ping Koneksi Android

Ping, singkatnya, adalah sebuah patokan ukuran untuk melihat kecepatan respon terhadap server. Ping bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.…