Mengenal Core pada Processor

Apa itu Core Processor

Pada processor, kita akan mendengar istilah single core, dual core dan lain-lain seterusnya. Arti dari istilah tersebut menandakan jumlah core atau inti dari processor.

Nah, sekarang ini banyak orang yang cenderung memilih jumlah core tinggi ketika ingin membeli processor.

Padahal jumlah core tidak selalu mempengaruhi kinerja menjadi lebih baik. Alasannya akan dibahas di sini.

Mengenal Istilah Core Pada Processor

Istilah Core Processor

Core processor adalah istilah untuk menyebut inti komponen, yang berfungsi untuk menjalankan tugas atau intruksi program yang dijalankan pengguna.

Dalam satu processor bisa memiliki beberapa core sekaligus, atau biasa disebut sebagai multi-core. Bertujuan supaya kinerja sistem bisa lebih optimal.

Misalnya untuk menjalankan aplikasi game, hingga rendering.

Jenis Core Processor

Multi-core pada processor punya istilah-istilah lain tersendiri. Nah ini masih banyak yang belum tahu maksudnya.

Silakan cek ini:

1. Single

Pertama ada jenis single core. Sesuai dengan namanya, jenis processor ini hanya bisa mengerjakan tugas dalam 1 inti saja.

Pada processor single core, intruksi akan diselesaikan perbagian, sehingga untuk lanjut ke proses lain, sistem harus menunggu sampai yang sebelumnya selesai.

Walau demikian, biasanya processor single core pemakaian dayanya lebih hemat.

2. Dual

Jenis dual core, maksudnya processor yang memiliki dua inti.

Pada processor dual core, komputer bisa melakukan pengerjaan 2 tugas langsung secara bersamaan. Jenis ini termasuk yang paling sering ditemui di pasaran.

3. Quad

Processor quad core berarti memiliki 4 inti. Jenis processor ini sering dipakai pada PC atau laptop jaman sekarang karena kinerjanya yang lebih stabil.

Biasanya processor quad core juga sering dipilih untuk merakit PC gaming atau menjalankan program berat seperti untuk rendering.

4. Hexa

Hexa core adalah istilah yang mengacu pada processor dengan 6 inti. Processor jenis ini didesain untuk keperluan yang lebih berat.

Misalnya menjalankan game terbaru dengan resolusi tinggi, atau melakukan rendering dari aplikasi tertentu.

5. Octa

Processor octa core memiliki 8 inti. Jenis ini menandakan bahwa Anda bisa menjalankan 8 tugas sekaligus secara bersamaan.

Untuk kebutuhan pribadi, octa core masih termasuk yang sering dipakai. Untuk kebutuhan yang lebih tinggi dari hexa core.

Sudah Tahu Juga? Perbedaan Processor AMD dan Intel

Perbedaan Core dan Thread

Selain core, ada juga istilah thread pada spesifikasi processor. Thread secara garis besar berfungsi untuk mengatur instruksi atau tugas yang akan diproses core processor.

Thread memiliki dua jenis. Yaitu single thread dan multi-thread. Single thread menandakan setiap core hanya mampu memproses 1 instruksi thread saja.

Sedangkan multi-thread berarti setiap core pada processor bisa memproses 2 atau banyak thread sekaligus.

Apakah Semakin Banyak Core Semakin Bagus?

Banyak orang memilih processor banyak core, dengan harapan kinerja yang didapat akan tinggi. Padahal hal ini tidak demikian.

Kinerja processor tergantung juga dari generasi arsitekturnya. Biasanya semakin baru, akan semakin optimal juga kerja dari core serta thread.

Gambaran mudahnya, processor tahun 2013 quadcore tidak akan lebih baik dari processor dual-core yang dirilis tahun 2021. Dari segi daya dan performa.

Untuk itu, Anda harus melihat performa keseluruhan processor yang ingin dibeli dari benchmark langsung.

Cek Cara Memilih Processor

Akhir Kata

Pembahasan ini ditujukan untuk Anda yang barangkali masih awam seputar processor. Pernah dengar istilah core dan jenis-jenisnya tapi masih bingung apa bedanya.

Nah, tentunya kalau ada pertanyaan, Anda bisa langsung kirim saja melalui kolom komentar di bawah. Entah itu terkait istilah, atau mungkin kalau butuh saran cari processor baru.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like