Penjelasan Kabel HDMI

Mengenal HDMI dan Fungsinya

Pastinya Anda sudah tahu kabel HDMI bukan?

HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. HDMI merupakan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan laptop atau PC ke layar monitor (atau TV).

Nah, kalau berbicara tentang HDMI, kabel ini memiliki beberapa jenis dan tipe. Dimana setiap jenis dan tipe kabel HDMI memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda-beda.

Buat yang ingin tahu lebih jelas tentang kabel ini, bisa lanjut baca pembahasan berikut ya.

Mengenal Kabel HDMI

HDMI adalah jenis konektor kabel, yang berfungsi untuk mentransfer gambar dan audio digital, dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Salah satu pemakaian umum HDMI, adalah untuk menghubungkan PC atau laptop ke monitor. Sehingga nantinya monitor yang Anda hubungkan dengan kabel HDMI akan mengeluarkan output, berupa gambar dan suara.

Selain dipakai untuk PC dan laptop, HDMI juga bisa dipakai untuk menghubungkan perangkat lainnya. Misalnya konsol, TV, home theatre dan masih banyak lagi.

Fungsi Kabel HDMI

Fungsi HDMI

Seperti yang sudah dijelaskan barusan, fungsi utama dari HDMI adalah sebagai media transmisi data (gambar dan suara). Tapi, selain itu ada beberapa juga fungsi lain dari kabel HDMI, seperti:

1. Mempercepat Proses Transfer Data

Kabel HDMI memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi, yaitu 10.2 GB /detik.

Bahkan kalau Anda ingin kecepatan yang lebih tinggi juga ada. Contoh kabel HDMI 2.0 kecepatannya bisa mencapai 18 GB /detik.

Karena kecepatannya yang tinggi, membuat HDMI jadi seringkali dipakai untuk menampilkan gambar dengan resolusi tinggi.

2. Meningkatkan Kualitas Output

Kualitas output dari HDMI cenderung tinggi, dimana dari pengalaman saya pribadi warna dan kontras yang dihasilkan lebih nyaman dilihat.

Selain itu gambar yang dihasilkan juga cenderung lebih jelas. Bahkan untuk gambar dengan resolusi rendah.

3. Mendukung Banyak Perangkat

Kabel HDMI memiliki beragam tipe yang menyesuaikan bentuk port dari perangkat. Mulai dari ukuran standar untuk perangkat PC, hingga yang kecil untuk smartphone dan tablet.

Baca Juga: Cara Mengatasi Monitor Out of Range

Jenis Kabel HDMI

Jenis Umum Kabel HDMI

Sekilas kabel HDMI memiliki bentuk yang sama. Tapi sekarang ini sudah ada jenis-jenis kabel HDMI, yang dibedakan berdasarkan kecepatan dan fiturnya.

Berikut jenis-jenis kabel HDMI:

1. Kabel HDMI Versi 1.2 (Standar)

Kabel HDMI ini merupakan jenis yang memiliki kualitas paling rendah. Karena hanya mendukung resolusi 720p sampai 1080p dengan kualitas HD / Full HD.

2. Kabel HDMI Versi 1.3 – 2.0 (High Speed)

Jenis kabel HDMI ini support resolusi 1080p sampai 4K 30Hz. Selain itu, tipe kabel ini juga sudah mendukung deepcolor dan fitur 3D.

3. Kabel HDMI Versi 2.0 (Premium High Speed)

Kabel yang banyak dipakai untuk monitor kelas menengah. Di HDMI versi 2.0, kita bisa mendapatkan dukungan monitor resolusi UltraHD sampai 4K 60Hz. Selain itu, tipe ini juga sudah mendukung output HDR dengan rentang warna yang lebih luas.

4. Kabel HDMI Versi 2.1 (Ultra High Speed)

Jenis ini mendukung semua resolusi pada kabel HDMI versi sebelumnya. Bedanya, kabel HDMI ultra high speed ini mendukung resolusi tambahan, yaitu kualitas 8K.

5. Kabel HDMI Dengan Ethernet

Jenis ini merupakan HDMI yang punya support untuk menghubungkan perangkat ke Ethernet. Fitur ini berfungsi untuk sharing koneksi antara satu perangkat ke perangkat lain lewat HDMI.

Tipe Konektor HDMI

Contoh Tipe HDMI

HDMI memiliki beberapa tipe konektor. Setiap tipe dari kabel HDMI memiliki spesifikasi fisik dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut tipe-tipe konektor HDMI:

1. Tipe A (Standar)

HDMI tipe A merupakan konektor yang paling sering ditemui, karena bisa dipakai untuk banyak perangkat. Contohnya seperti laptop, konsol game dan sebagainya.

Untuk ukurannya, konektor male di HDMI tipe A ini memiliki dimensi 13.9 x 4.45mm. Sedangkan untuk ukuran konektor female memiliki dimensi 14 x 4.55mm.

Di dalam konektor HDMI tipe A terdapat 19 pin yang menyediakan beberapa mode fungsi, seperti EDTV, SDTV, HDTV, UHD sampai 4K.

2. Tipe C (Mini HDMI)

Selanjutnya ada HDMI tipe C. Biasanya berfungsi untuk perangkat seperti tablet, kamera DSLR dan cam recorder.

HDMI tipe C ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari tipe A, yaitu dimensinya hanya 10.42 x 2.42mm. Selain itu, HDMI tipe C ini juga memiliki 19 pin.

3. Tipe D (Micro HDMI)

Terakhir ada HDMI tipe D yang memiliki ukuran paling kecil. Umumya HDMI tipe D ini sering dipakai untuk perangkat portable, seperti HP. Ukuran HDMI tipe D ini hanya 5.83mm x 2.20mm saja.

Baca Juga: Cara Mengatasi Input Type not Supported di Monitor

Kelebihan Penggunaan HDMI

Ada kelebihan-kelebihan tersendiri dalam menggunakan kabel HDMI. Berikut beberapa di antaranya:

  • Proses transfer data tidak melewati kompresi, sehingga gambar dan audio yang dihasilkan jadi lebih tinggi
  • Meski punya beberapa versi, konektor HDMI masih saling support satu sama lain
  • Kecepatan transfernya yang tinggi
  • Bentuk kabelnya yang tipis, serta terlihat lebih modern

Akhir Kata

Kalau berbicara soal jenis kabel layar yang paling banyak dipakai, menurut saya HDMI adalah salah satunya.

Dengan kelebihan-kelebihannya, HDMI ini bisa jadi pilihan utama. Terutama untuk jangka panjang, mengingat kualitasnya yang sangat tinggi.

Kalau ada penjelasan yang kurang dipahami, silakan tanya saja lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like