Cara Mengaktifkan OK Google di HP Android

Ok Google“. Kalimat ini sempat populer beberapa waktu lalu, di saat channel-channel TV nasional di Indonesia, sedang mengiklankan fitur baru Google yang satu ini.

Terus terang saya pribadi belum tahu apa nama dari fitur ini, tapi Google sendiri menyebutnya sebagai Ok Google.

Fitur ini sempat ramai diperbincangkan, terutama oleh orang-orang yang eunthiast gadget pada waktu itu.

Lalu apa sih fungsi dari “Ok Google” ini sendiri?

Fungsi Fitur OK Google

Sebelumnya, saya ada pertanyaan kecil terlebih dahulu. Bagaimana sih cara Anda melakukan penelusuran di Google? Seringnya, pasti diketik kan?

Nah, Ok Google ini adalah fitur baru Google, yang mana fitur ini memiliki fungsi untuk melakukan penelusuran via suara.

Menurut saya, fitur ini sangat bermanfaat. Kita bisa menghemat lebih banyak waktu, karena tidak perlu lagi mengetik lama-lama lewat keyboard di HP kita. Apalagi kalau kata kunci yang sedang dicari mengandung kalimat yang panjang.

Sebab, di sini kita hanya perlu mengucapkan “Ok Google”, yang kemudian dilanjutkan dengan kata kunci apa yang ingin kita cari. Sangat sederhana bukan?

Contoh, ketika kita mengucapkan “Ok Google, rekomendasi restoran di Jakarta”, maka Google akan langsung menampilkan daftar pilihan restoran, sebagaimana jika Anda melakukan pencarian seperti biasa.

Baca juga: Cara Menghapus Cache di Google Chrome dan UCBrowser

Cara Mengaktifkan Ok Google

Untuk memulai penelusuran suara, pertama-tama, Anda harus memberi isyarat terlebih dahulu dengan mengucapkan kalimat “Ok Google”, agar fitur ini bisa diaktifkan.

Setahu saya, fitur ini support di segala jenis dan merk HP Android. Yang terpenting, HP tersebut sudah berada di versi Android 4.4 ke atas, dan tentunya juga memiliki komponen mikrofon (namanya HP pasti udah ada mikrofonnya dong).

Dalam kata lain, jika HP Anda masih menggunakan versi Android di bawah 4.4, atau memiliki masalah dengan komponen mikrofon, maka HP Anda belum bisa menggunakan fitur Ok Google ini.

Walau sudah support di segala jenis HP, untuk sebagian perangkat, fitur Ok Google ini mungkin tidak bisa langsung dipakai begitu saja.

Ada beberapa merk HP yang perlu diatur terlebih dahulu, sebelum akhirnya bisa mulai menggunakan fitur ini. Khususnya untuk HP-HP lama yang sudah dirilis lebih dulu, sebelum fitur ini muncul.

Lalu bagaimana cara mengaturnya? Langsung saja, yuk, kita bahas tutorialnya. Ini dia caranya:

Langkah 1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur Ok Google, ialah pergi ke setelan HP.

Silakan Anda buka Settings (Setelan) terlebih dahulu di HP Anda. Anda bisa membuka setelan ini melalui 2 opsi, di antaranya yaitu:

  • Icon yang terletak di antara aplikasi-aplikasi lainnya, atau
  • Icon yang berada di panel status bar (menu bagian atas HP).

Catatan: Biasanya icon tersebut berlogo gear.

Langkah 2. Jika Anda sudah berada di halaman utama setelan, silakan scroll halaman tersebut ke bawah, sampai Anda mendapati opsi Google. Silakan klik opsi pengaturan tersebut.

ok google

Langkah 3. Selanjutnya, silakan Anda scroll juga halaman ini ke bawah, lalu pilih opsi Penelusuran.

search ok google

Langkah 4. Di halaman ini, Anda akan mendapati menu Suara. Silakan diklik, ya.

Cara setting suara ok google

Langkah 5. Selanjutnya, silakan pilih Bahasa. Anda bisa menambahkan opsi Bahasa Indonesia dan English (US) pada pengaturan yang tertera di sana.

Setting ok google

Langkah 6. Akan muncul notifikasi konfirmasi perubahan bahasa. Klik tombol Ya, Ubah Bahasa untuk mengkonfirmasi dan melanjutkannya.

ubah bahasa suara ok google

Langkah 7. Tap kembali, lalu pilih Voice Match.

setting ok google hp

Langkah 8. Di sini, silakan Anda aktifkan fitur Ucapkan “OK Google” Kapan Saja.

mengaktifkan ok google

Langkah 9. Dengan begitu, maka nantinya akan muncul layar baru. Silakan Anda klik Berikutnya (Next).

setting ok google di semua merk hp

Langkah 10. Nah, di layar ini, Anda harus mengatur deteksi suara terlebih dahulu. Tujuannya, agar perangkat bisa mengenali suara Anda dengan lebih mudah nantinya.

Ucapkan “OK Google” sebanyak 3 kali.

Menambah suara

Langkah 11. Setelah selesai mengatur suara, maka Anda akan dialihkan ke fitur otomatis buka kunci saat Anda mengucapkan “Ok Google”.

Pada tutorial ini, saya pribadi lebih memilih untuk melewatinya saja. Untuk itu, saya klik tombol Lain Kali.

Buka kunci ok google

Langkah 12. Selesai deh. Sekarang fitur “Ok Google” di HP Anda sudah aktif, dan sudah siap pula untuk langsung digunakan.

Selesai

Baca juga: Cara Logout Akun Google di HP Android (Dijamin Bisa).

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat pada kesempatan kali ini. Rasanya cukup mudah bukan untuk mengaktifkan fitur Ok Google di HP Android?

Tutorial ini, sebenarnya lebih menekankan kepada “cara mengaktifkan Ok Google”, supaya bisa digunakan di layar HP mana pun.

Akan tetapi, secara relevansi, saya pikir dengan sedikit tambahan yang ada, pembahasan di sini tetap masih relevan dengan judul.

Oh ya, buat Anda yang mungkin masih meragukan tutorial yang saya buat ini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tutorial ini saya buat langsung bersumber dari halaman support Google itu sendiri.

Jadi, keakuratan artikel ini bisa Anda pegang, ya.

Nah, jika ada hal-hal yang masih bingung atau tidak jelas terkait pembahasan ini, juga ketika Anda ingin mengirimkan koreksi jika dirasa ada kesalahan, jangan ragu untuk mengirimkan komentar Anda melalaui kotak yang tersedia di bawah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like