Mengenal Captcha

Mengenal Apa itu Captcha

Sedang browsing kemudian muncul kotak perintah tertentu yang harus diselesaikan, untuk melanjutkan suatu proses halaman.

Kotak perintah tersebut dinamakan captcha. Biasanya captcha ini sering dipakai pada situs pendaftaran online, aplikasi website dan sebagainya.

Kalau Anda ingin tahu lebih lanjut soal captcha, silakan lanjut baca pembahasan berikut ini.

Apa Itu Captcha?

Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public test to tell Computer and Human Apart. Artinya, tool verifikasi di sebuah halaman situs untuk memastikan orang atau pengaksesnya adalah manusia, bukan bot.

Contohnya ada situs dengan halaman ujian. Siswa mengisi form di halaman tersebut. Nah, setelah itu untuk mengirimnya muncul captcha. Captcha ini berfungsi untuk memastikan soalnya dikirim oleh siswa, bukan bot.

Kenapa Captcha Bisa Ada?

Sebelum adanya captcha, banyak situs terutama yang memiliki form sering terisi otomatis oleh bot. Hal ini mengganggu proses pengambilan data.

Dari sana, Luis Von Ahn, Manuel Blum, John Langford dan Nicholas J. Hoper memiliki inisiatif untuk membuat program yang dinamakan captcha.

Mereka membuatnya pada tahun 2000 silam, yang berhasil berfungsi untuk memblokir bot. Nah, hingga saat ini, captcha masih terus dikembangkan dengan berbagai fitur dan jenis baru.

Cara Kerja Captcha

Captcha bekerja dengan memberikan semacam tes unik yang harus Anda selesaikan. Untuk tesnya, bisa berupa random text, numeric, sampai memilih objek.

Contohnya ada captcha dimana kita harus mengisi angka 1234. Jika angka yang diisi bukan 1234, maka proses pengiriman data tidak akan berlanjut sampai angka yang diisi benar.

Cek juga: Solusi Captcha yang Tidak Muncul

Jenis Captcha

Captcha ada banyak jenisnya. Dan selalu dikembangkan menyesuaikan tren serta support perangkat (terutama mobile). Pengembangan ini ditujukan juga agar captcha tidak bisa diterjemahkan oleh bot.

Berikut beberapa jenis captcha yang sering ditemui sekarang:

1. Text Captcha

Text Captcha

Text captcha adalah salah satu jenis captcha yang paling sering ditemui di situs-situs internet. Di jenis ini, Anda diharuskan untuk memasukkan huruf atau angka yang sesuai dengan perintah.

Jenis ini sayangnya kadang ada sulitnya, yaitu bisa terdapat huruf atau angka yang tidak terlihat. Meski demikian, sekarang sudah terdapat tambahan opsi reCaptcha untuk menukar tes dengan yang baru.

2. I’m not a robot

Captcha Tes Not Robot

Jenis captcha ini memiliki tampilan, terdapat tulisan I’m not a robot (saya bukan robot), dan terdapat kotak validasi yang harus dicentang.

Ketika dicentang, nanti proses validasi akan berjalan secara otomatis oleh sistem. Jika dideteksi bukan bot, maka proses akan berlanjut. Tapi jika tidak, maka Anda biasanya harus mengisi captcha selanjutnya yang jenisnya lain.

3. Slider Captcha

Slider Captcha

Slider captcha ini kebanyakan dikombinasikan dengan captcha jenis puzzle.

Tergantung situsnya, puzzle yang ditampilkan bisa rumit dan bisa tidak. Ketika puzzle sudah diselesaikan, maka proses bisa dilanjutkan.

4. 3D Captcha

Captcha 3D

3D captcha kurang lebih sama seperti text captcha. Bisa dibilang juga versi yang lebih modern dari text captcha.

Meski demikian, karena bentuk huruf atau angkanya yang berbentuk tiga dimensi, terkadang jenis captcha ini cenderung lebih sulit untuk dipahami.

5. Picture Recognition

Captcha Picture Recognition

Salah satu jenis captcha yang banyak dipakai, yaitu picture recognition. Di captcha ini, Anda diharuskan untuk mencentang gambar yang sesuai dengan perintah captcha-nya.

Contoh perintah captcha untuk memilih gambar HP, biasanya captcha akan menampilkan beberapa gambar acak, dan tiga di antaranya terdapat HP. Anda harus pilih tiga gambar tersebut.

6. Math Captcha

Captcha Jenis Math

Terakhir ada jenis math captcha. Sesuai dengan namanya, di jenis captcha ini Anda akan diberikan tes berhitung, baik itu penjumlahan maupun pengurangan.

Kalau hasilnya sudah diketahui, nanti Anda harus mengisi kolom jawaban dan mengirimnya. Jika benar, maka proses akan berlanjut, tapi jika salah, Anda harus mengulang captcha dengan soal lain.

Akhir Kata

Captcha ini di internet perannya cukup penting, terutama untuk menjaga stabilitas data dan mengurangi pengaruh bot.

Memang agak ribet mengisi captcha, tapi seperti yang sudah dijelaskan, sampai saat ini captcha terus dikembangkan agar mudah dipecahkan manusia, tapi tetap sulit dipecahkan oleh bot.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like