Mengenal Apa itu Pop up

Mengenal Apa itu Pop Up

Saat memakai sebuah aplikasi atau mengakses suatu pengaturan tertentu di PC atau HP, mungkin Anda pernah menemukan jendela kecil yang tiba-tiba muncul. Nah, jendela tersebut dinamakan pop up.

Selain di perangkat, pop up juga bisa muncul di situs internet. Baik itu dalam bentuk pemberitahuan maupun dalam bentuk iklan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu pop up, berikut akan saya bahas lengkapnya di sini ya.

Apa itu Pop Up?

Singkatnya pop up adalah tampilan antarmuka grafis yang muncul (biasanya secara tiba-tiba), ketika Anda mengakses suatu fitur di sebuah perangkat maupun saat Anda mengakses sebuah situs.

Bentuk pop up ini umumnya seperti jendela kecil yang punya beberapa fungsi. Contohnya sebagai notifikasi, konfirmasi aktivitas tertentu dan promosi iklan.

Pop up juga bisa diartikan sebagai jendela yang muncul untuk keperluan interaksi dengan pengguna.

Jenis Pop Up yang Bisa Ditemui

Pop up punya beberapa fungsi, karena itu pop up ini punya beberapa jenis tertentu. Berikut jenis-jenis pop up:

#1. Iklan

Contoh Pop Up Iklan

Pertama ada pop up jenis iklan. Sesuai dengan namanya, jenis pop up ini memiliki fungsi untuk menampilkan promosi dalam bentuk iklan.

Pop up ini umumnya muncul di situs internet, aplikasi Android maupun platform streaming. Tapi tenang saja, Anda tetap bisa melewati pop up-nya dengan menutupnya.

Cek juga yuk, penjelasan cookies pada browser

#2. Menu Pengaturan (Contohnya di Windows)

Contoh Pop Up Pengaturan

Lalu ada juga jenis pop up menu pengaturan, yang biasanya ditemui di sistem operasi (PC dan laptop).

Sederhananya, pada jenis ini pop up bisa dibuka saat Anda melakukan klik kanan di desktop atau jendela aplikasi tertentu.

Pop up yang muncul memiliki beberapa pengaturan beragam. Di antaranya opsi view, sort by, refresh, new, personalize dan lainnya.

#3. Dialog Box

Contoh Pop Up Kotak Dialog

Pop up dialog box adalah jenis pop up yang memiliki fungsi penting, untuk memberikan suatu peringatan atau memberikan pertanyaan konfirmasi dari aktivitas tertentu.

Contohnya Anda mengedit gambar menggunakan aplikasi Photoshop. Kemudian Anda close hasil editing tanpa menyimpannya terlebih dahulu.

Nah biasanya pop up dialog box akan muncul sebagai peringatan. Untuk menanyakan apakah Anda yakin untuk menutup hasil editing tersebut tanpa menyimpan dulu atau tidak.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Captcha

#4. Pop Up Aplikasi (Contohnya WhatsApp)

Contoh Pop Up Aplikasi WhatsApp

Kemudian ada juga yang disebut pop up aplikasi. Sesuai namanya, jenis pop up ini hanya muncul di aplikasi-aplikasi tertentu saja, dan bisa dalam berbagai bentuk.

Sederhananya seperti di aplikasi WhatsApp. Ketika Anda menerima pesan dari orang lain, maka akan muncul jendela kecil berisi chat muncul di layar HP. Jendela ini adalah pop up.

Fungsi jendela chat WhatsApp tersebut untuk mempermudah pengguna bisa membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp-nya terlebih dahulu.

#5. Notifikasi Sistem

Contoh Pop Up Notifikasi Sistem

Terakhir ada pop up notifikasi sistem. Pop up jenis ini berfungsi untuk menampilkan aktivitas dari sistem atau notifikasi dari aplikasi yang Anda pasang.

Contohnya di HP Android, pop up notifikasi akan muncul di menu bagian atas. Pop up tersebut nantinya bisa Anda buka atau tutup sesuai kebutuhan.

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai apa itu pop up. Intinya pop up ini merupakan jendela kecil yang fungsinya bisa dalam berbagai bentuk. Pop up juga bisa muncul di beragam platform. Di antaranya di situs, sistem maupun aplikasi.

Kalau ada pertanyaan terkait, boleh tanya saja ya, melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like