Cara Mengatasi PES Stopped Working/Tidak Bisa Dijalankan

Cara Atasi PES Crash

Banyak sekali gamer yang suka dengan game sepak bola. Salah satunya PES. Dari seri WE9 sampai seri PES terbaru sekarang, hampir seluruhnya selalu mendapat apresiasi dari para penggemar.

Nah, buat yang sudah familiar dengan seri-seri PES tersebut, pasti suka memasang patch untuk membuat permainan jadi lebih seru bukan?

Namun masalahnya, kadang hal ini justru membuat PES keluar sendiri, crash, atau dikenal juga dengan istilah force close (has stopped working).

Cara Mengatasi PES Crash atau Stopped Working

Selain patch, PES yang mengalami crash juga bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya. Misalnya, karena kurangnya file sistem hingga proses install yang salah.

Kalau kita sudah biasa, mungkin kondisi semacam ini bukan masalah besar lagi. Namun untuk yang masih awam, masalah ini kadang bikin pusing, karena tidak jarang masalahnya jadi berlanjut.

Oleh karena itu, di sini saya ingin membahas solusinya, untuk semua serial PES yang di antaranya meliputi:

  • PES 2013 (atau lebih lama)
  • PES 2016
  • PES 2017
  • PES 2018
  • PES 2019
  • PES 2020
  • PES 2021 dan seterusnya

Langsung saja kita bahas:

1. Cek Spek PC atau Laptop yang Dipakai

Pertama, cek dulu sebelum install PES, apakah PC kita sudah memenuhi syarat minimum? Bukan apa-apa, tapi tidak sedikit pemain PES yang kurang mengetahui secara detail mengenai spek PC atau laptopnya.

Memang, apa hubungannya?

Sangat berhubungan. Spek PC atau laptop yang tidak memenuhi syarat, akan membuat gameplay jadi lag, bahkan bisa sampai menjadi crash.

Bagaimana cara mengeceknya? Ada 2 cara yang akan saya bagikan di sini. Berikut tutorialnya:

Cara Pertama:

  1. Coba cek spek PC atau laptop yang dipakai lewat aplikasi Speccy.
  2. Kemudian coba lihat lagi system requirements dari seri PES yang dimainkan.
  3. Pastikan speknya sudah memenuhi syarat, ya.
System PES 19

Cara Kedua:

  1. Buka Settings.exe PES.
  2. Kemudian cek di bagian Spesification.
  3. Pastikan tidak Unable. Minimal OK lah.
Settings.exe

2. Pastikan File Support yang Dibutuhkan Terpasang

Semua game -tidak terkecuali PES- membutuhkan beberapa file tertentu, agar bisa dijalankan dengan lancar di komputer maupun laptop.

Nah, file system yang saya maksud di sini antara lain:

  • DirectX
  • VC Credist
  • .NET Framework

Ini penting sekali. Karena jika ada salah satu dari tiga file di atas yang belum terinstal, dampaknya akan membuat PES jadi error saat dimainkan.

D9DX9

Misalnya, masalah “d3dx9_43.dll is missing”. Ini disebabkan karena kita belum memasang file DirectX.

Cara Mengatasinya:

Silakan install file DirectX, Microsoft Visual C, dan Microsoft .NET Framework (versi terbaru) di PC/laptop yang dipakai untuk menjalankan PES.

3. Coba Hapus Patch

Patch PES

Masalah patch, juga sering mengakibatkan PES mengalami crash.

Ada banyak sekali patch untuk PES yang bisa diinstal. Seperti rumput, sepatu, stadium, bahkan sampai tweak grafis juga ada.

Walau banyak, tentu tidak semua patch bisa bekerja dengan baik saat digunakan. Masalah seperti tidak kompatibel juga bisa membuatnya jadi stopped working.

Cara Mengatasinya:

  • Ingat-ingat patch yang terakhir kali diinstal. Kemudian coba hapus patch tersebut, atau kembalikan lagi ke kondisi sebelumnya.
  • Nah, jika Anda mencoba mengganti file .cpk, ada baiknya untuk mem-backup dulu file originalnya, supaya mudah dikembalikan jika terjadi error.

4. Reinstall PES

Cara selanjutnya dan yang menurut saya paling efektif, yakni dengan melakukan reinstall PES.

Saya sendiri pernah mengalami masalah crash di PES 2018 saya, entah karena apa. Spek PC sudah jauh lebih dari cukup, file support sudah komplit, dan patch juga sudah saya hapus. Tapi tidak berpengaruh sama sekali.

Akhirnya, saya coba melakukan uninstall PES, kemudian install kembali seperti biasa. Dengan begitu, PES bisa menjadi normal kembali.

NB: Ada baiknya baca dulu Cara Uninstall Software/Game Sampai Bersih, lalu silakan install lagi PES-nya seperti biasa.

5. Install Ulang Windows

Nah, langkah terakhir yang bisa diambil jika 4 cara di atas belum work juga, mau tidak mau harus coba melakukan reinstalling Windows.

Saya sarankan untuk melakukan install ulang, karena bisa saja Windows Anda terkena virus, atau sistemnya ada yang error. Apa akibatnya? Hal tersebut bisa berdampak pada gamegame yang ada, termasuk PES.

Dulu waktu saya main PES 2013 di laptop juga begini. Setelah saya install ulang, berhasil normal lagi.

Akhir Kata

Artikel ini saya buat sebagai ringkasan, jika ada pengunjung situs ini yang bertanya “kenapa PES saya suka berhenti sendiri?”.

Nah, perlu diingat, mungkin ada faktor lain lagi di luar 5 solusi di atas, seperti file PES ada yang corrupt atau lainnya.

Karena itu, jika Anda sudah mencoba 5 tips di atas, namun masih error juga, tidak ada salahnya untuk menanyakannya lewat kotak komentar di bawah. Barangkali saya bisa bantu.

Semoga bermanfaat.

6 comments
  1. Salam kenal bang, saya suda instal pes 2019 di pc amd a10, ram 16, vga card raedon rx 560, instalnya sukses, dan aman, sy juga setting randernya low, gamenya jalan awal lancar, tapi setelah 3 menitan begitu gamenya berhenti terus. Apakah ada solusinya bang??

  2. Salam kenal bang, saya kan sudah install pes 2019 di pc dgn core i5 8250 U ,ram 8GB, nvidia geforce 930mx, klo masalah install sukses bang tpi pas dimainin cuma sampe loading belom masuk pertandingan langsung berhenti loadingnya kemudian keluar snediri bang. Solusinya ada kah ??

  3. Salam kenal om, awalnya saya instal dan lancar maen PES 2019, kmudian beli SSD biar kenceng lagi mksudnya, kmudian install windows, lalu install PES nya kmbali. Tp PES nya ga bisa d buka.. d klik icon nya tampilan putih kmudian kluar kmbali k desktop..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Penjelasan dan Fungsi Patch Game
Baca Yuk!

Mengenal Patch Pada Game

Patch dalam bahasa Indonesia berarti tambalan. Maksudnya, patch ini merupakan sebuah bagian tambahan untuk menambal kekurangan atau memperbaiki…
Role PUBGM
Baca Yuk!

Role PUBG dan Perannya

Di PUGM, dalam satu match-nya terdiri dari empat pemain. Saat main ranked random, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan…