Cara Menampilkan Persentase Baterai HP Xiaomi

Cara Menampilkan Presentase Baterai Xiaomi

Menampilkan persentase baterai di HP Xiaomi itu penting. Tanpa persentase baterai, kita akan sulit mengira-ngira, berapa lagi kapasitas daya yang tersisa.

Hal ini bisa saja membuat baterai jadi habis tiba-tiba bukan?

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi merupakan HP kekinian dengan spesifikasi yang tergolong tinggi.

Sistemnya disebut MIUI. Pengubahan antarmuka dari stock Android yang terkenal dengan kinerja tinggi dan smooth.

Di MIUI ini, terdapat berbagai macam fitur yang bisa kita pakai. Di antaranya, ada mode baca, Mi Remote, dan masih banyak lagi.

Fitur Persentase Baterai Xiaomi

Terkait pembahasan kita kali ini, MIUI juga tentunya sudah mendukung fitur yang memungkinkan kita dapat memunculkan persentase baterai, lho.

Fitur untuk menampilkan status baterai Xiaomi ini, sejatinya sudah ada sejak lama. MIUI 7, MIUI 9, MIUI 10, bahkan sampai yang terbaru, semuanya mendukung penggunaan fitur ini.

Begitu pun dengan tipe HP-nya, seperti Xiaomi 4A, 6A Note 6 Pro, Redmi 6, Xiaomi 5A, Mi A1, Xiaomi Mi 8 Lite, dan lain-lain.

Cek Juga: Cara Screenshots Panjang HP Xiaomi.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Xiaomi Tanpa Ribet

Nah, terus gimana cara mengaktifkannya, nih?

Ternyata mudah banget, lho. Karena pada dasarnya, pengaturan untuk mengaktifkan fitur persentase ini bisa kita temukan di Setelan.

Berikut tutorialnya:

Langkah 1. Pertama-tama, silakan buka dulu Setelan di HP Xiaomi Anda.

Langkah 2. Selanjutnya, pada kolom Sistem & Perangkat, pilih menu Notifikasi & Bar Status.

Setelan Notifikasi

Langkah 3. Di halaman selanjutnya, silakan pilih Indikator Baterai.

Setelan Status Baterai

Langkah 4. Di menu Indikator Baterai ini, Anda akan mendapati dua opsi, yakni Grafis dan Persentase.

Silakan pilih Persentase. Dengan begitu, maka status baterai HP Xiaomi Anda akan menampilkan persentase jumlah daya dalam bentuk angka.

Setting Presentase Baterai

Beres deh.

Ingin mengikuti tutorialnya dalam bentuk video? Ini ada sedikit tambahan videonya:

Oh ya, untuk menu Notifikasi & Baterai, jika Anda tidak menemukan pengaturan ini di sana, coba cek di menu Setelan Tambahan. Kadang bisa juga ada di sana soalnya.

Sekali lagi, pengaturan tersebut bisa Anda temukan di semua HP Xiaomi, ya. Saya sendiri pun sudah pernah mengetesnya di MIUI versi lama maupun MIUI versi terbaru. Selalu ada, kok.

Yaa, mungkin bisa dibilang ini merupakan fitur dasar bawaan yang harus selalu ada.

Frequently Asked Question

Apakah cara ini bisa untuk semua HP Xiaomi? Ya, bisa. Dengan catatan, HP Xiaomi tersebut masih dalam keadaan bawaan (belum diubah-ubah sistemnya).

Bisa untuk HP non-root? Bisa banget. Saya pun menerapkan cara ini di HP yang sistemnya masih dalam keadaan default, tanpa akses root.

Bagaimana dengan HP root? Tentunya bisa juga. Nggak ada masalah, kok. Fiturnya pasti tetap ada.

Persentase baterainya kok nggak muncul? Kemungkinan sistemnya error. Coba matikan dulu HP, diamkan beberapa saat, lalu nyalakan kembali. Masih error? Lebih baik coba reset dulu.

Bisa untuk MIUI keluaran lama? Saya sempat bilang tadi, kalau fitur persentase baterai ini umumnya ditemukan di MIUI versi 7 sampai versi terbaru (paling banyak dipakai).

Sedangkan untuk MIUI versi lama (versi 5 dan sebagainya), sebenarnya bisa juga, kok. Tapi kalau nggak ada pengaturannya, coba diperbarui saja sistemnya.

Caranya begini:

  1. Buka Setelan Android di HP Xiaomi Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu Pembaruan.
  3. Setelah itu, klik Perbarui dan tunggu prosesnya.

Pastikan internet stabil dan kuota cukup, lalu sisanya tinggal ditunggu saja.

Ada sedikit saran. Jangan lakukan pembaruan di luar Setelan ini, ya. Dikhawatirkan bisa bikin HP bootloop.

Cara Memunculkan Status Baterai HP Xiaomi dengan Aplikasi

Cara alternatif, kalau Anda nggak mau memperbarui sistem MIUI-nya. Entah karena nggak ada internet, takut malah bootloop, atau alasan lain sebagainya.

Nah, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pakai untuk memunculkan status baterai ini. Dengan catatan, persentase tersebut hanya ditunjukkan melalui bar notifikasi.

Berikut caranya:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi Battery Percentage.
  2. Kemudian buka aplikasinya.
  3. Beri centang pada kolom Show Battery Percentage in Status Bar.
  4. Cek bar notifikasi HP Xiaomi Anda, maka di sana akan terlihat status baterai.
Indikator Baterai

Simpel kan?

Cara ini juga saya rekomendasikan, kalau di HP Anda ternyata nggak bisa menerapkan cara pertama tadi.

Tenang saja, aplikasi ini ringan, kok. Jadi, nggak akan menghabiskan memori.

Baca Juga: Cara Mudah Merekam Layar Xiaomi.

Akhir Kata

Demikianlah cara untuk menampilkan persentase baterai di HP Xiaomi. Ternyata nggak susah, ya?

Pihak Xiaomi sudah pasti memikirkan kenyamanan user. Bahkan untuk sekadar pembacaan baterai saja, mereka sampai memberikan opsi pengaturan semacam ini.

Asalkan HP masih dalam keadaan default, belum diubah ke custom ROM atau sejenisnya, maka fitur ini seharusnya bisa dipakai. Tidak peduli apakah HP sudah dalam keadaan root atau belum.

Sebagai penutup, buat Anda yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaannya melalui kotak komentar di bawah ini. Pastikan pertanyaannya relevan dengan pembahasan ini, ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Daftar Akun Mi
Baca Yuk!

Cara Daftar Akun Mi

Mi Account adalah salah satu layanan eksternal yang diberikan oleh perusahaan Xiaomi untuk para penggunanya. Nah, jadi buat…