Ruang Kedua Xiaomi

Ruang Kedua Xiaomi MIUI

Ruang kedua Xiaomi. Fitur ini sebenarnya sudah lama ada. Kalau tidak salah sih, sejak MIUI versi 8. Meski saya pribadi baru sempat mencobanya belum lama ini.

Sepertinya fitur ruang kedua di HP Xiaomi ini memang masih belum banyak diketahui oleh penggunanya, ya? Bahkan banyak di antaranya yang belum tahu apa fungsinya.

Padahal, fitur ini sebenarnya cukup menarik buat dicoba, lho.

Nah, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan fitur ini. Penasaran kan? Yuk, kita bahas selengkapnya di sini.

Fungsi Ruang Kedua Xiaomi

Ruang kedua, atau yang kalau dalam bahasa Inggris second space, adalah fitur Xiaomi yang memungkinkan pengguna dapat menjalankan dua sistem dan dua pengaturan dalam satu HP.

Jadi, dengan fitur ini, kita bisa menjalankan dua aplikasi yang sama, dua email, dua tema aktif, dan lain hal sebagainya, di HP yang sama.

Kalau disederhanakan, kurang lebih terasa seperti punya dua HP di dalam satu HP saja.

Fitur ini mulai dikenalkan di MIUI 8 beberapa tahun silam, namun hingga saat ini masih tersedia, bahkan selalu dikembangkan di MIUI versi-versi selanjutnya.

PS: Kalau tahu dengan istilah “Aplikasi Ganda”, fitur ruang kedua mirip-mirip seperti itu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Ruang Kedua Xiaomi?

Untuk cara mengaktifkan fitur ruang kedua tidak sulit, kok. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1. Pertama-tama, silakan Anda buka Setelan terlebih dahulu.

Langkah 2. Selanjutnya, cek pada kolom Sistem dan Perangkat, ketuk tombol Ruang Kedua.

Second Space HP Xiaomi

Langkah 3. Di sana Anda akan mendapati halaman baru beserta informasi fitur. Ketuk tombol Hidupkan Ruang Kedua.

Second Space Xiaomi

Langkah 4. Selanjutnya, silakan lakukan konfirmasi. Di sana ada sedikit pengaturan awal yang mungkin perlu Anda atur terlebih dahulu, seperti:

  • Pengaturan sandi.
  • Pengaturan pintasan ruang.
  • Pengaturan fingerprint (jika diperlukan).
  • Dan lain-lain.

Langkah 5: Silakan ikuti panduannya. Sederhana kok, prosesnya paling hanya memakan waktu 2 sampai 3 menit saja.

Contoh Pengaturan Ruang Xiaomi Berhasil Dibuat

Catatan:

  • Oh ya, kalau pengaturannya nggak ketemu (kebetulan pernah saya alami), coba gunakan fitur search.
  • Cukup ketik “Ruang Kedua“, maka Anda akan langsung mendapat hasil pencariannya.
  • Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman untuk mengaktifkannya.

Catatan: Kalau masih nggak ketemu, pastikan MIUI yang digunakan minimal sudah versi 8.

Nah, tampilannya sendiri sama seperti MIUI pada umumnya. Bahkan persis seperti saat HP baru dibeli, karena aplikasi yang terinstal di sana pun baru ada aplikasi bawaan saja.

Jelasnya seperti ini:

Begitu juga dengan data. Data yang ada di ruang kedua ini masih kosong. Foto, video, dokumen, dan lain-lainnya tidak akan terlihat di sini. Persis seperti Anda menggunakan HP lain bukan?

Tapi tenang saja, data-data lama Anda masih aman kok, di ruang pertama.

Cara Berganti Antara Ruang Pertama dan Kedua

Tergantung dari pengaturan awal yang Anda atur sewaktu mengaktifkannya. Bisa dengan menggunakan sandi, bisa juga menggunakan icon.

Kalau Anda mengaturnya lewat icon, maka cukup klik icon Ganti yang tersedia di tiap ruang, kemudian tunggu prosesnya.

Icon Ganti Ruang

Ini berlaku untuk seluruh ruang, baik itu ruang pertama maupun ruang kedua.

Tapi kalau nggak ketemu, coba deh pergi ke Setelan > Ruang Kedua.

Tampilan halaman di sana sekarang sudah berubah, di mana Anda akan melihat banyak pengaturan baru. Tekan opsi Berganti Antar Ruang untuk pindah ke ruang lain.

Ganti Antar Ruang

Cara Menghapus Ruang Kedua Xiaomi

Kalau dirasa cukup, dan Anda ingin menghapus fitur ini, maka Anda bisa melakukannya juga lewat Setelan lagi.

Caranya:

  1. Buka Setelan
  2. Kemudian masuk ke pengaturan Ruang Kedua.
  3. Geser ke bawah, kemudian ketuk menu Hapus Ruang Kedua.
Hapus Ruang Kedua

Setelah itu, tinggal tunggu beberapa saat, deh. Maka Anda akan langsung dialihkan ke ruang pertama, dan ruang kedua otomatis terhapus.

Tapi perlu dicatat, kalau Anda sudah sempat memakai ruang kedua dan menyimpan data-data di dalamnya, maka data-data tersebut juga akan ikut hilang setelah ruang ini dihapus.

Kecuali pada saat proses penghapusan ruang, Anda mengikuti opsi Backup. Nanti semua data dari ruang tersebut akan dipindahkan ke ruang pertama.

Sudah Pernah Coba Belum? Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi. Berhasil!

Manfaat Menggunakan Ruang Kedua Xiaomi

Fitur ruang kedua, bisa dibilang sangat bermanfaat untuk user Android saat ini. Apalagi untuk kebutuhan pekerjaan, atau multi account sosial media.

Berikut beberapa manfaatnya:

  • Menggunakan Dua Email: Beberapa email memang bisa dipakai di satu HP. Namun kurang rapi dan kesannya tercampur. Lain halnya di ruang kedua yang penggunaannya benar-benar terpisah.
  • Menggunakan Dua Aplikasi Chat: Ingin memakai dua WhatsApp di satu HP? Dengan fitur ini jadi mungkin, lho. Cukup install saja WhatsApp di ruang kedua, lalu daftar dan login seperti biasa. WhatsApp Anda di ruang pertama masih akan tetap aktif.
  • Menggunakan Dua Media Sosial: Sama seperti WhatsApp. Meski kita bisa kapan pun logout lewat media sosial, tapi akan lebih praktis jika akun terus aktif di ruang kedua.
  • Mengatur Data Lebih Rapi: Penyimpanan file bisa lebih teratur. Contohnya ruang pertama untuk data pribadi, dan yang kedua untuk pekerjaan.
  • Dua Pengguna Satu HP? Bisa!: Karena setiap ruang punya data yang terpisah, maka sangat mungkin jika ada dua orang yang memakai HP tersebut. Cukup masuk ke ruang masing-masing deh.
  • Data Aman: Setiap ruang tidak membaca data dari ruang lainnya, sehingga dipastikan aman. Apalagi kalau Anda menggunakan sandi + fingerprint.

Dan lain-lain tentunya, karena masih banyak lagi manfaat yang hanya diketahui oleh orang yang sudah lama memakai fitur ini.

Pernah Dengar Mode Baca? Berikut Fungsi dan Cara Mengaktifkan Mode Baca Xiaomi (Lengkap).

Akhir Kata

Fitur ruang kedua Xiaomi. Meski sudah lama ada, tapi secara umum belum banyak orang yang menggunakannya. Padahal, kalau melihat manfaat-manfaat yang bisa didapat, saya pikir mending langsung dicoba saja.

Semua HP Xiaomi, sejauh yang saya tahu sudah mendukung fitur ini. Dengan catatan, versi MIUI harus sudah versi 8 ke atas (wajib).

Gimana kalau HP Anda belum di versi tersebut? Sederhana saja. Silakan lakukan update melalui Setelan kalau sudah tersedia. Bisa juga melalui flashing sistem secara manual.

Semoga bermanfaat.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like