Situs Edit Foto Online

Situs Edit Foto Online

Biasanya, saat mengedit foto, kita cenderung menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu, seperti Picsart (di Android), atau Adobe Photoshop (di komputer dan laptop).

Tapi, tahukah Anda? Bahwa sebenarnya, mengedit foto itu bisa dilakukan secara online melalui situs tertentu, lho.

Saya sendiri pun terkadang menggunakan situs semacam ini untuk mengedit, terutama ketika sedang malas menggunakan aplikasi edit foto yang sudah terinstal.

Ini Keuntungan Menggunakan Situs Edit Foto

Edit foto online, bisa kita lakukan melalui banyak sekali pilihan situs yang bertebaran di internet. Situs-situs tersebut memiliki beragam fitur editing, yang bahkan tidak kalah hebat dengan aplikasi ternama di Android maupun komputer.

Saya pribadi sangat terbantu dengan kehadiran situs-situs ini, dan segala fitur yang ada di dalamnya. Tidak sedikit gambar banner yang ada di situs ini, saya buat menggunakan situs editing secara online.

Beberapa fitur pengeditan yang biasa ditawarkan oleh situs editing di antaranya:

  • Menambahkan teks, hingga mengatur font-nya.
  • Memberi bingkai.
  • Mengatur transparency.
  • Mengubah saturasi, kontras, dan pencahayaan gambar.
  • Serta berbagai fitur lainnya.

Selain banyaknya fitur yang ditawarkan, menggunakan situs edit foto juga relatif lebih ringan digunakan ketimbang menggunakan aplikasi terinstal. Sebab, kita hanya mengaksesnya melalui browser.

Daftar Rekomendasi Situs Edit Foto Online yang Wajib Dicoba

Di sini, ada beberapa situs edit foto yang sering saya pakai dan ingin saya rekomendasikan.

Namun sebelumnya, yang terpenting pastikan browser yang Anda gunakan sudah ada di versi yang paling update dan flash-nya dalam kondisi aktif, ya. Kalau menggunakan Adblock, disarankan untuk dimatikan terlebih dahulu.

Karena bisa berpengaruh terhadap fungsi dari fitur-fitur editing yang menjadi tidak aktif atau eror.

Nah, apa saja situsnya? Ayo kita bahas di bawah ini:

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto Secara Online – Berhasil!

1. Befunky

Befunky

Befunky adalah salah satu situs untuk edit foto online terbaik yang saya rekomendasikan di sini.

Situs ini menyediakan berbagai macam fitur photo editing yang bisa dibilang cukup lengkap, bahkan tidak kalah lengkap dengan aplikasi-aplikasi edit foto yang ada di smartphone Android.

Contohnya seperti setting adjust, cropping, mengubah resolusi, mengganti setting opacity, blur, memberi frame, menambah efek, menambahkan teks, dan masih banyak lagi.

Selain fiturnya yang lengkap, user interface (UI) dari Befunky ini juga sangat nyaman dan mudah digunakan, lho.

Nah, kalau saya pribadi, biasanya menggunakan Befunky untuk memberi teks pada gambar banner yang ingin saya upload ke situs ini. Karena selain simpel, hasilnya juga relatif bagus.

Untuk Anda yang tertarik, silakan kunjungi situsnya di: Befunky.com

2. Fotor

edit foto

Fotor adalah situs edit foto selanjutnya yang saya rekomendasikan di sini. Situs photo editing ini punya fitur yang bisa dibilang sama lengkapnya dengan Befunky.

Fotor, menyediakan beragam macam fitur edit foto, seperti memberi teks pada foto, memberi efek-efek khusus pada foto, memotong foto, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau Anda sedang mencari situs edit foto online untuk mempercantik foto selfie, foto keluarga, atau bahkan foto pemandangan yang Anda punya, saya merekomendasikan situs ini.

Alasannya, karena kustomisasi efek di situs ini sangat mudah. Anda tinggal mengatur slider di bagian kiri situs untuk mengubah detail efek yang akan di aplikasikan ke dalam foto.

Untuk lebih jelasnya, mending langsung coba cek saja situsnya: Fotor.com.

3. Canva

canva

Kalau ditanya apa situs edit foto online yang paling populer, maka Canva adalah salah satu yang paling populer.

Canva memiliki beragam fitur edit foto yang sangat lengkap, dengan penggunaan dan penataan letak yang sederhana, sehingga yang bukan seorang ahli di bidang editing pun bisa mempelajarinya dengan mudah.

Canva memiliki beragam fitur menarik, seperti memberi efek saturasi, blur, color, contrast, brightness yang bisa di-adjust dengan mudah, efek foto hitam putih seperti foto gaya lawas, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk Anda yang hobi fotografi, Canva juga menyediakan berbagai filter foto yang bisa Anda pakai dengan mudah.

Jika tertarik dengan situs ini, Anda bisa mengunjungi situsnya di: Canva.com/photo-editor

4.PIXLR

edit foto pixlr

Kalau bicara tentang situs edit foto online, maka saya pikir PIXLR tidak boleh dilewatkan. PIXLR merupakan salah satu situs photo editing terbaik dengan fitur yang cukup lengkap.

Mulai dari mengatur hal basic seperti saturation, brightness, & contrast, sampai menyediakan berbagai macam filter foto yang bisa digunakan untuk mempercantik foto-foto Anda.

Dari segi user interface, PIXLR ini bisa saya bilang sangat mudah dipakai, lho.

UI-nya tersebut mirip dengan aplikasi photo editing ternama seperti Adobe Photoshop atau GIMP, namun dengan tampilan yang didesain sedemikian rupa, sehingga sangat menarik untuk digunakan. ?

Oh iya, selain menawarkan foto editor, situs ini pun menawarkan fitur lain yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Pixlr express yang bisa digunakan untuk mengedit foto secara cepat.

Silakan coba sendiri di situsnya: PIXLR.com

5. piZap

Pizap edit

Situs photo editing selanjutnya yang saya rekomendasikan di sini adalah piZap. Situs ini saya rekomendasikan, karena memiliki fitur-fitur yang tak kalah lengkap dengan 4 situs photo editing sebelumnya.

piZap menyediakan beragam macam fitur seperti variasi fonts, stickers, collage layouts, borders, frames, menggabung foto online serta beragam tools editing lainnya.

Bukan itu saja, buat Anda yang seorang pengguna sosial media, atau bahkan Youtuber, piZap juga menyediakan image editing untuk cover profil, yang cocok digunakan untuk pemula sekalipun.

Nah, agak berbeda dengan situs edit foto sebelumnya, piZap ini juga menyediakan tools editor foto berbasic HTML5 yang membuatnya sangat cocok untuk berbagai macam perangkat.

Penasaran? Go Try it: piZap.com

6. LunaPic

lunapic

Selain 5 situs foto editor di atas, adakah dari Anda yang mungkin pernah dengar atau familiar dengan situs LunaPic?

Iya, LunaPic adalah salah satu pemain lama di bidang foto editor, sekaligus menjadi situs yang saya rekomendasikan selanjutnya.

Saya tidak tahu pasti situs LunaPic ini didirikan tahun berapa, tapi umur domain dari situs ini sudah aktif terhitung sejak tahun 2005 silam, yang artinya sudah berdiri cukup lama.

LunaPic menyediakan beragam fitur untuk menunjang kebutuhan edit foto. Mulai dari fitur adjustment dasar, fitur filter, sampai animasi yang bisa ditambahkan ke dalam foto.

Bahkan, fitur-fitur ini akan terus ditambah seiring update situs, lho.

Untuk UI dari LunaPic, situs ini masih menggunakan gaya lama. Jadi sangat cocok untuk Anda yang sudah lama aktif di dunia komputer. UI-nya kurang lebih mirip GIMP.

Kalau penasaran, Anda bisa mencobanya dengan mengunjungi: LunaPic.com

7. FotoJet

fotojet

Dan situs edit foto online terkeren rekomendasi saya terakhir adalah, FotoJet.

FotoJet, situs ini sangat saya rekomendasikan buat pemula yang ingin mengedit foto, juga dengan menawarkan user interface yang nyaman dilihat. FotoJet memiliki UI ala situs modern, dengan material design yang cantik dan memanjakan mata.

Karena FotoJet ini termasuk salah satu situs photo editor populer, fitur-fitur yang ditawarkan juga tentunya cukup lengkap, dong.

Situs ini menyediakan fitur seperti photo enchance, cropping, resizes, berbagai macam efek, dan masih banyak lagi.

Bukan saya saja yang merekomendasikan situs ini, lho. Berbagai situs media online juga pernah merekomendasikan FotoJet sebagai salah satu situs photo editing terbaik yang wajib dicoba.

Tertarik dengan situs ini? Silakan akses di FotoJet.com

Penutup

Nah, demikianlah artikel tentang 7 situs edit foto online terbaik yang bisa saya rekomendasikan untuk Anda.

Oh ya, supaya tidak salah paham, situs-situs di atas tidak saya urutkan berdasarkan yang terbaik, ya. Jadi, bukan berarti makin ke atas makin bagus. Sebab, ini pastinya tergantung dengan selera masing-masing dan kenyamanan dalam menggunakannya nanti.

Selain ketujuh situs di atas, tentunya masih ada banyak situs edit foto lainnya yang belum sempat saya bahas di sini.

Jika dibahas semuanya, entah kapan artikel ini selesai dibuat. Karena memang ada banyak sekali jumlahnya, mungkin puluhan, atau ratusan website semacam ini. Bisa dibayangkan bukan jika harus dibahas semuanya?

Baca juga: Cara Membuat Background Tulisan Dengan Photoshop

Mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini, ya. Sudah cukup panjang, nih, artikelnya. Jika Anda punya rekomendasi situs lain versi Anda, silakan lengkapi melalui kolom komentar di bawah, ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like