(+Gambar) Cara Mengatasi ERROR 7 Di TWRP / CWM | Berhasil!

ERROR 7 TWRP – Bagi sebagian orang, menginstall Custom ROM di HP adalah hal yang wajib dilakukan. Terutama bagi yang menginginkan performa lebih, atau ingin sistemnya lebih halus (Smooth).

Untuk menginstall Custom ROM sendiri rata-rata ada dua syarat yang perlu dipenuhi. Pertama HP sudah dalam keadaan root, dan yang kedua HP sudah terinstall Custom Recovery (Biasanya CWM dan TWRP).

Normalnya, setelah TWRP atau CWM terpasang, kita tinggal mencari dan melakukan flashing file zip melalui recovery tersebut. Namun, kadang ada juga masalah tertentu, seperti muncul pesan kode Updater Process Ended With Error : 7.

Kode Error 7 TWRP

Hal ini kebetulan baru saja saya temui beberapa waktu lalu. HP saya rusak, dan posisinya berada di Custom ROM. Nah, karena sudah lama nggak ganti ROM, saya coba deh ganti versinya.

ROM pertama normal saat proses flashnya, tapi yang kedua, justru muncul pesan ERROR 7 tersebut.

Nah, disini agak bingung. Lalu saya coba ganti ROM lain, total sekitar 6 ROM saya coba, hasilnya sama saja (Hanya ROM pertama yang berhasil).

Setelah Googling, di forum XDA Developer ternyata ada solusi untuk mengatasinya. Yang sudah saya coba dan 100% work.

Cara Memperbaiki HP Mati Total Baterai Tanam – Yuk Ketahui

Bahan Yang Dibutuhkan

Sebenarnya kita bisa menggunakan HP, namun saya lebih menyarankan untuk pakai PC atau Laptop (Supaya lebih mudah).

Ada dua software yang dibutuhkan untuk mengatasi kode Error 7 ini. Pertama Winrar dan yang kedua Notepad++.

Kedua software tersebut bisa didapatkan secara gratis melalui situs resminya :

Terakhir, tentu saja siapkan juga ROM yang terdapat errornya. Taruh kedalam satu folder. Kalau sudah, berikut langkah-langkahnya : 

Cara Mengatasi Kode ERROR 7 Di TWRP / CWM Recovery Saat Install Custom ROM

Langkah 1 : Pertama, silakan klik kanan pada Custom ROM yang diinginkan > Kemudian klik Extract Here (Winrar harus sudah terinstall).

Extract File ROM

Langkah 2 : Selesai Extract, masuk ke Folder META-INF > com > google > android. Disana terdapat dua file bernama update-binary dan update-script.

Folder Updater

Langkah 3 : Klik kanan updater-script > Lalu pilih Edit With Notepad++ (Pastikan Notepad++ sudah terinstall).

Edit Dengan Notepad

Langkah 4 : Selanjutnya silakan hapus kode assert(getprop(“ro.product.device” sampai kode tanda ; pertama. Jadi kode selanjutnya adalah ui_print.

Hapus Kode
Bagian Kode Yang Harus Dihapus
Kode Terhapus
Contoh Kode Sudah Terhapus

Langkah 5 : Klik Ctrl + S untuk menyimpan. Atau bisa juga klik File > Save.

Simpan Notepad

Langkah 6 : Kembali ke folder utama ROM. Select semua file ROM yang ada (Jelasnya lihat gambar dibawah).

Seleksi ROM
Pada step ini saya sudah memisahkan file ROM dengan file-file lain sebelumnya

Langkah 7 : Klik kanan > kemudian klik Add To Archive.

Buat Arsip Baru

Langkah 8 : Untuk Archive name silakan sesuaikan. Archive format pilih ZIP dan untuk Compression Method pilih Store. Kalau sudah klik OK.

Setting Winrar

Langkah 9 : Kalau proses Compress sudah selesai, buka file ROMnya. Pastikan sudah terpasang dengan benar.

Contoh ROM Sudah Dikompress
Contoh ROM Yang Sudah Dikompress Dengan Benar

Langkah selanjutnya, silakan salin file ROM tersebut ke kartu memori, kemudian lakukan flash ulang. Dengan begitu, kode ERROR 7 yang ditemui tadi akan hilang.

Cara diatas bisa diterapkan disemua jenis HP Android. Samsung, Lenovo, Oppo, Vivo, ASUS dan lainnya. Untuk Xiaomi, bisa diterapkan di tipe Redmi 5A, 4A, Redmi 5 plus, Redmi 4X, Redmi Note 3, Redmi Note 4 dan lainnya.

Catatan, resiko error lain yang mungkin muncul silakan ditanggung sendiri. Walau seperti yang sempat saya bilang tadi, saya sendiri sebenarnya sudah coba terapkan cara diatas, dan work 100%.

HP Kena Air? Ini Cara Mengatasi HP Ketumpahan Air

Tips Lainnya Selain Cara Diatas

Selain memakai cara diatas, ada juga tips lain yang bisa Anda coba terapkan. Yang pertama, coba update TWRPnya ke versi terbaru.

Ini bisa membantu, untuk menyesuaikan ROM. Karena kadang ada masalah kompabilitas juga antara TWRP versi lama dengan ROM keluaran baru.

Yang kedua, pastikan ROMnya sudah sesuai.

Seperti yang diketahui, untuk menginstall Custom ROM, sistemnya harus cocok dengan merk, tipe serta chipset yang digunakan HP.

Kalau tidak sesuai, maka bisa membuat kode error tertentu. Atau error paling parah bisa membuat HP mati total (Jangan khawatir, tinggal flash ulang saja kok).

Penutup…

Demikian tutorial tentang cara mengatasi ERROR 7 Updater Process Ended. Langkah-langkahnya saya buat sejelas mungkin agar mudah diterapkan. Karena saya yakin, masih banyak yang belum mengerti dan baru mencoba juga.

Tapi kalau ada yang kurang dipahami, silakan tanya saja dibagian mananya. Nanti biar saya bantu, atau biar saya update kembali artikelnya (Gunakan kolom komentar yang tersedia dibawah).

Semoga bermanfaat.

1 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like