√ 6 Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara (Tidak Keluar/Hilang)

Memakai aplikasi WhatsApp untuk menelepon seseorang, kini semakin sering digunakan oleh para penggunanya, lho.

Alasannya beragam. Paling sering sih itu karena lebih hemat waktu katanya. Mungkin juga yang alasannya karena soal pulsa. Entahlah, mungkin ada alasan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu tentunya.

Cara pakai fitur telepon di WhatsApp juga tergolong mudah.Wajar jika banyak penggunanya yang kesengsem dengan fitur ini.

Cukup buka saja aplikasi WhatspApp di HP, cari kontak yang akan dituju, kemudian klik logo telepon yang tampil di sana. Maka Whatsapp akan segera memanggil kontak tersebut.

Terlepas dari itu semua, beberapa saat lalu saya tidak sengaja menjumpai sebuah masalah berkaitan dengan fitur telepon WhatsApp ini.

Saya yakin, masalah ini pernah, atau bahkan mungkin sering dialami oleh para pengguna Whatsapp lainnya, yakni tidak ada suara saat menelpon.

Pastinya, masalah ini akan sangat mengganggu kita sebagai pengguna bukan?

Penyebab WhatsApp Call Suara Tidak Muncul

Nah, sebenarnya apa sih penyebabnya? Kenapa bisa ada masalah seperti ini?

Whatsapp call yang tidak bersuara, bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun sejauh yang saya tahu, paling sering itu disebabkan karena 3 hal, di antaranya:

  • Masalah mikrofon.
  • Bug pada WA.
  • Masalah sistem.

Dan jenis masalah tidak ada suara pada panggilan ini ada 2 tipenya:

  • Suara lawan bicara Anda tidak keluar.
  • Suara Anda tidak keluar.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda terapkan.

Dan di sini, saya ingin membahas tutorialnya, mengenai cara untuk mengatasi panggilan telepon via WA yang tidak keluar suara. Harapannya, semoga saja tips yang saya bagikan bisa diterapkan di HP Anda, hingga bisa normal kembali.

Langsung saja, berikut caranya:

WhatsApp Kalau Telepon Pasti Layarnya Mati Kan? Begini Cara Membuat Layar Telepon WhatsApp Tetap Nyala

Solusi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

1. Cek Speaker dan Mikrofon HP Anda

Cek Speaker Suara Panggilan WA

Apa komponen yang dipakai saat kita melakukan sebuah panggilan telepon? Tentu saja speaker dan mic.

Masalah speaker dan mic adalah 2 hal yang sering menjadi penyebab WA Anda tidak mengeluarkan suara di saat sedang melakukan panggilan telepon.

Karena fungsinya berbeda, maka masalah ini dibagi jadi 2 tipe lagi, ya:

  • Speaker: Kalau rusak di bagian speaker, kita tidak bisa mendengar obrolan dari lawan bicara, Sekalipun orang tersebut mencoba bicara dengan suara keras.
  • Mikrofon: Dan kalau rusaknya di bagian mic, suara kitanya yang tidak akan terkirim ke lawan bicara.

Cara ceknya begini:

Speaker: Coba tes speaker HP Anda dengan cara memutar musik dalam suara keras. Kalau tidak normal (misal kecil suaranya), berarti masalahnya memang di sini.

Mikrofon: Coba kirim pesan rekaman suara ke lawan bicara Anda. Kemudian minta tolong juga kepada orang tersebut, untuk mengecek suaranya muncul atau nggak (bisa via chat).

Oh iya, jangan lupa juga, minta orang tersebut untuk mengecek, apakah mikrofonnya ter-disable atau tidak, dengan cara menekan tombol mikrofon saat sedang dalam panggilan.

Microphone WA

2. Aktifkan Mikrofon Pada Izin WhatsApp

Aktifkan Izin Mic WA

Sebelumnya, apa sih maksudnya izin akses Mikrofon itu?

Jadi, WhatsApp ini butuh izin akses ke sistem terlebih dahulu, untuk mengaktifkan suatu fiturnya. Misalnya File Manager untuk memilih file, dan Mikrofon untuk merekam suara.

Akses mikrofon ini tentu saja diperlukan. Kalau nggak diaktifkan, bisa pengaruh juga ke suara telepon WhatsApp yang menjadi hilang. Makanya harus diaktifkan dulu, ya.

  1. Buka Setelan Android.
  2. Lalu buka opsi Aplikasi.
  3. Cari aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke menu Izin.
  4. Aktifkan izin Mikrofon di sana.

Selain itu, sebaiknya Anda aktifkan juga izin-izin lainnya yang kira-kira dibutuhkan. Misalnya telepon, SMS, dan lain sebagainya. Kalau sudah, tinggal dicoba dulu saja.

3. Pastikan Sinyal Bagus Dan Internet Lancar

Panggilan WA Call Tidak Keluar Suara

Kondisi sinyal yang buruk, memang bisa mempengaruhi lancar tidaknya panggilan telepon melalui WhatsApp. Sehingga, salah satu dampaknya adalah tidak keluarnya suara dalam panggilan tersebut.

Hal yang terjadi jika sinyal buruk atau koneksi internet lambat, adalah saat sedang melakukan panggilan, data jadi tidak bisa dihantarkan. Akibatnya, suara jadi putus-putus, atau bahkan hilang.

Untuk mengatasinya sih sebenarnya mudah saja, jika kondisi di daerah Anda memang mendukung. Pastikan koneksi internet Anda kencang, dan pastikan juga sinyal yang Anda dapat 4G LTE, atau minimal HSPA, deh.

Ganti provider mungkin bisa jadi solusi, jika Anda tidak keberatan. Bisa juga gunakan WiFi sebagai metode lainnya.

4. Clear Cache dan Data WhatsApp

Hapus Data WhatsApp

Beberapa waktu lalu, saat saya sedang mempelajari solusi dari masalah panggilan WA tidak ada suara ini, saya sempat menemukan opsi solusi Clear data dan Clear Cache yang diberikan situs fonepaw.com.

Dan waktu saya tes, ternyata memang cukup ampuh, sih. Suara yang hilang jadi muncul kembali.

  1. Buka Setelan.
  2. Buka menu Aplikasi.
  3. Buka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke menu Penyimpanan.
  4. Ketuk tombol Hapus Data atau Hapus Cache.

Khusus jika pilih Hapus Cache, ini nggak akan berpengaruh langsung ke WhatsApp.

Beda halnya jika Anda pilih Hapus Data, ini akan membuat WhatsApp jadi logout. Jadi, jangan lupa cadangkan data penting di WA, dan pastikan pula nomor WA masih dapat digunakan untuk verifikasi saat login ulang nanti.

5. Coba Reinstall WA Anda

Reinstall WhatsApp
Reinstall WA, wajib dilakukan jika Anda sudah mencoba 4 cara sebelumnya, namun masih belum berhasil juga.

Reinstall = Menghapus WA.

Dengan reinstall ini, biasanya bug-bug yang ada di WhatsApp bisa hilang. Termasuk suara yang tidak ada, ketika sedang berada dalam panggilan.

Untuk caranya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Setelan > Masuk ke Aplikasi.
  2. Cari aplikasi WhatsApp > Kemudian ketuk tombol Copot Pemasangan.
  3. Buka Playstore > Cari aplikasi WhatsApp > Kemudian Install kembali.

Setelah itu, buka WhatsApp dan login ulang. Kalau cara ini sudah beres dilakukan, Anda bisa langsung tes lagi panggilannya, apakah sudah normal atau nggak.

Sama seperti hapus data, reinstall juga akan menghapus data WA Anda. Jangan lupa siapkan nomor dan mencadangkan data penting lainnya, ya.

6. (Tambahan) Reset HP Anda

Reset HP

Me-reset HP akan menghilangkan bug di HP Anda. Karena seperti yang saya bilang tadi, jika suara WhatsApp tidak ada saat panggilan, salah satu penyebabnya ialah karena masalah sistem.

Cara reset-nya mungkin Anda sudah tahu ya?

Lewat Setelan > Cadangkan dan Setel Ulang > Reset Pabrik.

Reset HP juga sangat saya rekomendasikan, kalau memang Anda sudah mencoba tips-tips sebelumnya, dan masih belum berhasil juga.

Sengaja juga saya taruh di poin terakhir, karena reset HP bisa menghilangkan data-data di HP Anda. Bukan hanya WA saja, tapi menjadikan tampilan HP seperti baru lagi. Jangan lupa backup dulu file-file penting di HP Anda, ya.

Akhir Kata

Demikian, sedikit informasi tentang cara mengatasi panggilan WhatsApp yang tidak keluar suara.

Tutorial ini saya khususkan untuk solusi dari 2 masalah sekaligus, yakni suara Anda yang tidak keluar, atau suara lawan bicara Anda yang tidak keluar.

Walau terdengar sulit, saya kira masalah ini sebenarnya mudah untuk diatasi, asalkan bukan komponen mikrofon atau speaker di HP Anda yang rusak.

Karena saya sendiri, sampai sekarang selalu berhasil mengatasi masalah ini.

Itu saja, semoga bermanfaat, ya!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like