√ Cara Rekam Video Call WhatsApp (Update)

Dulu, saya sebenarnya kurang ‘ngeh’ kalau membahas tentang aplikasi chatting. Walaupun kadang pernah juga sih saya juga membahas tuturial tertentu tentang aplikasi semacam ini.

Tapi belakangan ini, saya jadi agak tertarik dengan aplikasi chatting sejenis LINE, WhatsApp, dan lain sejenisnya. Alasannya, aplikasi chat ini bisa dikatakan penggunanya universal, mulai dari kalangan muda sampai orang tua.

Hal tersebut kemudian mendorong saya untuk lebih rajin update informasi seputar aplikasi chatting, sehingga membuat saya ingin membagikannya lebih sering lagi.

Bicara soal aplikasi chatting, saat ini hampir semua aplikasi semacam ini sudah memiliki fitur panggilan yang sangat populer, yaitu fitur video call. Fitur ini memungkinkan kita bisa melakukan panggilan secara bertatap muka dengan kontak kita.

Akan tetapi, pernahkah terpikir oleh Anda, kalau fitur video call di aplikasi-aplikasi chatting ini bisa direkam?

Iya, video call melalui aplikasi chat ini sejatinya bisa kita rekam, lho.

Manfaat Merekam Video Call

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan merekam panggilan video. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk menyimpan kenangan tertentu di momen video call tersebut.
  • Untuk mengabadikan informasi penting yang mungkin didapat saat melakukan panggilan tersebut.
  • Untuk membagikan obrolan dalam panggilan dengan orang lain jika diinginkan.
  • Dan masih banyak lagi.

WhatsApp Suka Download Otomatis? Ini Solusinya

Cara Merekam Video Call WhatsApp

Pada dasarnya, rata-rata aplikasi chat seperti WhatsApp, LINE, dan sejenisnya, memang tidak memberikan fitur untuk merekam panggilan video yang sedang dilakukan.

Namun, ada aplikasi-aplikasi khusus yang mampu menunjang kebutuhan ini, sehingga kita bisa melakukan rekaman pada video call yang sedang kita lakukan, yaitu aplikasi screen recorder alias perekam layar.

Aplikasi screen recorder ini memang agak jarang dipakai sepertinya. Orang cenderung lebih suka melakukan screenshots ketimbang menggunakan aplikasi perekam layar.

Meskipun begitu, buat sebagian orang, aplikasi screen recorder ini sangalah bermanfaat.

Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk menyimpan sesuatu yang ingin direkam dan dibagikan, seperti game atau hal lainnya. Bahkan, bagi para Youtuber, aplikasi perekam video ini adalah salah satu aplikasi penting yang wajib dimiliki.

Aplikasi screen recorder ini bisa merekam segala aktivitas yang sedang berjalan di HP, tidak terkecuali video call di aplikasi chat kita.

Sayangnya, tutorial cara merekam video call di aplikasi chat ini masih sangat jarang dibahas di situs-situs Indonesia. Saya sendiri bahkan hanya menemukan 2-3 artikel saja. Untuk itulah saya ingin membagikan artikel ini.

Biar nggak berlama-lama, yuk, langsung saja kita bahas. Berikut tutorialnya:

1. Pertama, silakan download terlebih dahulu aplikasi AZ Screen Recorder. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi perekam layar Android terbaik yang telah diunduh lebih dari 10 juta orang.

screen recorder

Kelebihan dari aplikasi ini, Anda bisa merekam video call dengan bebas, tanpa watermark, tanpa khawatir akan iklan, hasil performa video maksimal, serta kualitas hasil rekaman juga lebih terjamin dengan resolusi Full HD atau QHD.

Dan… gratis pastinya.

2. Setelah aplikasinya selesai di-download, langsung saja buka aplikasinya.

3. Setelah aplikasi terbuka, Anda nanti akan menemukan notifikasi dari aplikasi ini yang muncul secara terus menerus. Jangan ditutup. Biarkan dulu.

Aplikasi perekam

4. Nah, kalau sudah, silakan buka aplikasi chatting Anda, bisa WhatsApp, LINE, atau lainnya, kemudian coba buat panggilan video dengan teman Anda.

5. Kalau panggilan sudah tersambung, buka notifikasi dari aplikasi perekam tadi, lalu klik icon record.

Rekam video call WA

Nah, sekarang video call Anda sudah terekam oleh aplikasi AZ Screen Recorder. Untuk menghentikannya, cukup buka bar notifikasi, kemudian klik Stop yang tersedia.

Dengan demikian, hasil rekaman video call yang Anda lakukan sudah tersimpan di HP Android Anda.

Mengirim Video WhatsApp Durasi Panjang Dengan Mudah. Yuk, Dicoba!

Kesimpulan

Dari langkah-langkah tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa merekam panggilan video pada aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, atau aplikasi chat sejenisnya, adalah hal yang sangat mudah dilakukan.

Yang terpenting, Anda hanya harus memiliki aplikasi screen recorder yang berfungsi sebagai perekam layar dan suara sistem.

Tapi, perlu diketahui juga, AZ Screen Recorder, kadang tidak kompatibel dengan beberapa versi Android.

Untuk itu, selain AZ Screen Recorder, Anda juga bisa memakai aplikasi perekam layar lainnya. Pastikan saja fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi perekam tersebut cocok untuk Anda.

Contohnya, kalau suara Anda ingin terdengar saat merekam video call, carilah aplikasi dengan fitur mic yang aktif saat perekaman. Pastikan juga aplikasi perekam tersebut memiliki kualitas tinggi pada hasil video rekamnya.

Ga mau kan, hasil video yang udah cape-cape direkam, ternyata malah pecah-pecah?

FYI, beberapa HP Android, terutama yang seri high-end, biasanya punya aplikasi screen record sendiri. Aplikasi ini bisa diakses dengan cara menekan kombinasi tombol tertentu.

Anda bisa mencari kombinasinya di internet.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit informasi mengenai bagaimana cara merekam panggilan video (video call) dari aplikasi chatting. Saya harap, informasi yang singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda yang membutuhkannya.

Jika ada pertanyaan seputar hal ini, atau mungkin Anda punya trik lain untuk merekam video call, silakan kirimkan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini, ya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like