4 Cara Mengatasi 360CE Error Tidak Bisa Dibuka (Solved)

360ce

Secara kompatibilitas, penggunaan joystick murah tentu hanya terbatas pada gamegame tertentu saja, karena tidak semua game kompatibel dengan joystick tersebut.

Lain halnya dengan Xbox controller. Mungkin hampir semua game kompatibel dengan stik ini.

Akan tetapi, karena kebanyakan orang Indonesia biasanya pakai stik murahan, maka digunakanlah aplikasi khusus sebagai perantara. Salah satunya adalah 360CE.

Aplikasi 360CE ini berfungsi untuk menyulap joystick biasa, sehingga bisa menjadi joystick dengan input Xbox controller secara virtual.

Di antara keunggulannya, aplikasi ini bersifat universal, karena bisa dipakai di hampir semua game.

Cara Mengatasi 360CE Tidak Bisa Dibuka

Baru-baru ini, saya menemukan masalah (error), di mana aplikasi 360CE ini tidak bisa dibuka. Error tersebut berupa kode-kode yang cukup panjang.

Sayangnya, setelah searching ke sana ke mari, saya tak kunjung juga menemukan solusinya. Hampir belum ada situs yang membahas tentang masalah ini.

Namun, beberapa waktu kemudian, saya menemukan forum luar yang membahas masalah ini. Ada salah satu membernya yang memberikan beberapa tips, dan tips tersebut langsung saya praktekkan.

Apa hasilnya? Ternyata berhasil, lho!

Nah, oleh karena itu, di sini saya ingin membagikan tips tersebut, yakni tentang cara mengatasi 360CE yang tidak bisa dibuka. Langsung saja, ini dia bahasannya:

#1. Download Ulang 360CE dari Situs Resminya

Saat ini, sudah banyak orang yang meng-upload ulang 360CE.

Memang sih, sumber asalnya original. Tapi saya sendiri lebih menyarankan Anda untuk mengunduhnya langsung dari situs resminya. Ini bisa mengurangi resiko error, serta bisa pula memperbaiki error yang Anda alami.

Ada beberapa versi 360CE yang tersedia. Mulai dari versi lama, sampai versi terbaru. Silakan gunakan versi yang terbaru, ya.

Akan tetapi, jika semisal error yang Anda alami justru ada di versi terbaru, maka Anda bisa coba pakai 360CE versi sebelumnya. Mungkin saja jadi normal.

#2. Menginstal Requirements Files 360CE

Salah satu penyebab error dari 360CE yang paling sering terjadi adalah, karena banyak user yang tidak memenuhi system requirements dari aplikasi tersebut.

System requirements untuk aplikasi 360CE ini sebenarnya hanya didominasi oleh file-file sistem yang harus diinstal.

Apa saja? Berikut list-nya:

req 360ce
System Requirements di atas saya ambil dari Gifthub.
  1. Sistem operasi yang didukung: Windows Vista atau Windows dengan versi yang lebih baru. Artinya, Windows XP ke bawah tidak disarankan.
  2. Microsoft .NET. Kalau saya pribadi pakai yang versi terbaru.
  3. Microsoft DirectX. Di software ini terdapat banyak file DLL penting.
  4. Microsoft Visual C++ versi 2013. Saran saya pribadi, install dari versi lama sampai versi terbaru. Install juga kedua tipenya (X86 dan X64).
  5. Kalau Anda pakai Windows 10 dari upgrade, silakan uninstall dan reinstall kembali Microsoft Visual C++ (install kedua versi).

Pastikan Anda telah memenuhi system requirements di atas, baik itu OS-nya, maupun filefile sistem yang diperlukannya.

Khususnya lagi jika Anda mendapati pesan “Exception! Error“, maka Anda bisa mengatasinya dengan menginstal .NET versi terbaru. Kalau saya sendiri sih pakai versi 4.6. Silakan cari link-nya di internet.

#3. Pastikan Pemakaian Versi 360CE Sesuai

Ada 2 versi 360CE, yaitu untuk versi game 32bit dan versi game 64bit.

Nah, jika Anda menggunakan versi 360CE yang salah, biasanya akan muncul pesan error. Salah satunya seperti berikut ini:

Failed to load ‘xinput1_3.dll’ System.Component.Model.Win32Exception (0x80004005): %1 (then in my language:)not Win32 application

Ingat! Bukan sistemnya, melainkan game-nya. Untuk error System.Component dan seterusnya, bisa diatasi dengan menginstal Visual Credist (baca nomor 2).

4. Install SP1 (Khusus Windows 7)

Sekali lagi, kebanyakan penyebab error di 360CE itu disebabkan oleh sistem yang tidak memiliki filefile yang dibutuhkan.

Khusus untuk Windows 7, jangan lupa untuk menginstal Service Pack (jika belum).

Jika sudah, install Service Pack tersebut, lakukan uninstall, serta reinstall Microsoft .NET. Jika tersedia pembaruan, silakan update saja sekalian ke versi terbaru.

Ada juga yang menyarankan untuk menginstal ulang OS-nya sekalian dengan SP1-nya. Tapi ini opsional, karena repot lagi soalnya.

Akhir Kata

Nah, demikianlah cara mengatasi error dari 360CE.

Error-error tersebut saya rangkum dari pengalaman pribadi saya. Karena saya memang sering sekali memakai aplikasi ini, terutama untuk game-game multiplayer yang notabene biasanya membutuhkan joystick.

Ngomong-ngomong, untuk cara setting lebih lanjut seputar joystick, Anda bisa membacanya di artikel “Cara Bermain Semua Game PC dengan Joystick“.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like