Mengenal Apa itu GUI

Penjelasan Apa itu GUI

Kalau bicara soal komputer, terdapat beberapa istilah yang biasa muncul. Salah satunya adalah GUI.

GUI ini tidak banyak diketahui secara umum, tapi di komputer punya peran yang sangat penting. Utamanya pada tampilan komputer itu sendiri.

Nah, di sini saya ingin sedikit membahas apa sih itu GUI dan apa saja bagiannya. Berikut pembahasannya.

Mengenal Apa itu GUI

GUI (Graphical User Interface), kalau dijelaskan secara singkat adalah tampilan antarmuka grafis komputer, yang berfungsi agar pengguna bisa berinteraksi dengan tampilan tersebut.

Pada GUI terdapat berbagai macam elemen. Seperti taskbar, icon, widget dan lain-lain tergantung dari sistem operasinya.

Hingga sekarang GUI sendiri terus dikembangkan. Terutama dari segi tampilan dan UX (User experience) agar nyaman dilihat dan dipakai.

Sejarah Awal Adanya GUI di Sistem Operasi

Awalnya, saat baru pertama kali dikembangkan, komputer memakai teknologi CLI (Command Line Interface), bentuknya kurang lebih seperti CMD.

Ketika kita ingin memakai komputer, maka kita harus mengetikkan kode perintah untuk melakukan hal tertentu.

Saat itu, komputer masih kurang diminati oleh umum, karena pemakaiannya yang sulit + pengguna harus memahami sedikit bahasa program.

Barulah pada tahun 1980, GUI mulai diperkenalkan oleh Dough Englebart ke public.

Dan beberapa waktu setelahnya, sebagian besar pengembang sistem mulai mengganti teknologi CLI ke GUI dengan tujuan agar tampilannya lebih mudah dipahami.

Contoh Komponen GUI

Setiap sistem memiliki komponen yang berbeda-beda, tergantung perangkatnya seperti apa dan tujuan pemakaiannya seperti apa. Contoh OS yang mengusung GUI seperti:

  • Windows
  • MacOS
  • Chrome OS
  • Android
  • Apple System 7
  • Linux Ubuntu dan versi lainnya

Selanjutnya di sini saya ingin bahas juga komponen-komponennya, di dua OS yang paling banyak dipakai. Yaitu Windows dan Android.

Microsoft Windows

Contoh Gui di Windows

GUI di Windows punya komponen yang cukup beragam. Untuk ini kita bahas tampilan desktopnya saja.

1. Taskbar

Taskbar adalah komponen GUI yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan shortcut software, widget dan masih banyak lagi.

Letak taskbar bawaannya ada di bagian bawah Windows. Selain itu, kalau Anda melakukan klik kanan pada taskbar, maka akan muncul menu lain.

2. Icon

Icon di Windows berfungsi sebagai shortcut software. Yaitu untuk pemintas agar kita bisa membuka suatu aplikasi dengan cepat (cek juga: cara membuat shortcut di Windows).

3. Widget

Widget pada GUI Windows, berfungsi untuk memperkaya fitur sistem. Misalnya untuk melihat tampilan cuaca, penggunaan CPU, dan masih banyak lagi.

4. Notification

Sesuai namanya, komponen ini berfungsi untuk menampilkan notifikasi yang ada di sistem operasi. Misalnya notifikasi update, WiFi terhubung dan lain-lain.

Untuk letaknya, biasanya komponen notifikasi ada di bagian taskbar sebelah kanan.

Cek penjelasan tambahan, apa itu desktop

Android

Contoh GUI Android

Android sama seperti Windows, merupakan sistem yang mengusung GUI. Bedanya, Android lebih dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh. Berikut contoh komponennya:

1. Menu Bar

Pertama ada Menu Bar. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan fitur-fitur yang ada di Android. Misalnya fitur untuk mengaktifkan koneksi, menghidupkan Flight Mode dan lain-lain.

2. Icon

GUI Android juga memiliki icon. Fungsinya sama seperti icon di GUI Windows, yaitu sebagai shortcut aplikasi yang terpasang di HP.

3. Notifikasi

Komponen notifikasi di GUI Android berfungsi untuk menyampaikan informasi dari aplikasi yang terpasang. Untuk letaknya biasanya notifikasi ini ada di bagian Menu Bar.

Kelebihan Adanya GUI

Dari pembahasan di atas, bisa disimpulkan kalau dengan adanya GUI, pengguna bisa lebih mudah mengoperasikan sebuah OS. Nah, berikut beberapa kelebihan lain dengan adanya GUI.

  • Membuat tampilan user interface jadi lebih menarik
  • Struktur navigasi tampilan OS jadi jelas dan mudah dipahami
  • OS bisa dipakai untuk umum
  • Membuat sistem operasi memiliki banyak fitur yang bisa dipakai dengan mudah

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai GUI. Mulai penjelasannya, contoh komponen serta kelebihan dari adanya GUI.

Kalau sekiranya ada yang kurang dipahami dari pembahasan di atas, silakan tanya saja ke saya bagian dari yang kurang dipahami tersebut. Bisa tulis ke komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like