Apa itu Snapchat

Penjelasan Aplikasi Snapchat

Sosial media sekarang ada cukup banyak. Di Indonesia sendiri sekarang ada beberapa yang populer. Mulai dari semua kalangan, hingga kalangan tertentu.

Salah satu sosial media tersebut ialah Snapchat, yang sekarang aplikasinya mudah ditemui di HP Android maupun iPhone.

Nah, penasaran apa itu Snapchat? Silahkan cek penjelasan Snapchat dan fitur-fiturnya berikut ini.

Apa Itu Snapchat?

Mengenal Snapchat

Buat yang belum tahu, Snapchat adalah aplikasi sosial media, dimana para pemakainya bisa saling mengirimkan media, dalam bentuk foto dan video.

Snapchat berasal dari kata snap “tangkapan” dan chat “obrolan” yang kalau digabungkan menjadi berarti obrolan yang isinya tangkapan foto atau video.

Kemudian bukan hanya bisa berbagi obrolan foto atau video, Anda juga masih bisa mengirimkan pesan teks seperti biasa. Termasuk juga berbagi sticker dan melakukan panggilan ke orang lain.

Salah satu yang membedakan Snapchat dengan sosial media biasa, adalah semua media yang dikirimkan akan terhapus secara otomatis dari sistem.

Snapchat dirilis pada September 2011. Dan hingga kini sudah memiliki ratusan juta pengguna aktif setiap hari.

Fitur-Fitur Snapchat

Fitur Snapchat

Apa saja fitur-fitur yang ada di Snapchat, sampai bisa populer dan punya ratusan juga pengguna aktif dalam satu harinya? Nah, berikut di antaranya:

1. Filter Dengan Augmented Reality (AR)

Salah satu fitur unik dari Snapchat, yaitu sudah mendukung Augmented Reality (AR).

Fitur ini berbentuk filter, dan nanti bisa dipakai untuk berbagai macam hal. Misalnya menambahkan efek di objek tertentu, memunculkan suatu benda tertentu, hingga mengubah bentuk suatu objek.

Setiap tahunnya fitur AR selalu dikembangkan. Sehingga dari waktu ke waktu terus muncul fungsi menarik lainnya dari AR ini.

2. Lens Learning

Selain sudah mendukung AR, aplikasi Snapchat juga sudah dilengkapi machine learning berbasis AI. Fitur ini namanya Lens Learning.

Dengan AI ini Snapchat bisa mendeteksi lebih dari 1000 objek. Mulai dari benda, lagu sampai tanaman. Selain itu, sekarang Lens Learning juga sudah mendukung bahasa Indonesia.

3. Buat Bitmoji Sendiri

Bitmoji ini adalah semacam emoticon yang bisa dipakai di avatar profil Snapchat. Selain itu bisa dipakai juga sebagai stiker di Snapchat.

Bitmoji kalau ingin yang original, kita harus mendesainnya sendiri. Nah, Snapchat memungkinkan hal tersebut.

Cara kerjanya simpel, pertama Snapchat akan mendeteksi wajah Anda terlebih dulu. Kemudian nanti Anda sesuaikan bentuk wajah, pakaian, dan aksesoris pada bitmoji yang sudah jadi. Nanti hasilnya bisa disimpan di HP.

4. Cameo Stickers

Cameo Stickers adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda bisa membuat stiker dengan memakai wajah sendiri.

Bukan satu atau dua, Anda memungkinkan bisa membuat banyak Cameo Stickers di Snapchat. Nah, stiker tersebut nantinya bisa dikirimkan ke teman melalui obrolan.

5. Bermain Game

Mirip seperti Telegram, dimana Anda bisa bermain game di Telegram, di Snapchat juga sama. Bahkan Anda bisa juga mengajak orang lain bermain bersama.

Pilihan game yang ada di aplikasi ini bervariasi. Mulai dari mini-games, puzzle dan game-game lainnya.

Kelebihan Snapchat

Snapchat punya beragam kelebihan. Dari fitur-fitur di atas sebenarnya sudah bisa disimpulkan sebagiannya. Berikut di antaranya:

  • Punya fitur Augmented Reality dan Machine Learning yang jarang ditemui
  • Punya fitur avatar
  • Bisa membuat stiker sendiri untuk mengobrol dengan orang lain
  • Bisa bermain game, bisa juga mengajak teman bermain game

Akhir Kata

Penjelasan Snapchat di sini hanya sebagian saja. Masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian supaya lebih mudah paham tentang fiturnya, lebih baik Anda coba install saja Snapchatnya.

Nah, kalau ada pertanyaan seputar Snapchat, Anda bisa kirimkan pertanyaannya melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Sharing Printer di Windows
Baca Yuk!

Cara Sharing Printer

Kalau Anda bekerja di perkantoran, mungkin sudah tidak asing lagi mengenai sharing printer. Tujuannya sih supaya beberapa karyawan…