√ Cara Mengatasi Aplikasi Muncul & Terbuka Sendiri di Android

Aplikasi Terbuka Sendiri

Ketika menggunakan HP, membuka browser, kemudian buka media sosial misalnya.

Awalnya sih lancar-lancar saja. Tapi beberapa menit kemudian, kok malah muncul aplikasi yang bahkan sebelumnya tidak kita buka?

Ini adalah masalah yang banyak dialami para pengguna HP Android, di mana aplikasi muncul sendiri, entah itu sudah terinstal ataupun belum.

Di HP lama saya bahkan muncul beberapa kali dalam 10 menit. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas kita bukan?

Jenis aplikasinya sendiri bervariasi. Tapi, sebelumnya kita harus bedakan dulu, apakah yang terbuka benar aplikasi atau bukan?

Soalnya, ada juga masalah seperti virus pop-up yang menutup layar secara tiba-tiba (biasanya berbentuk iklan).

Penyebab Aplikasi HP Android Terbuka Sendiri

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab dari masalah aplikasi Android terbuka sendiri. Namun, yang paling sering saya jumpai adalah 3 hal berikut ini:

  • Adware: Adalah jenis virus yang berbentuk aplikasi. Adware ini kadang bisa terbuka sendiri dalam bentuk yang terlihat seperti aplikasi.
  • Salah Satu Aplikasi Terinstal: Walau Anda tidak membukanya, bisa jadi salah satu aplikasi yang terinstal di HP Anda memang sedang berjalan tanpa disadari. Ini kadang bisa menyebabkannya terbuka sendiri secara tiba-tiba.
  • Aplikasi Sistem: Aplikasi sistem yang sudah ada sejak pertama kali HP Android dipakai. Beberapa di antaranya kadang ada yang suka muncul tiba-tiba.

Semua penyebab tersebut, masih berhubungan dengan sistem intinya. Jadi, nggak perlu khawatir soal “biaya ganti” komponen, karena tidak ada kerusakan dari segi hardware.

Cara Mengatasi Aplikasi Muncul Sendiri di HP Android

Untuk cara mengatasinya sendiri nggak begitu sulit, kok. Kita hanya perlu melakukan sedikit optimalisasi sistem, supaya HP bisa normal lagi.

Nah, di sini saya akan membahas solusi mengatasi aplikasi yang muncul sendiri secara umum, untuk semua jenis aplikasi.

Baca Juga Fungsi Pembaruan Perangkat Lunak.

1. Periksa Aplikasi Terinstal

Periksa Aplikasi Android Terinstall

Apakah Anda pernah menginstal suatu aplikasi? Atau mungkin pernah memasang banyak aplikasi sekaligus, yang kemudian tidak pernah dipakai dan lupa dihapus?

Ini perlu diperhatikan lagi. Kadang bisa saja salah satu aplikasi tersebut berjalan tanpa diketahui, dan tiba-tiba tampil di layar.

Untuk cara mengeceknya seperti ini:

  1. Buka dulu Setting HP Android Anda. Bisa melalui menu di Panel Status Bar > Ketuk icon gear.
  2. Setelah masuk ke pengaturan HP, geser ke bawah, untuk mencari opsi Aplikasi atau Apps.
  3. Selanjutnya, cari aplikasi-aplikasi yang pernah Anda instal sebelumnya.
  4. Ketuk aplikasi yang diinginkan.
  5. Kemudian ketuk lagi tombol Hapus Aplikasi.

Bingung harus pilih aplikasi yang mana? Coba pergi ke:

Setelan > Memori > Aplikasi.

Di sana nanti akan terlihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Biasanya ada lebih dari satu. Cari saja yang paling jarang dipakai.

Sayangnya, menu untuk melihat penggunaan memori aplikasi yang berjalan, tidak tersedia di semua HP Android. Solusi lainnya, Anda bisa coba gunakan aplikasi tambahan pengecek memori sistem (cari di Playstore).

2. Unroot HP Android

Unroot HP Aplikasi tiba-tiba terbuka dan muncul

Ketika HP di-root, jangan heran kalau akan ada banyak aplikasi -yang bahkan tidak Anda kenal- tiba-tiba berjalan sendiri.

Saya sendiri sering mengalaminya. Awalnya, saya hanya menginstal satu atau dua aplikasi saja. Namun beberapa waktu setelahnya, tiba-tiba ada aplikasi lain terinstal sendiri.

Lalu, bagaimana cara melakukan unroot-nya?

Kalau ini sih beda-beda. Jadi, saya yang harus bertanya lebih dulu kepada Anda.

Sebelumnya, HP Anda di-root dengan cara apa? Kalau pakai aplikasi, biasanya di aplikasi tersebut tersedia juga metode untuk unroot.

Wajib Tahu! Begini Cara Menghilangkan Safe Mode Android.

3. Reset HP Anda

Reset Android

Apakah masalah ini sudah pernah muncul sewaktu HP baru dibeli? Atau baru dialami akhir-akhir ini saja?

Nah, kalau baru muncul baru-baru ini, dan cara sebelumnya masih belum berhasil juga, coba deh reset-nya HP saja.

Pastinya Anda sudah tahu dong, dengan metode reset ini, maka HP akan kembali lagi ke kondisi pabrikan. Secara otomatis, semua aplikasi akan hilang, termasuk pula dengan eror-eror yang ada di dalamnya.

Cara reset-nya:

  1. Masuk ke Setelan HP Android.
  2. Buka menu Cadangkan dan Setel Ulang (Ada di bagian bawah biasanya).
  3. Cari opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Ketuk Reset untuk konfirmasi, lalu tunggu prosesnya sampai selesai.

Jangan lupa cadangkan data penting dulu sebelumnya.

4. Instal ROM Lain

Flash Ulang HP

Kalau belum tahu apa itu ROM, istilah ROM ini salah satunya adalah sebutan lain dari sistem HP Android.

Karena penyebab aplikasi terbuka tiba-tiba ini mayoritas berasal dari sistem, maka opsi instal ROM bisa dibilang adalah cara paling efektif.

Apalagi kalau Anda sebelumnya sudah melakukan reset, tapi masih belum berhasil juga.

Caranya gimana?

Untuk metodenya ada dua, yakni dengan cara flash ulang HP, atau melalui Recovery. Sayangnya, untuk yang masih awam mungkin agak sulit. Jadi, saran saya coba minta ke orang yang lebih ahli saja.

Penutup

Aplikasi yang muncul sendiri memang kadang bikin bingung. Bagaimana tidak? Sudah dicek berkali-kali masih belum juga bisa. Alhasil, tidak sedikit orang yang menyerah.

Dengan artikel ini, semoga Anda bisa dapat gambaran bagaimana cara mengatasi aplikasi yang terbuka tiba-tiba di HP Android. Supaya nanti metode perbaikannya bisa jadi lebih mudah.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like