Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi

Headset Bluetooth merupakan perangkat yang cukup digemari oleh beberapa kalangan. Bentuknya yang tanpa kabel, membuatnya lebih praktis dan tidak perlu khawatir rusak karena putus.

Namun, namanya barang elektronik, tentu saja bisa rusak.

Untuk headset Bluetooth sendiri, ada beberapa masalah yang mungkin terjadi, seperti tidak terdeteksi, putus-putus (delay), tidak bersuara, tidak menyala, atau bahkan mati total.

Pernah ketika saya sedang bersepeda dengan menggunakan perangkat ini, ada masalah yang saya alami.

Awalnya normal saja. Tapi lama kelamaan, suaranya mulai kresek, terputus, dan akhhirnya hilang. Sewaktu dicek, ternyata pairing ke HP sudah tidak terhubung lagi.

Biar lebih jelas, langsung kita bahas saja, yuk.

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Eror, Tidak Terdeteksi, Tidak Bersuara, Putus-Putus/Delay

Berikut ini, Leskompi.com akan sedikit berbagi mengenai solusinya. Barangkali bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi HP yang Tidak Keluar Suara

1. Sambung Ulang Pairing Antara HP dan Headset

Untuk menggunakan headset Bluetooth, kita tinggal menyalakan Bluetooth, kemudian menyambungkan koneksinya ke HP. Ini dikenal dengan sebutan pairing.

Normalnya, setelah terkoneksi, maka headset akan bisa langsung dipakai.

Namun, terkadang masalah sambungan juga bisa terjadi, dan membuatnya tiba-tiba tidak terdeteksi, seperti yang saya alami dulu.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya nggak begitu sulit, kok. Coba hapus perangkat Bluetooth dari daftar pairing HP, kemudian sambungkan lagi. Biasanya berhasil.

Baca juga: Speaker HP Terkena Air? Jangan Panik! Ini Solusinya

2. Reset Headset

Banyak yang belum tahu. Sebenarnya, kalau headset Bluetooth eror, kita bisa me-reset-nya supaya bisa dinormalkan kembali.

Nah, untuk caranya sendiri seperti ini:

  1. Pertama, silakan cas headset sampai baterainya penuh.
  2. Lepas charger-nya, kemudian tekan dan tahan tombol power pada headset. Tunggu sampai lampunya berkedip-kedip.
  3. Selanjutnya, ambil HP Anda. Silakan nyalakan Bluetoothnya, lalu sambungkan headset-nya. Jangan lupa untuk masukkan pin yang dibutuhkan.

Kalau belum bisa, coba cek buku panduan headset Anda. Biasanya di sana ada langkah-langkah untuk me-reset-nya.

Baca juga: Mode Headset Tidak Bisa Hilang? Suara HP Tidak Keluar? Ini Solusinya (100% Work).

3. Coba Pakai Headset-nya di HP Lain

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan apakah HP-nya yang eror, ataukah headset-nya yang eror?

Iya, caranya simpel banget.

Cukup coba gunakan headset tersebut di HP lain (apa saja). Lakukan pairing Bluetooth, kemudian tes deteksi dan suaranya.

Kalau normal, berarti HP Anda sebelumnya yang bermasalah. Tapi kalau tidak terdeteksi atau tidak keluar suara, berarti headset-nya yang rusak.

Jika masalah ada pada HP, coba cek port audionya, bisa jadi bermasalah. Atau coba juga reset sistemnya.

Sedangkan kalau masalahnya diperkirakan dari headset, coba ganti headset-nya dengan yang baru. Bisa jadi eror tersebut efek umur atau memang dari pabriknya (kalau baru beli).

Masih Belum Bisa?

Sejujurnya, tidak banyak hal yang bisa kita lakukan dalam memperbaiki headset Bluetooth yang bermasalah. Karena itulah, jika Anda sudah tahu penyebabnya, disarankan untuk langsung menerapkan solusinya.

Misalnya, melakukan reset (kalau masalahnya dari sistem), atau mengganti headset-nya langsung dengan yang baru.

Karena pembahasan di sini tidak menyangkut soal masalah teknis yang berhubungan dengan elektronika.

Well, kalau belum bisa, berikut ada beberapa tips sebagai “pengingat” yang mungkin bisa Anda cek atau terapkan kembali:

Pastikan Bluetooth Sudah Menyala dengan Benar: Kadang, masalah sepele seperti Bluetooth yang belum menyala bisa jadi penyebabnya. Coba cek pada bagian pengaturan sleep atau iddle time.

Nyalakan Fitur Discoverable Mode: Fitur ini berfungsi untuk menyambungkan HP secara otomatis, ketika ada perangkat lain mengaktifkan Bluetooth.

Perhatikan Jarak Headset: Setiap headset yang menggunakan fungsi Bluetooth, punya jarak jangkau sinyal masing-masing. Pastikan saja tidak terlalu jauh.

Restart HP: Terkadang, solusi simpel seperti restart HP bisa membantu untuk mengatasi eror headset Bluetooth. Selain HP, Anda juga bisa coba restart headset-nya. Matikan dan nyalakan kembali headset-nya.

Pastikan Baterai Headset Masih Bagus: Untuk headset yang sudah lama masa pakainya, biasanya baterainya sudah tidak bagus lagi.

Coba Jauhkan dari Router WiFi: Kalau di rumah Anda terdapat router WiFi, coba jauhkan headset dan HP dari router tersebut. Ini bisa menyebabkan pairing terganggu.

Perbarui Firmware Headset: Untuk beberapa tipe headset, mungkin mengharuskan Anda untuk menginstal ulang driver atau memperbarui firmware-nya. Coba cek situs resmi vendor headset Bluetooth Anda.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan kita kali ini seputar headset Bluetooth.

Pembahasan ini, saya tujukan untuk Anda yang barangkali sedang mengalami masalah pada headset Bluetooth, seperti tidak terdeteksi, suara putus-putus, atau mungkin tidak keluar suara sama sekali.

Bisa kita simpulkan, kalau solusinya sendiri memang tidak pasti.

Jadi, Anda mau tidak mau harus mencari tahu dulu apa penyebabnya. Jika tidak ketemu, barulah coba lakukan satu per satu dari pembahasan di atas.

Meskipun begitu, solusi-solusi yang saya bagikan di sini dirasa cukup mudah dan sederhana. Sekalipun jika Anda bukan seorang ahli di bidang elektronik, Anda masih bisa menerapkan langkah-langkahnya.

Kalau dirasa ada yang masih bingung, kurang jelas, atau punya masalah yang relatif berbeda, bisa coba kirimkan detail kondisinya menggunakan kolom komentar di bawah.

Sekian dulu, ya. Semoga bermanfaat!

3 comments
  1. Kak, kok punya aku padahal udah connect ke bt nya, tapi suaranya gaada… Padahal udah aku charge 2 jam, terus aku coba pake hp lain, terus aku coba juga manual pake kabel, tapi tetap ga nyala juga… Padahal baru beli:"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like