Arti Kuota Lokal Operator

Maksud Kuota Lokal Operator

Gadget dan internet adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa HP kita tidak bisa mengakses internet, dan sebaliknya, punya HP tanpa internet akan terasa sangat membosankan.

Apalagi mengingat kondisi saat ini, di mana hampir semua aktivitas kita di HP itu membutuhkan akses internet. Mulai dari streaming YouTube, browsing di Google, buka Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, dan lain-lain.

Untungnya, internet saat ini sudah semakin mudah didapatkan.

Pihak provider juga berbondong-bondong menawarkan paket terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga hampir setiap orang bisa mengakses internet di mana pun dan kapan pun mereka mau.

Banyaknya Variasi Paket Internet

Banyak sekali paket-paket menarik yang ditawarkan provider.

Bahkan saat ini, nggak sedikit paket kuota yang ditawarkan dengan kapasitas besar, namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Misalnya, pernah nggak sih kita terbayang dapat kuota 15GB hanya dengan harga 12 ribu saja? Ternyata suka ada paket seperti ini, lho.

Selain itu, sebagai bonusnya, ada beberapa provider yang juga memberikan tambahan kuota lokal ke dalam paket yang ditawarkan, seperti XL, Indosat, Telkomsel, Axis, Tri, dan mungkin yang lainnya.

Nah, inilah yang akan jadi topik inti dari pembahasan kita kali ini. Yup, tentang kuota lokal. Supaya nggak penasaran, yuk langsung saja kita bahas di sini.

Apa Itu Kuota Lokal? (XL, Indosat, Telkomsel, Axis, Tri)

Contoh Pengertian Kuota Lokal

Kalau dijelaskan secara sederhana, maksud kuota lokal adalah kuota yang aktif di area tertentu (biasanya kota).

Misalnya Anda membeli paket internet di Jakarta. Setelah dicek, ternyata di paket tersebut tersedia kuota lokal juga. Dengan begitu, maka kuota lokal tersebut hanya bisa digunakan di Jakarta saja.

Mudah dipahami bukan?

Nah, kuota lokal juga sama layaknya kuota lainnya, di mana kuota ini bisa kita pakai untuk keperluan internet, browsing, YouTube, sosmed, dan lain-lain.

Apa yang Terjadi Kalau Kuota Lokal Dipakai di Area Lain?

Kalau Anda punya kuota lokal, lalu Anda pergi sampai keluar dari area kuota tersebut (ke kota lain misalnya), maka kuota lokal akan secara otomatis menjadi tidak aktif dan tidak bisa dipakai.

Oleh karena itu, jika Anda berencana pergi keluar area kuota tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan paket kuota lainnya sebagai pengganti.

Apa Bedanya Kuota Lokal dengan Kuota Biasa?

Apa Maksud Kuota Lokal

Bedanya, kalau kuota biasa itu kan adalah kuota yang bisa dipakai dalam skala nasional. Jadi, mau dimana pun Anda berada, asalkan masih di area Indonesia, maka kuota jenis ini bisa Anda gunakan.

Sedangkan untuk kuota lokal, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, kuota ini hanya berlaku di area-area tertentu saja.

Kuota BiasaBisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia.
Kuota LokalHanya bisa digunakan di area tertentu saja.

Selain itu, karena sifatnya bonus, maka kuota lokal hanya bisa Anda gunakan kalau sudah membeli paket kuota biasa.

Berapa Lama Masa Aktif Kuota Lokal?

Biasanya, masa aktif kuota lokal akan mengikuti masa aktif dari paket kuota utama yang sedang aktif di kartu SIM Anda.

Misalnya, paket utama punya masa aktif 30 hari, maka kuota lokal juga akan aktif sampai tanggal tersebut.

Meski demikian, bukan tidak mungkin jika di masa yang akan datang bakal ada ketentuan yang menyediakan kuota lokal dengan masa aktif tersendiri.

Bagaimana Cara Menggunakan Kuota Lokal?

Untuk pertanyaan ini, saya rasa jawabannya tergantung dari operator, ya. Namun dari pengalaman saya, setidaknya ada 2 kondisi yang bisa terjadi:

  • Penggunaan kuota lokal akan diprioritaskan di awal sebelum penggunaan kuota utama.
  • Kuota lokal baru bisa digunakan setelah kuota utama habis.

Coba baca lebih lengkapnya di detail paket internet yang Anda beli. Biasanya di sana ada keterangan terkait hal ini.

Ketahui Juga, Cara Mengecek Kartu Sudah 4G atau Belum.

Kenapa Kuota Lokal Tidak Bisa Dipakai?

Kuota Lokal Tidak Bisa Digunakan

Ada sebagian pengguna yang bertanya-tanya, kenapa kuota lokal yang mereka miliki tidak bisa dipakai.

Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, mungkin beberapa solusi di bawah ini bisa dicoba:

  • Tes Kartu di HP Lain: Saya pernah coba cek kartu di HP yang berbeda (yang memiliki kuota lokal). Hasilnya, kuota tersebut bisa dipakai.
  • Pastikan Lokasi Sesuai: Ini sudah dijelaskan tadi. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak keluar dari area yang ditetapkan oleh kuota lokalnya.
  • Tunggu Paket Utama Habis: Ini juga sudah sempat dijelaskan. Silakan biarkan dulu kuota utama habis, setelah itu Anda mungkin baru bisa menggunakan kuota lokalnya.
  • Cek Apakah Kuota Harus 4G: Sebagian kuota lokal mungkin baru bisa digunakan pada jaringan 4G, karena termasuk syarat dan ketentuan bonusnya. Jadi, silakan atur dulu HP Anda ke 4G Only.
  • Pastikan Ketentuan Kuota Terpenuhi: Selain 4G, pastikan juga adakah ketentuan lain yang harus dipenuhi? Misalnya kuota bisa dipakai 24 jam atau tidak? Ini penting diketahui.
  • Nyalakan Mode Pesawat: Bertujuan untuk me-refresh jaringan. Aktifkan mode pesawat sebentar, tunggu beberapa saat, kemudian nonaktifkan kembali.
  • Hubungi CS Operator: Kalau belum bisa juga, disarankan untuk menghubungi langsung customer service. Jelaskan permasalahan Anda, supaya pihak operator bisa langsung membantu.

Baca Juga: Pengertian Roaming Data Operator.

Akhir Kata

Begitulah penjelasan tentang kuota lokal.

Banyak orang yang belum paham apa sebenarnya arti dari kuota ini. Padahal, pengertian dari kuota ini sederhana banget, kok.

Buat saya sendiri, kuota lokal merupakan hal yang menguntungkan. Bagaimana tidak? Selain kuota utama, kita juga masih mendapat kuota bonus. Lumayan banget kan buat dipakai browsing atau download.

Semoga bermanfaat.

2 comments
  1. Jadi misalnya saya beli perdana secara online dr Jakarta, terus saya aktifkan di Surabaya, lalu saya beli paket internet di Surabaya dan dapat bonus kuota lokal surabaya, apa bisa digunakan? Atau harus kuota lokalnya itu Jakarta dan berada di Jakarta pula untuk bisa menggunakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like