Arti Mention di Sosmed

Arti Mention di Sosmed

Dalam bahasa Indonesia, mention bisa diartikan menyebut atau memanggil seseorang. Istilah ini semakin sering dipakai semenjak adanya fitur mention di sosial media.

Bahkan mention sekarang menjadi salah satu fitur dasar, yang hampir ada di semua platform sosmed. Meski begitu, masih banyak lho yang belum tahu arti mention.

Nah, untuk itu di artikel ini akan menjelaskan mengenai arti mention serta beberapa contohnya.

Arti Mention di Sosial Media

Arti mention di sosial media, adalah menyebut atau memanggil nama pengguna lain, supaya orang yang Anda sebut bisa mendapatkan pemberitahuan di notifikasi berandanya.

Fitur mention umumnya bisa dipakai di bagian komentar, di chat grup, caption saat membuat postingan, serta menandai lewat gambar.

Untuk cara menggunakan mention, ialah Anda harus mengetik simbol “@” serta menambahkan nama pengguna di belakangnya. Misalnya @Leskompi dan sejenisnya.

Contoh Mention di Sosial Media dan Aplikasi Chat

Seperti yang sudah disebut, mention hampir ada di semua sosial media, termasuk juga aplikasi chat. Di antaranya Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan Telegram. Berikut beberapa contohnya:

1. Instagram

Contoh Mention Instagram

Mention di Instagram bisa dipakai lewat beberapa fitur, seperti komentar, instastory dan caption ketika membuat postingan.

Fungsi mention di Instagram tergantung fiturnya. Kalau di komentar, bisa Anda pakai untuk menyebut teman ketika menemukan postingan yang menarik.

Sedangkan kalau di instastory dan caption, bisa Anda pakai untuk menandakan ketika sedang bersama teman di sebuah postingan atau cerita.

Cek juga cara membuat hashtag di Instagram

2. Facebook

Contoh Mention Facebook

Facebook kurang lebih sama seperti Instagram. Di Facebook fitur mention bisa dipakai di FB Stories, komentar serta ketika ingin membuat postingan baru

Ketika Anda memakai fitur mention, maka teks mention akan berubah menjadi biru. Setelah itu orang yang Anda mention akan langsung menerima notifikasi di akun Facebooknya.

Selain itu juga fitur mention di Facebook ini juga bisa dipakai, untuk memberitahu teman ketika menemukan halaman (fanspage) yang menarik.

3. Twitter

Contoh Mention Twitter

Di Twitter, mention adalah fitur dasar. Karena mention ini akan hampir selalu ada ketika kita sedang berkomunikasi dengan pengguna Twitter lainnya.

Untuk penggunaan mention di Twitter bisa melalui fitur tweet dan komentar. Caranya kurang lebih sama dengan sosmed lain, yaitu mengetik simbol @ kemudian mengetikkan nama pengguna.

4. WhatsApp

Contoh Mention WhatsApp

Tidak hanya di sosial media, mention juga bisa Anda temukan di beberapa aplikasi chatting, seperti WhatsApp.

Di aplikasi chatting, mention dipakai untuk menyebut nama pengguna di dalam chat grup. Nantinya pengguna yang disebut akan mendapatkan notifikasi khusus dari WhatsApp.

5. Telegram

Contoh Mention Telegram

Terakhir, Anda bisa memakai fitur mention di aplikasi Telegram. Sama seperti WhatsApp, di Telegram mention hanya bisa dilakukan di grup chat.

Caranya Anda tinggal mengetik simbol @ kemudian mengisi username Telegram teman yang ingin di-mention. Selain teman, mention juga bisa dilakukan untuk memanggil bot Telegram yang kita buat.

Akhir Kata

Kesimpulannya, mention adalah fitur untuk menyebut nama seorang pengguna di sosial media. Tujuannya tidak lain, agar orang yang Anda sebut bisa mendapatkan notifikasi.

Selain aplikasi-aplikasi yang sudah saya sebut di atas, mention bisa dipakai di banyak platform lain. Seperti Line Messengers, hingga forum seperti Kaskus dan Quora.

Ada pertanyaan terkait mention di sosial media? Atau masih bingung cara mention-nya? Silakan tanya dengan mengisi kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like