Cara Buka File SWF

Cara Buka File SWF

Format file saat ini sangat beragam jenisnya. Mulai dari yang biasa kita kenal sampai yang jarang kita dengar.

Salah satunya ialah SWF. Format ini dulu sering muncul di browser, tapi sekarang semakin berkurang seiring perkembangan teknologi.

Nah, kalau Anda penasaran apa itu file SWF serta bagaimana cara membukanya, di artikel ini akan saya jelaskan lebih lanjut.

Apa itu File SWF?

File SWF (Singkatan dari Small Web File) adalah salah satu file format animasi yang dibuat dari aplikasi Adobe Flash Player. Secara umumnya file ini bisa dibuka di browser yang terpasang plugin Flash Player.

Animasi dari file SWF jenisnya sangat beragam. Mulai dari video biasa, hingga game yang bisa dimainkan.

Alasan file SWF berkurang pemakaiannya, ialah karena plugin Flash Player sudah ditutup dan tidak didukung oleh browser lagi.

Tapi Anda tetap bisa membuka file SWF menggunakan aplikasi tambahan kalau mau. Misalnya dengan SWF File Player, Flash Player dan Macromedia.

Cara Membuka File SWF

Kalau Anda ingin mencoba membuka file SWF memakai aplikasi tambahan yang saya sebut, berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya.

Khusus di sini kita pakai aplikasi SWF File Player. Salah satu alasannya karena aplikasi ini ringan dipakai dan mendukung berbagai jenis format animasi SWF.

Berikut cara membuka file SWF melalui aplikasi SWF File Player:

1. Jalankan Installer SWF File Player

Installer SWF File Player

Pertama, silakan download aplikasi SWF File Player terlebih dulu. Anda bisa mengunjungi situs resminya di swffileplayer.com

Untuk ukuran aplikasinya sekitar 500 KB. Kalau sudah di-download, silakan buka installer-nya dengan cara klik kanan, kemudian pilih opsi Run as Administrator.

2. Lakukan Instalasi SWF File Player

Mulai Pasang SWF File Player

Setelah dijalankan, lanjut silakan Anda install aplikasi SWF File Player di komputer atau laptop yang dipakai seperti biasa.

Klik Next kemudian setuju License and Agreement yang terdapat di instalasi SWF File Player. Setelah itu, klik opsi Install dan tunggu proses instalasi sampai selesai.

Prosesnya sendiri biasanya cepat, tidak sampai 5 menit.

3. Buka File SWF

Buka File SWF

Setelah instalasi selesai, nanti aplikasi SWF File Player akan terbuka secara otomatis (kalau tidak, silakan buka saja secara manual). Selanjutnya cek bagian menu atas, klik File kemudian pilih Open.

Baca Juga: Mengenal OpenGL Pada Sistem Windows

4. Pilih File SWF

Memilih File SWF

Di sini File Explorer akan muncul. Arahkan File Explorer ke tempat file SWF tersimpan. Kalau sudah ketemu, klik file SWF tersebut, kemudian pilih tombol Open.

5. Setting Pengaturan Awal Data SWF

Setting Awal File SWF

Selanjutnya aplikasi SWF File Player akan membaca file yang Anda buka. Sebelum dijalankan, Anda harus mengatur dulu beberapa pengaturan.

Di antaranya Frame Width dan Frame Height, bisa diatur sesuai keinginan (minimal 800×600 pixels). Untuk frame rate minimal 60Hz agar lancar. Kalau sudah semua, klik tombol Play.

6. File SWF Berhasil Terbuka

Contoh File SWF Berhasil Dijalankan

Selesai deh. File SWF sekarang sudah berhasil dijalankan. Anda tinggal pakai saja sesuai keinginan. Contoh di atas saya membuka file SWF berjenis game.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Unity dan Fungsinya

Akhir Kata

Untuk pengguna komputer atau laptop lama, mungkin sudah tidak asing lagi dengan file format SWF.

Nah, untuk yang ingin menjalankan file dengan format tersebut, diharapkan artikel ini bisa membantu.

Tutorial ini dibuat berdasarkan SWF File Player. Untuk aplikasi lainnya kurang lebih tidak jauh beda, hanya tampilannya saja yang perlu disesuaikan.

Kalau ada kendala tertentu, atau ada pertanyaan yang ingin ditanya, kirim saja ke kolom komentar di bawah ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Menggunakan CMD Dengan Jenius
Baca Yuk!

Cara Menggunakan CMD

CMD alias Command Prompt, merupakan sebuah aplikasi bawaan Windows yang dapat digunakan dengan beragam cara dan peruntukan. Misalnya,…