Cara Mudah Membaca Buku di GoodReads

Cara Baca Buku di GoodReads

GoodReads adalah salah satu tempat yang cocok untuk Anda kalau memang hobi membaca. Terutama kalau Anda suka mencari buku-buku yang seru atau baru dirilis.

GoodReads ini kurang lebih punya fungsi seperti perpustakaan. Anda bisa mencari buku baru rilis, punya rating tinggi atau genre tertentu dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa melihat review buku dari orang-orang yang sudah membacanya. Nah, kalau penasaran lebih lanjut berikut akan saya bahas.

Apa itu Goodreads?

GoodReads adalah sebuah aplikasi yang ditujukan untuk orang-orang yang hobi membaca buku. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menandai buku yang sudah dibaca, sedang dibaca atau ingin dibaca.

GoodReads juga kadang difungsikan untuk mencari buku-buku baru yang belum pernah Anda baca sebelumnya.

Terdapat juga deskripsi atau preview untuk sebagian buku. Nantinya, kalau terasa seru buku-buku tersebut bisa ditambah ke daftar baca di GoodReads.

Intinya GoodReads ini bukan aplikasi untuk membaca buku (seperti Wattpad yang khusus untuk novel). Meskipun demikian, GoodReads juga menyediakan beberapa buku gratis yang bisa langsung dibuka.

Cara Membaca Buku di GoodReads

GoodReads adalah aplikasi yang harus digunakan dengan koneksi internet. Di sini kita juga harus mempersiapkan akunnya terlebih dahulu.

Nah, khusus buku, kalau Anda ingin coba membaca di GoodReads, kita nanti bisa menyimpan buku tersebut dengan cara di-download untuk dibuka di mode offline.

Berikut akan saya jelaskan caranya:

1. Login Akun GoodReads

Login Akun GoodReads

Pertama, silakan Anda login akun GoodReads terlebih dahulu. Kalau belum punya akunnya, Anda bisa daftar melalui email.

Silakan klik sign-up lalu isi data yang dibutuhkan. Atau klik Continue With Google / Facebook / Apple (atau mungkin Amazon).

Nah, kalau Anda sudah punya akunnya, Anda bisa langsung saja tuliskan email dan kata sandi dari akun GoodReads yang dipakai. Setelah itu klik Sign in.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Baru Wattpad

2. Cari Buku yang Ingin Dibaca

Cari Buku yang Ingin Dibaca di GoodReads

Lanjut Anda bisa mencari buku yang ingin dibaca lewat GoodReads. Contoh di panduan ini saya ingin membaca buku yang berjudul James Potter and the Morrigan Web.

Anda bisa ketik judul buku di kolom Search Book, nanti akan muncul thumbnail buku. Silakan klik untuk membuka buku tersebut.

3. Pilih Opsi Read Book

Pilih Opsi Read Book

Di poin ini Anda akan diarahkan ke buku yang dicari tadi. Sedikit tambahan, pada bagian bawah buku, akan ada informasi.

Kalau ada menu Read Book, menandakan buku tersebut bisa Anda baca. Sedangkan kalau tidak ada, berarti buku tersebut tidak bisa dibaca.

Kalau tidak ada, Anda bisa cari buku lain.

4. Mulai Membaca Buku

Mulai Baca Buku di GoodReads

Klik tombol Read Book yang saya sebut barusan. Di sini nanti buku yang ingin Anda baca akan terbuka.

Anda bisa membaca buku tersebut sampai selesai. Nah, kalau tidak selesai, Anda juga bisa menandai halaman yang terakhir dibaca dengan menekan tombol Save Place supaya bisa dibuka lain kali.

Kalau bukunya sudah selesai dibaca, terakhir Anda bisa memberikan review. Review ini nantinya akan dijadikan informasi singkat untuk pembaca lain dari buku tersebut.

Suka membuat cerita? Cek juga cara membuat cerita di Wattpad

Akhir Kata

Sekali lagi, GoodReads ini bukan aplikasi yang didesain khusus untuk membaca buku. Meskipun memang ada sebagian buku gratis yang tersedia.

GoodReads cukup populer di luar negeri. Terutama untuk mereka yang memang hobi membaca.

Kalau ada yang bingung seputar GoodReads, silakan kirim komentar saja.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like