Cara Membuat WIFI Sendiri Di HP (Tethering) Dengan Mudah!

Buat WIFI Sendiri Di HP

Cara Membuat WIFI Di HP – WIFI merupakan jaringan yang saat ini sangat banyak ditemui. Well, di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, restoran sampai sekolah misalnya.

WIFI ini adalah jenis koneksi yang biasanya dipakai oleh satu perangkat atau lebih. Untuk memasangnya sendiri kita harus menghubungi Provider. Yang tentunya akan memakan biaya.

Padahal terkadang tidak sedikit orang-orang yang membutuhkan akses WIFI. Misalnya kita memakai 2 HP dan hanya satu yang bisa mengakses internet.

Dan disini bagaimana caranya HP yang kedua tadi harus bisa tersambung juga ke internet.

Untungnya, Android disini punya fitur yang bernama Tethering.

Apa Itu Tethering?

Tethering adalah sebuah fitur Android yang berfungsi untuk membuat Hotspot Portabel dari HP. Fitur ini sudah ada sejak lama, bahkan ketika Android belum setenar sekarang.

Cara kerja dari Tethering ini ialah dengan cara membagi koneksi data seluler ke Hotspot, kemudian ketika tersambung perangkat lain, maka data seluler tadi akan otomatis berjalan.

Untuk memakainya sebenarnya tinggal diaktifkan saja. Buat yang belum tahu, begini cara membuat WIFI dengan modal HP sendiri.

Persiapan…

Tidak ada persiapan khusus. Yang penting tentunya Anda punya HP yang akan dijadikan Tethering, serta Kartu SIM aktif yang masih ada kuota mencukupi (Kalau bisa 1GB atau lebih).

Pastikan juga HP ditaruh di tempat yang agak dingin (Depan kipas misalnya). Soalnya untuk beberapa tipe kadang suka agak panas.

Cara Membuat WIFI Sendiri Di HP (Tethering)

Langkah 1 : Pertama silakan buka Setelan di HP yang Anda pakai.

Langkah 2 : Kemudian masuk ke pengaturan Jaringan Dan Internet.

Pengaturan Jaringan Dan Internet

Langkah 3 : Masuk ke opsi Hotspot & Tethering.

Tethering WIFI

Langkah 4 : Tap pada kolom Hotspot WIFI.

Cara Tethering Android

Langkah 5 : Atur Password WIFI sesuai yang diinginkan.

Pengaturan Sandi

Langkah 6 : Jika sudah, silakan aktifkan Hotspot disana.

Menyalakan Hotspot Android

Untuk tutorial diatas saya ambil dari Android 9.0. Jika Anda memakai HP dengan versi Android dibawahnya, mungkin langkahnya akan agak berbeda.

Misalnya seperti ini :

  • Buka Setelan > Hotspot Pribadi > Aktifkan Hotspot Portabel (Cara ini biasanya ada di HP Xiaomi).
  • Buka Setelan > Jaringan Seluler > Hotspot > Kemudian aktifkan disana.
  • Buka Setelan > Hotspot Portabel > Lalu aktifkan.
  • Buka Setelan > Personal Hotspot > Lalu aktifkan disana.

Jika tidak sesuai, Anda bisa coba mencarinya sendiri. Karena pengaturan tersebut pasti ada (Kalau hilang berarti ada bug kemungkinan).

Oh ya, untuk keamanan, setting sandi minimal 8 karakter. Tapi Anda juga bisa menghilangkan Password Hotspotnya.

Fitur lainnya kita bisa mengatur jumlah perangkat yang terhubung. Supaya tidak ada perangkat lain yang bisa tersambung ketika WIFI sudah penuh.

Menyambungkan WIFI Di HP Lain

Setelah Tethering diaktifkan, maka disini harusnya kita tinggal menyambungkannya saja. Silakan buka HP yang Anda inginkan, kemudian aktifkan WIFInya.

Kalau sudah terdeteksi, maka tampilannya akan jadi seperti ini :

WIFI Terdeteksi Di HP Lain
WIFI sudah terdeteksi di HP lain

Nah, Anda tinggal sambung saja WIFI tersebut menggunakan sandi yang telah diatur sebelumnya.

Apakah bisa buat Laptop atau PC? Ya, tentu saja. Contoh kalau sudah terdeteksi di PC seperti ini :

Tethering Laptop Dari HP Android

Nggak sulit kan? Oh ya, sedikit tips, setelah WIFI disambung, biasanya password akan langsung tersimpan.

Dan kalau tidak sengaja hilang (Passwordnya), Anda bisa coba mengecek HP Tethering kembali. Atau bisa juga coba pakai cara melihat password WIFI tersimpan seperti yang pernah saya bahas sebelumnya.

Cara Mempercepat Akses Koneksi WIFI Tethering

Lambat tidaknya akses koneksi yang diaktifkan melalui Tethering ini bergantung ke Provider yang dipakai. Karena disini pada dasarnya kita masih memakai data seluler dari HP utama.

Karena itulah tips untuk mempercepat Tethering WIFI ini masih berhubungan dengan jaringan. Misalnya :

  • Pastikan Sinyal HP Utama Bagus : Kualitas sinyal, akan berpengaruh terhadap kestabilan internet. Kalau sinyal kosong, biasanya HP-HP yang tersambung ke Hotspot internetnya akan mengalami gangguan (Nggak jalan).
  • Pakai Provider Yang Sesuai : Kecepatan dan kestabilan internet Provider, biasanya berbeda-beda di setiap tempat. Disini Anda tinggal mencari saja sesuai dengan yang dibutuhkan. Baik dari segi budget dan paket yang ditawarkan. Well, tentu dengan tetap melihat sisi kecepatan dan kestabilan tadi.
  • Setting Jaringan Ke 4G : Kecepatan internet 4G bisa dibilang lebih cepat dan stabil ketimbang jenis jaringan generasi sebelumnya. Untuk Tethering dengan HP yang tersambung lebih dari 2, jaringan 4G harusnya sudah cukup. Kecuali kalau 4Gnya lambat, bisa coba diubah ke 3G.
  • HP Yang Tersambung Jangan Terlalu Jauh : Semakin jauh sebuah perangkat dari HP yang menjadi Tethering, akan semakin lemah juga sinyal WIFInya. Disarankan untuk menaruh HP utama di ruang terbuka, serta perhatikan kekuatan sinyalnya.

Nah, dan seperti yang saya bilang tadi, lambat tidaknya akses koneksi tergantung dari Provider. Tapi sebagai gambaran, kalau untuk sekedar Browsing atau buka Youtube sebenarnya lancar-lancar saja.

Apalagi Tethering dipakai waktu pagi (Jam 1 sampai jam 5), kecepatannya bagus kok.

Penutup…

Membuat WIFI HP sendiri. Hotspot atau Tethering ini sebenarnya sudah banyak sekali diketahui para pengguna Android. Tapi tips disini saya tulis untuk Anda yang belum tahu caranya.

Jujur saja, buat saya pribadi fitur Tethering sangatlah bermanfaat. Apalagi kalau saya lagi malas memindahkan kartu dari satu HP ke HP lain.

Cukup dengan Tethering, maka HP yang saya inginkan bisa tersambung ke internet.

Mudah dan keren kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like