Cara Mengaktifkan GPRS Telkomsel

Cara Mengaktifkan GPRS Telkomsel

Kita dulu sering mendengar istilah GPRS. Kalau sekarang mungkin sudah lumayan jarang, ya?

Sekarang ini, kebanyakan HP (terutama smartphone) sudah memiliki fitur GPRS otomatis. Dengan begitu, semestinya kita nggak perlu mengatur apa-apa lagi.

Tapi, kalau Anda mengalami beberapa hal ini pada koneksi internet:

  • Tidak bisa tersambung.
  • Gangguan koneksi yang mengakibatkan loading terus.
  • Atau kadang putus nyambung.

Maka GPRS-nya perlu dicek lagi, nih.

Kenapa sih memangnya? Karena ada dua kemungkinan yang bisa terjadi:

  • HP Anda belum punya fitur untuk mengaktifkan GPRS otomatis.
  • GPRS di HP Anda tidak sengaja nonaktif.

Cara Mengaktifkan GPRS Telkomsel

Jika Anda pengguna Telkomsel, maka untuk mengecek dan mengaktifkan GPRS di provider ini sangat mudah, kok.

Telkomsel sendiri merupakan salah satu provider kartu seluler yang mengharuskan penggunanya mengaktifkan GPRS terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan layanan internet.

Untuk kartu Simpati, kartu As, kartu Halo, dan kartu Loop, kurang lebih langkah-langkahnya sama, kok. Di sini kita hanya perlu mengatur pengaturan yang ada di HP (APN) beserta mengaktifkan GPRS-nya saja.

Silakan coba satu per satu, ya. Langkah-langkahnya seperti berikut:

1. Aktifkan GPRS Dulu di HP Anda

Pengaturan GPRS di HP ini umumnya nggak bisa kita temukan secara langsung. Kalaupun ada, paling hanya di tipe-tipe HP tertentu saja.

Maka dari itu, solusi yang bisa kita lakukan adalah mengaktifkan APN Telkomsel khusus untuk GPRS. Untuk langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama, silakan buka halaman Setelan di HP Anda.
  2. Selanjutnya, silakan buka menu Jaringan Seluler.
  3. Setelah itu, kalau Anda pakai HP dual SIM, silakan pilih kartu SIM Telkomsel yang aktif.
  4. Kemudian masuk ke menu pengaturan APN.
  5. Tambah APN baru di sana.

Untuk pengaturannya bisa pakai ini, ya:

  • Telkomsel
  • Username: wap
  • Password: wap123
  • Sisanya dibiarkan saja.

Kalau sudah, Anda bisa menyimpan pengaturannya dengan cara menekan tombol titik tiga yang ada di bagian atas, lalu pilih Simpan.

Seperti biasa, silakan restart HP Anda terlebih dahulu, kemudian tunggu beberapa waktu. Biasanya sih butuh proses sampai jaringan mampu mendeteksi pengaturan yang telah kita ubah tadi.

Nanti kalau sudah, baru deh kita bisa coba akses internet seperti biasa untuk mengecek hasilnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Data Seluler Telkomsel yang Tidak Muncul.

2. Aktifkan GPRS Telkomsel Melalui SMS

Ini adalah layanan untuk mengaktifkan GPRS dari Telkomsel, yakni dengan cara mengirimkan kode SMS tertentu.

Prosedur aktivasi ini bukan dari HP, melainkan dari pihak provider langsung, ya. Dalam hal ini, berarti Telkomsel tentunya.

Nah, langkah-langkahnya bisa ikuti panduan berikut ini:

  1. Pertama, buka dulu aplikasi Pesan di HP Anda.
  2. Setelah itu, silakan buat SMS baru.
  3. Kemudian ketik 3636 di bagian kolom nomor.
  4. Lalu ketik juga GPRS ON di kolom pesan.
  5. Terakhir, tinggal kirim deh.

Tunggu beberapa saat, maka nanti akan muncul notifikasi setelah GPRS sudah berhasil diaktifkan.

Catatan: Pastikan pengaturan Akses Poin sudah diatur seperti yang dijelaskan tadi.

Belum Bisa? Coba Hubungi Customer Service

Kalau belum bisa harus gimana lagi, nih?

Jangan khawatir. Sebetulnya, untuk mengaktifkan GPRS ini bisa juga dilakukan melalui CS Telkomsel, lho.

Caranya mudah, yakni hanya dengan menghubungi CS-nya secara langsung, baik itu melalui email, call center, maupun sosial media resmi Telkomsel.

Berikut daftar kontaknya:

Email[email protected]
Twitter@telkomsel
Facebook@Telkomsel
Call (untuk pengguna kartu HALO)133
Call (untuk pengguna kartu SimPATI dan kartu As188

Nah, Anda bisa pilih tuh, kira-kira kontak mana yang paling nyaman untuk Anda hubungi. Sesuai kebutuhan tentunya.

Kemudian setelah terhubung ke pihak CS, nanti tinggal bilang saja, kalau Anda di sini ingin mengaktifkan GPRS. Dengan begitu, CS pasti akan langsung paham dan membantu langkah-langkah berikutnya nanti.

Mudah sekali bukan?

Buat yang hobi nelepon lama, lebih baik aktifkan paket Talk Mania, deh. Coba cek Cara TM Telkomsel.

Akhir Kata

Begitulah kiranya pembahasan singkat, mengenai cara mengaktifkan GPRS di HP.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, GPRS ini sebenarnya merupakan fitur yang sudah ada secara bawaan.

Biasanya sih memang sudah otomatis aktif, tapi nggak ada salahnya kan dicek lagi? Apalagi kalau memang terbukti sedang mendapati masalah koneksi.

Nah, sebagai penutup, kalau ternyata setelah mengikuti tutorial di atas masih belum berhasil juga, coba deh tanyakan lebih lanjut lewat kolom komentar yang ada di bawah ini. Barangkali bisa saya bantu.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like