Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Memperpanjang masa aktif kartu jelas penting sekali dilakukan, apalagi kalau kartu sudah masuk ke dalam masa tenggang.

Apa yang terjadi kalau masa aktif kartu sudah habis? Banyak banget contohnya, seperti:

  • Tidak bisa telepon.
  • Tidak bisa SMS.
  • Tidak bisa tersambung ke internet.
  • Dan lain-lain.

Intinya sih nanti kartu jadi tidak bisa dipakai lagi.

Nah, itu baru dari segi layanan, lho. Lebih repot lagi, kalau di kartu-kartu tersebut terdapat daftar kontak yang tersimpan.

Belum lagi, kita juga harus mengabarkan kontak-kontak kita, bahwa kita telah menggunakan nomor baru karena yang lama hangus.

Kalau nggak mau repot, lebih baik jaga masa aktifnya, deh.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Untuk memperpanjang masa aktif Telkomsel itu gampang banget, kok. Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni:

  • Membeli masa aktif.
  • Membeli pulsa untuk menambah masa aktif.

Nah, di sini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya, nih. Buat pengguna kartu SimPATI, Loop, Halo, dan kartu As, yuk disimak pembahasannya.

1. Cara Membeli Masa Aktif di Kartu Telkomsel

Membeli masa aktif kartu. Cara ini direkomendasikan buat Anda yang punya pulsa tersimpan, tapi masa aktif kartunya sudah mau habis.

Prosedur pembelian masa aktif ini pun mudah sekali dilakukan, bahkan bisa dibilang termasuk cara yang paling simpel dan cepat.

Selain itu, masa aktif yang bisa kita dapatkan bermacam-macam. Mulai dari 7 hari, sampai 30 hari.

Nah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan buka Dial Pad terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, ketik *999#, kemudian klik tombol Panggil.
  3. Tunggu beberapa saat, sampai menunya muncul.
  4. Anda akan mendapati daftar menu yang muncul. Terlihat di sana ada banyak promo dari Telkomsel.
  5. Silakan pilih Paket Lainnya (biasanya nomor 5).
  6. Kemudian, lanjut pilih menu Lainnya (biasanya nomor 7).
  7. Lanjut lagi pilih Masa Aktif Paket (biasanya nomor 3).
  8. Nah, nanti di sana akan terlihat pilihan masa aktif beserta biayanya.
  9. Silakan pilih masa aktif sesuai dengan kebutuhan. Pilih angka masa aktifnya, kemudian Kirim.
  10. Terakhir, kalau ada jendela konfirmasi, tinggal dikonfirmasi saja (biasanya nomor 1).

Tunggu beberapa saat sampai masa aktifnya bertambah. Untuk prosesnya sendiri otomatis, sih. Nanti bakal ada notifikasi dari 806 yang menginformasikan bahwa masa aktif kartu sudah bertambah.

Biaya masa aktif Telkomsel ini bisa berbeda-beda, ya. Namun secara umum, biasanya seperti ini:

Masa AktifBiaya
7 HariRp. 5.000
30 HariRp. 10.000
90 HariRp. 30.000

Kenapa bisa berbeda? Karena kadang ada juga promo-promo tertentu, di mana masa aktif sekian bisa dibeli dengan harga sekian. Ya, intinya sih nanti pilih saja sesuai kebutuhan.

Melalui kode *999# ini, bisa dibilang merupakan cara manual untuk menambahkan masa aktif. Selain itu, metode ini juga termasuk salah satu cara yang paling banyak dipakai.

Sayang, cara ini biasanya hanya bisa diterapkan di kartu SimPATI saja, sedangkan untuk kartu lainnya mungkin nggak bisa menemukan menu barusan.

Maka dari itu, solusinya Anda bisa cek juga metode selanjutnya, yakni dengan mengisi ulang pulsa kartu.

Bingung Telkomsel lemot? Coba juga APN Telkomsel ini.

2. Isi Ulang Pulsa Kartu

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, mengisi pulsa kartu itu bisa menambahkan masa aktif kartu yang dipakai, termasuk Telkomsel (SimPATI, As, dan sebagainya).

Pengisian pulsa ini bisa dilakukan seperti biasa. Entah itu secara online, di konter HP, atau bahkan di minimarket.

Setelah mengisi ulang pulsa, maka waktu aktif kartu secara otomatis akan bertambah, sesuai dengan nominal pulsa yang dibeli.

Coba deh cek pada tabel berikut ini:

Masa AktifJumlah Pulsa
7 HariRp. 5.000
15 HariRp. 10.000
20 HariRp. 15.000
30 HariRp. 20.000
35 HariRp. 25.000
45 HariRp. 50.000
60 HariRp. 100.000
120 HariRp. 150.000
60 HariRp. 200.000
120 HariRp. 300.000

Semakin tinggi pengisian pulsa, maka semakin panjang pula masa aktif yang bisa didapatkan.

Paling sedikit, nominal pulsa yang harus diisi untuk mendapatkan perpanjangan masa aktif adalah senilai 5.000 rupiah.

Sedangkan untuk penambahan masa aktif paling tinggi, ialah ketika Anda mengisi ulang pulsa di atas nominal 500.000 rupiah, di mana masa aktif bisa bertambah hingga 330 hari, lho.

Ketahui juga ya cara menonaktifkan NSP Telkomsel.

Cara Cek Masa Aktif Kartunya

Untuk mengetahui apakah kartu Telkomsel kita sudah masuk ke dalam masa tenggang atau belum, caranya mudah sekali, lho.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Dial Pad di HP Anda.
  2. Kemudian ketik *888#.
  3. Tunggu beberapa saat.
  4. Kalau menunya sudah muncul, maka Anda akan melihat jumlah pulsa tersisa beserta masa aktif kartunya.

Selain itu, Anda juga bisa cek melalui aplikasi MyTelkomsel:

  1. Silakan install aplikasi MyTelkomsel di HP Anda.
  2. Kalau sudah, buka aplikasinya.
  3. Setelah itu, silakan login menggunakan nomor Telkomsel yang Anda pakai.
  4. Kalau sudah, maka Anda bisa mendapati informasi masa aktif kartu di beranda aplikasi MyTelkomsel.

Gampang kan?

Lama Masa Tenggang Kartu

Sedikit tambahan nih, untuk lama masa tenggang kartu Telkomsel umumnya sekitar 30 hari.

Misal, masa aktif kita sampai bulan April nih, maka di pertengahan Maret, umumnya kita sudah masuk ke waktu tenggang.

Di antara ciri-ciri apabila kartu yang digunakan sudah masuk ke dalam masa tenggang, nanti kita tidak bisa melakukan panggilan keluar atau mengirim SMS, meski untuk menerima sih masih bisa.

Akhir Kata

Begitulah sedikit pembahasan mengenai cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel.

Pengguna SimPATI, Loop, kartu AS, atau kartu Halo, bisa pakai cara yang telah dibahas tadi, ya. Kebetulan saya sendiri sudah pernah menggunakan keempat kartu tersebut, kok.

Ada yang mau ditanyakan seputar Telkomsel? Silakan kirim saja lewat komentar yang ada di bawah ini, ya.

Semoga bermanfaat.

15 comments
  1. Saya mau nanya ni bang, kan masa aktif saya sampe tanggal 25/8/2020. Supaya masa aktifnya bisa bertambah, saya mengisi pulsa nya sehari sebelum masa aktif(tgl 24) atau di hari tgl 25 nya.. Atau ditanggal 26/27 bang??

    1. Yang pasti supaya masa aktif berjalan terus, pengisian pulsa sebaiknya dilakukan sebelum masa aktip berakhir.

      Kalau pengisian pulsa sebelum masa aktip berakhir, masa aktip akan ditambahkan (dihitung) mulai masa aktip berakhir.
      Kalau pengisian pulsa setelah masa aktip (masa tenggang), masa aktip dihitung mulai tgl pengisian pulsa.

  2. Mas saya mau tanya, saya kan isi pulsa yang 100k, tapi kok masa aktifnya satu bulan saja ya? hari ini tanggal masa aktif sebelumnya, yaitu 28/08/2020, nah saya isi pulsa barusan yang 100k, kok masa aktifnya cuma sampai 27/09/2020?
    Yang jadi masalah gini mas, saya mau beli paket yang seharga 100k pas, niatnya bakal mau di aktifin tanggal 01/09/2020 yang berlaku sampai dengan jangka waktu satu bulan yaitu 01/10/2020.
    Pertanyaannya, kan itu otomatis sudah lewat dari masa aktif ya mas, niatnya saya mau isi pulsa setelah masa aktif kartu lewat karena tanggal tua, apakah tetap bisa masuk pulsanya? dan apakah masa aktif kartu bisa bertambah? atau malah nanti kartunya tidak bisa di gunakan lagi?
    Itu saja mas terimakasih, maaf kalau kepanjangan dan kurang di mengerti, mungkin yang lain boleh bantu saya buat jawab, panjang umur sehat selalu untuk kalian yang selalu membantu;)

    1. Wah, coba hubungin CS mas.

      Saya biasa isi pulsa telkomsel buat kuota, 100k / 200k itu nambah isi ulangnya lumayan banyak kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
APN Telkomsel Terbaru dan Tercepat
Baca Yuk!

APN Telkomsel

Paling males kalau internetan lemot. Bener kan? Solusinya gampang kok. Coba deh pakai settingan APN Telkomsel. Saya mau…