√ [Akurat] 4+ Cara Mengetahui Serial Number Laptop

Cara Mengecek Serial Laptop Dengan Akurat

Kebanyakan orang ketika sedang berbicara soal Laptop, pasti lebih terfokus untuk mengetahui spesifikasi, merk atau tipe. Tidak dengan serial number.

Padahal jangan salah, untuk beberapa waktu, ternyata serial number Laptop terkadang dibutuhkan. Misalnya jika ingin mengecek keaslian produk atau ingin memperbaiki Laptop ke Service Center.

Buat yang belum tahu, serial number adalah gabungan antara 22 karakter huruf dan angka. Serial number selalu memiliki kombinasi yang berbeda untuk memastikan identitas perangkat tidak sama satu sama lain.

Berikut ini saya ingin membahas bagaimana cara untuk mengecek serial number di Laptop. Bisa untuk semua merk (ASUS, Acer, Lenovo, Toshiba, MSI dan lainnya), serta bisa diterapkan di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Cara Melihat Serial Number Laptop

Pengecekan dilakukan tanpa Aplikasi tambahan, melainkan diantaranya dilakukan menggunakan Command Prompt dan Powershell. Keduanya dijamin bisa menampilkan nomor serial Laptop secara akurat.

1. Cara Mengecek Serial Number Laptop Lewat Command Prompt

Mungkin sudah tidak asing lagi, Command Prompt adalah sebuah program bawaan Windows yang sampai saat ini bisa kita temui.

Untuk memakai Command Prompt kita harus memasukkan kode-kode tertentu, sampai perintah yang diinginkan muncul.

Melalui program ini kita bisa tahu lho, nomor serial pada Laptop.

Langkah 1 : Pertama buka terlebih dahulu CMD. Caranya coba tekan tombol Windows + R di Keyboard > Ketik CMD > Lalu klik OK.

Cara Buka CMD Laptop Windows

Langkah 2 : Kemudian setelah Command Prompt sudah terbuka, ketik perintah wmic bios get serialnumber > Kemudian lanjut tekan Enter.

Perintah Get Serial CMD

Langkah 3 : Setelah itu Anda akan melihat informasi serial number Laptop. Anda bisa mencatatnya atau menyalin kode tersebut.

Nomor Serial Laptop CMD

Cara ini bisa dilakukan di Windows 7, sampai Windows 10. Mungkin juga versi Windows dibawahnya (Windows vista kebawah). Silakan langsung dicoba, berhasil kok.

Sampai Bersih! Begini Cara Reset Ulang Laptop Windows 7,8,10

2. Cara Mengetahui Serial Number Laptop Lewat Powershell

Sebagian besar orang memang belum mengetahui apa itu Powershell. Pada dasarnya, program ini (Powershell) sama dengan CMD.

Yaitu program yang memungkinkan bisa menjalankan perintah-perintah yang diinginkan user menggunakan kode tertentu, namun secara lebih kompleks.

Melalui Powershell kita juga bisa melihat kode serial Laptop secara akurat. Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 : Buka terlebih dahulu Powershell. Klik tombol Windows dan R > Ketik Powershell > Lalu OK.

Cara Membuka Powershell di Laptop

Langkah 2 : Tunggu beberapa saat sampai Powershell terbuka > Kemudian ketik perintah gwmi win32_bios | f1 SerialNumber > Dan klik Enter.

Powershell Perintah Kode Number

Langkah 3 : Tepat setelahnya Anda akan mendapati informasi kode serial Laptop.

Contoh serial Laptop Powershell

Untuk beberapa sistem Laptop, terkadang Powershell ini terkunci dengan alasan keamanan. Untuk Windows 10 bisa coba buka Powershell ISE.

Sedangkan Windows 7 bisa coba cek di Start > All Programs > Accessories > Lalu buka menu Windows Powershell.

3. Cara Melihat Serial Number Lewat Body Laptop

Setiap Laptop pasti selalu ada stiker bawaan. Disana akan tertera informasi-informasi tertentu, paling sering merk, tipe dan spesifikasi Laptop.

Nah, di Laptop juga biasanya ada stiker nomor serial Laptop. Letaknya sebagian besar ada dibagian bawah Laptop (Dekat posisi harddisk, dekat ventilasi atau dekat baterai).

Cek serial lewat body Laptop

Kalau nggak ketemu, coba lepas baterai Laptop. Bisa jadi stikernya ada dibagian bawah port baterai.

4. Melalui BIOS

Walau BIOS pada dasarnya memang berfungsi untuk mengatur berbagai fungsi pada Laptop, kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi disana.

Mulai dari informasi hardware hingga serial number. Anda bisa mencoba ini jika 3 cara sebelumnya kurang cocok atau tidak berhasil.

Caranya sederhana. Cukup masuk BIOS kemudian periksa pada bagian System Information atau sejenisnya. Tinggal cari saja kolom serial disana.

Pengguna Laptop ASUS bisa coba baca Cara Masuk BIOS Laptop ASUS

Akhir Kata

Begitulah ulasan tentang cara mengetahui nomor serial pada Laptop. Tidak perlu khawatir akan serial kode yang ditampilkan, pokoknya dijamin akurat.

Sebenarnya ada lagi beberapa cara yang tidak saya bahas. Contohnya mengecek melalui dus Laptop hingga buku panduan. Alasan tidak dibahas karena saya rasa 4 cara diatas adalah yang paling mudah dilakukan.

Kalau ada yang ingin ditanya silakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like