(+Gambar) Cara Menginstall Phoenix OS | Lengkap Sampai Bisa!

Cara Menginstall Phoenix OS – Phoenix OS, bagi sebagian orang mungkin masih asing namanya. Tapi untuk yang sering mengikuti perkembangan teknologi apalagi gaming, pasti sudah kenal.

Buat yang belum tahu, Phoenix OS adalah sebuah sistem Android yang didesain khusus untuk dijalankan di PC.

Kalau kamu kenal Emulator, Phoenix OS ini mungkin agak terdengar sama, tapi berbeda. Karena kita langsung menginstallnya di komputer.

Cara Install Phoenix OS 2019

Saya sendiri sebenarnya sudah lama tahu Phoenix OS. Tapi baru coba menginstallnya beberapa minggu lalu.

Kebetulan saya lagi senang main PUBGM di PC. Nah, waktu lagi cari referensi, saya dapat info kalau Phoenix OS juga bisa dipakai.

Akhirnya saya coba main, dan hasilnya? 100% work tanpa masalah.

Dan disini saya mau membahas bagaimana cara menginstall Phoenix OS di PC atau Laptop, lengkap dengan gambar, khusus bagi yang ingin coba.

Spesifikasi Untuk Phoenix OS

Well, untuk menjalankan Phoenix OS sendiri sebenarnya nggak perlu spesifikasi tinggi. Dari ulasan-ulasan yang saya dapat, komputer atau laptop dengan spek Processor Dual-Core + RAM 2GB sudah cukup.
Dengan catatan kembali lagi ke penggunaan nantinya. Apakah ingin pakai Androidnya untuk sekedar multimedia seperti browsing? Ataukah ingin dipakai buat game?
Khusus game juga nanti tergantung dari beratnya. Karena game Android sama seperti PC, punya system requirements tersendiri.
Tapi balik lagi ke ulasan, Phoenix OS ini termasuk terkenal ringan. PUBGM yang terkenal berat bisa dijalankan di berbagai skenario dengan setting Extreme sekitar 50 – 60 FPS.

Cara Menginstall Phoenix OS Di Komputer / Laptop

1. Download Dulu Phoenix OS 

Memilih File Phoenix OS

Pertama silakan download terlebih dahulu OSnya. Kunjungi halaman http://www.phoenixos.com/en/download_x86 
Disana akan diberi dua pilihan, versi installer dan versi ISO Image. Pilih saja yang Installer.
Bedanya apa? Bedanya kalau yang versi ISO ini kita harus menginstallnya melalui Bootable. Tentu akan lebih ribet, terutama buat yang belum pengalaman menginstall ulang Windows.
Untuk server yang disediakannya sendiri adalah MEGA. Kalau mau langsung via IDM juga bisa. Cari saja tutorial Cara Download MEGA Dengan IDM (Pakai fitur Search situs ini).

2. Buka Filenya Dan Install


Opsi Menginstall Phoenix OS
Setelah filenya tersimpan, langsung saja buka seperti biasa.
Kemudian akan muncul jendela dengan 3 opsi. Pilih yang Install.

3. Setting Drive Harddisk

Pilih Drive Harddisk
Di langkah ini kita harus mengatur direktori drive dimana Phoenix OS akan terinstall. Kamu bebas memilih yang mana saja, dengan catatan drivenya masih ada Free Space (Kapasitas tersisa) yang cukup.

Berapa minimalnya? Tergantung kebutuhan lagi. Kalau saya pribadi menyarankan minimalnya 15 GB supaya nggak terlalu penuh.

Kalau sudah klik Next.

4. Setting Jumlah Kapasitas Memori Internal

Mengatur kapasitas drive

Salah satu kelebihan Phoenix OS, adalah kita bisa mengatur sesuai keinginan kapasitas memori internal Android nantinya. Ini sangat membantu, kalau ingin memainkan banyak game sekaligus.

Untuk langkah ini silakan pilih sesuai keinginan. Kalau memang OSnya ingin dipakai main game, saya sarankan minimal 8GB.

Tapi ini sesuaikan lagi dengan langkah sebelumnya. Pastikan kapasitas drive yang tersisa sesuai dengan kapasitas internal yang ingin kamu install. Misalnya 8GB berarti drive yang kamu punya minimal 8GB atau lebih.

Kalau sudah klik Install.

5. Tunggu Proses Install

Proses install

Proses install disini terlihat loadingnya berjalan agak lambat (Tergantung hardware yang dipakai sih). Walau begitu nggak lama kok. Paling 5 sampai 10 menit.

6. Reboot Sistem

Reboot Sistem

Kalau prosesnya sudah selesai, klik opsi Reboot Now. Dengan begitu Komputer / Laptop akan otomatis melakukan restart ulang.

Kalau mau, restart manual juga nggak masalah.

7. Pilih Boot Phoenix OS

Pilih Sistem Boot
Di langkah ini Komputer atau Laptop kamu setiap boot akan tampil halaman, dimana nanti bisa memilih sistem antara Phoenix OS dan Windows. Disini pilih saja Phoenix OS (Gunakan tombol arah dan klik Enter).

 8. Tunggu Proses Bootnya

Proses boot Sistem
Proses bootnya kalau di PC seperti ini (Versi reguler, nanti saya jelaskan dibawah)
Setelah sistem dipilih, Phoenix OS akan otomatis melakukan boot. Untuk boot awalnya sendiri berjalan agak lama, mungkin 3 sampai 5 menit. Ditunggu saja sampai selesai.

9. Atur Phoenix OS Kamu

License Agreement
Ini langkah terakhir. Kamu tinggal setting saja Phoenix OSnya. Untuk disini mudah dan saya rasa kamu juga bisa melakukannya.

Intinya ada 4 hal yang akan dilewati. Pengaturan bahasa (Pilih Inggris) >  Halaman License seperti gambar diatas (Pilih Accept) > Halaman WIFI (Silakan sambungkan ke WIFI) > Dan memberi nama akun pada sistem.

10. Selesai! Phoenix OS Bisa Langsung Dipakai

Tampilan Phoenix OS
Tampilan diatas adalah Phoenix OS yang telah terinstall dan telah disetting awal. Disini kamu sudah bisa memakainya sesuai keinginan.
Mau install game? Mau coba lihat video? Dengar musik? Bisa.. Tinggal coba-coba saja.

Cara Memakai Playstore Di Phoenix OS

Memakai Android, pastinya kita 100% butuh aplikasi tertentu, dan aplikasi tersebut kebanyakan hanya tersedia di Playstore.
Karena itu, penting sekali untuk mengatur Playstore pada Phoenix OS. Untuk langkahnya seperti berikut :
Pertama, silakan klik Start (Pada kiri bawah) > Kemudian klik logo Playstore.
Membuka Playstore
Selanjutnya akan muncul opsi untuk memakai gmail seperti dibawah. Tinggal ikuti saja seperti biasa.
Setting Email
Kalau sudah, maka Playstore bisa langsung dipakai. Mudah kan?
Memakai Playstore Selesai

Mengetes PUGBM Di Phoenix OS

Waktu saya habis menginstall Phoenix OS, saya langsung pasang PUBGM. Nah, dari hasil tes, dari segi performa Phoenix OS ini cukup oke. Kalau dilihat dari FPS, mungkin sekitar 50 sampai 60 FPS, persis seperti yang saya bilang di awal.
Sayangnya, saya nggak ambil screenshots waktu mainnya. Namun kamu bisa coba cek di Youtube gameplaynya. Ini videonya :
Controlnya gimana min? Untuk controlnya sama seperti game FPS biasa. Kalau kamu sudah pernah coba emulator Tencent Gaming Buddy, kurang lebih konfigurasinya sudah hampir sedemikian rupa. Paling hanya butuh sedikit penyesuaian lagi.
Hal tersebut juga berlaku untuk game lain yang butuh control keyboard. Misalnya Mobile Legends. Tinggal atur saja sesuai keinginan.

Gimana Cara Uninstall Phoenix OS?

Untuk menghapus Phoenix OS, pihak developer tidak memberi saran atau langkah khusus, alias bisa dilakukan seperti biasa.
Caranya gimana? Silakan pergi ke direktori tempat Phoenix OS terinstsall. Misalnya C:Phoenix OS. Disana akan ada sebuah aplikasi bernama Uninstaller. Double klik untuk membukanya.
Hapus Phoenix OS
Setelah itu akan muncul jendela uninstall. Disini pilih alasan kenapa kamu ingin menghapus Phoenix OS. Kalau sudah, klik Uninstall.
Opsi Uninstall
Tunggu prosesnya sampai selesai.
Oh ya, untuk jendela pilihan bootnya nanti akan otomatis hilang. 

(Tambahan) Kalau Ada Bug Layar Di Phoenix OS

Ada beberapa pengguna yang mengalami tampilan Phoenix OSnya tidak jelas. Entah font atau logonya terlihat seperti artefak (Kerusakan VGA).
Saya sendiri sempat mengalami masalah ini. Makanya untuk gambar boot diatas, saya foto dengan tampilan reguler ketika sudah diperbaiki, bukan boot awal.
Misalnya pada halaman License Agreement berikut :
Error layar
Tampilan font dan logo yang agak error
Nah, untuk solusinya sendiri mudah. Silakan klik logo Settings > Display > Atur resolusi menjadi lebih rendah / lebih tinggi > Kemudian restart Phoenix OSnya.
Kalau masih belum berhasil, ulangi lagi langkah-langkahnya lalu atur lagi resolusinya sampai bisa.

Penutup…

Phoenix OS, adalah sistem berbasis Android masa kini yang sudah didesain sedemikian rupa agar optimal dijalankan di Komputer. Banyak keuntungan yang bisa didapat di Phoenix OS. Salah satunya untuk para gamer.
Kita bisa menjalankan game-game Android dengan FPS tinggi yang super playable. Tidak heran, karena lewat Phoenix OS, Komputer akan difokuskan untuk menjalankan satu sistem saja, sehingga game akan jauh lebih optimal.
Semoga tutorial penginstallan disini bisa membantu kamu yang penasaran ingin coba Phoenix OS. Disini saya jelaskan sesimpel dan semudah mungkin dipahami. Tapi kalau ada yang kurang jelas, silakan tanyakan.
Oh ya, kalau ada bug tertentu, seperti gagal booting, bisa tanyakan juga lewat kolom komentar dibawah. Barangkali nanti bisa saya bantu.
Semoga bermanfaat!
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like