4 Cara Mengatasi Nox Black Screen (Layar Hitam) Saat Dipakai

Nox Black Screen

Nox merupakan salah satu emulator Android ringan yang banyak dipilih oleh para pengguna PC dan laptop, khususnya lagi mereka yang memainkan game Android seperti Mobile Legends, AOV, dan lain-lain.

Saya sendiri termasuk pengguna Nox. Untuk main game Seven Knights misalnya, emulator ini memang bisa dibilang cukup lancar.

Namun belakangan ini, saya sempat coba menginstal Nox lagi, untuk memakai WhatsApp di komputer.

Awalnya sih lancar-lancar saja. Tapi setelah selesai loading, Nox yang saya install kebetulan hanya menampilkan layar gelap saja, alias black screen.

Nox Mengalami Black Screen

Mendapati Nox bermasalah, saya langsung berinisiatif untuk searching.

Di sebuah forum berbahasa Inggris, saya menemukan kalau memang ada beberapa pengguna Nox yang mengalami hal ini.

Setelah searching lebih lanjut, akhirnya saya mendapatkan informasi dari situs resmi Nox sendiri. Di sana juga saya dapat mengetahui penyebab serta cara mengatasi masalah ini.

Anda bisa mengeceknya langsung, kok. Baca di halaman ini.

Akan tetapi, halaman tersebut tertulis dalam bahasa Inggris. Jadi, kalau Anda ingin informasi instan, simak saja di artikel ini, ya.

Baca Juga: Menggunakan Android di PC Jadi Gampang dengan Memakai OS Ini.

Cara Mengatasi Black Screen Pada Nox

Nah, di sini saya ingin coba berbagi tentang cara mengatasi Nox yang mengalami black screen, baik itu ketika Nox baru dibuka, maupun saat Nox akan digunakan bermain game.

Informasi ini, khususnya ditujukan buat Anda yang sedang mengalaminya.

Berikut caranya:

1. Pastikan Nox Sudah Ada di Versi Terbaru

Update Nox

Nox akan senantiasa mendapat penyegaran. Di antara tujuannya, untuk meningkatkan performa, serta memperbaiki bug atau kerusakan yang mungkin ada.

Siapa sangkat, dengan hanya melakukan update versi, ternyata hal ini cukup efektif untuk mengatasi masalah-masalah yang ada.

Misalnya, dulu ketika saya mengalami Nox stuck loading di 98% atau 99%. Hanya dengan update saja, masalah stuck tersebut bisa langsung teratasi, lho.

Nah, kalau Nox Anda mengalami black screen saat baru dibuka, mungkin saja Nox yang dipakai tersebut versinya memang sudah kadaluarsa.

Jadi, coba hapus dulu Nox yang ada, kemudian install lagi versi terbarunya.

2. Pastikan Driver VGA Juga Sudah Diperbarui

Driver AMD

Selain program Nox-nya, driver VGA juga perlu diperbarui.

Karena aplikasi Nox ini berhubungan dengan graphic, maka versi driver VGA yang digunakan akan sangat berpengaruh.

Biasanya, semakin baru versi driver, semakin optimal pula Nox digunakan.

Nah, terkait masalah black screen, pihak Nox melalui halaman resminya (link di atas) juga telah merekomendasikan solusi update driver VGA ini.

Kalau Anda belum tahu cara update-nya, sebetulnya mudah, kok. Anda bisa mendapatkan versi driver VGA terbaru dari situs resmi VGA yang digunakan (Intel, AMD, NVIDIA).

3. Coba Downgrade Versi Driver VGA

Update Driver

Loh, tadi disuruh update, kok sekarang malah downgrade?

Iya. Driver VGA versi terbaru tidak selalu bisa meningkatkan performa. Karena terkadang, versi driver baru justru bisa saja mengandung suatu bug di dalamnya, sehingga malah kurang optimal dalam penggunaannya.

Jika Nox yang Anda gunakan sebelumnya tidak bermasalah, kemudian baru mengalami black screen setelah driver diperbarui, maka Anda bisa coba opsi downgrade ini.

Turunkan saja versi driver-nya ke yang lebih lama. Setelah itu, silakan dicoba lagi.

4. Pastikan Pengaturan Nox Sudah Optimal

Setting NOX Laptop

Kalau Anda mendapati black screen saat sedang ingin dipakai bermain game (LineAge, Seven Knights, Mobile Legends, atau lainnya), maka Anda harus cek juga spek PC atau laptopnya, apakah sudah sesuai atau belum?

Alasannya, setiap game yang dimainkan di emulator itu pasti punya kebutuhan spesifikasi tersendiri. Jadi, tidak heran kalau mungkin ada beberapa game yang hanya menampilkan layar gelap saat akan digunakan.

Ada opsi lain nggak? Ada sih, yakni dengan melakukan optimalisasi Nox supaya bisa berjalan lebih ringan.

Caranya, bisa baca di artikel Cara Mengatur Nox Supaya Main Game Jadi Lebih Lancar.

Bagaimana Kalau Masih Belum Bisa?

Kalau belum bisa, mungkin penyebab masalah black screen Nox yang sedang Anda alami, berbeda dari apa yang saya alami dulu.

Karena selain 4 penyebab di atas, bisa saja ada sebab-sebab lain. Mungkin karena tipe VGA yang tidak support, atau hal lainnya.

Untuk itu, coba tanyakan lebih detail melalui kolom komentar di bawah artikel ini. Jelaskan kondisi black screen yang dialami seperti apa, dan saat digunakan untuk membuka buka game apa. Barangkali nanti bisa saya bantu.    

Baca Juga: Cara Download PUBG di Laptop dengan Mudah.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit informasi tentang cara mengatasi black screen di emulator Nox.

Kesimpulannya, ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Nox black screen, di antaranya:

  • Memperbarui versi Nox.
  • Memperbarui versi driver VGA.
  • Menurunkan versi driver VGA.
  • Memastikan bahwa Nox cocok di perangkat Anda, serta pengaturannya telah optimal.

Sebenarnya, masalah ini nggak begitu sulit diperbaiki, asalkan 4 cara di atas sudah terpenuhi atau sudah dicoba. Buktinya, Nox saya sendiri saat ini sudah normal lagi tuh. Hehe.

Oh ya, selain black screen, kalau ada pertanyaan lain yang masih berkaitan dengan Nox, Anda bisa juga menanyakannya melalui kolom komentar di bawah, kok.

Semoga bermanfaat.

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like