Cara Menonaktifkan 4G di HP

Cara Menonaktifkan Jaringan 4G HP Android

Jaringan 4G – Dalam beberapa pembahasan di situs ini, saya kerap kali menyarankan untuk mengaktifkan jaringan ini. Alasannya, karena 4G memiliki kecepatan yang lebih baik, serta kualitas ping yang baik pula.

Memangnya, sehebat apa sih jaringan 4G itu?

Sekilas Tentang Kecepatan dan Ping Pada Jaringan 4G

Rata-rata kecepatan internet di jaringan 4G yang saya dapatkan ada di kisaran 10Mbps, untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan di jam-jam ramai (18.00-21.00) masih tetap stabil.

Begitu pun dengan ping. Rata-rata ping yang saya dapat ada di kisaran angka 50-an, bahkan kurang.

Memang sih, terkadang bisa melonjak sampai 900+, tapi hanya sesekali saja. Itu pun karena kartu SIM-nya saya masukkan ke modem WiFi, jadi digunakan oleh banyak perangkat sekaligus.

Tapi, yang perlu digaris bawahi, kecepatan dan ping yang saya dapatkan tersebut bisa berbeda dengan yang Anda dapatkan. Sebab, semuanya tergantung dari provider, serta seberapa bagus kualitas sinyal di tempat Anda tinggal.

Jika 4G Malah Jadi Lebih Lambat

Well, jika Anda termasuk orang yang sedang mengalami masalah pada sinyal 4G -misalnya lambat- maka ada satu solusi yang terbukti jitu untuk mengatasinya.

Iya, yakni dengan menggantinya ke sinyal 3G atau HSPA.

Kenapa bisa begitu? Alasannya karena sinyal 3G memiliki perkembangan dan jangkauan sinyal yang lebih luas dari 4G. Sehingga, kecepatan internet yang didapat pun bisa lebih stabil nantinya.

Cara ini biasa saya terapkan di beberapa provider yang memiliki jaringan 4G kurang bagus, khususnya di tempat saya tinggal. Begitu internet gangguan, langsung saya ganti jaringannya ke 3G.

Hasilnya? Bisa normal lagi dong.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui HP Sudah 4G atau Belum? Ini Cara Mengeceknya.

Cara Menonaktifkan 4G di HP Android (Semua Merk)

Secara default, jaringan HP sudah ter-setting secara otomatis. Jadi, sinyal bisa berubah sewaktu-waktu, entah itu ke jaringan 2G, 3G, atau bahkan 4G, tergantung tempat di mana HP tersebut digunakan.

Namun, tentu saja kita tetap bisa mengubahnya secara manual, supaya 4G menjadi nonaktif, dan jaringan terkunci di jaringan 3G saja.

Ingin tahu bagaimana caranya? Silakan ikuti 2 cara yang akan saya bagikan di sini. Anda bisa menerapkannya di semua merk HP Android. Sudah saya tes sendiri dan berhasil.

Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Lenovo, ASUS, Huawei, dan lain-lain, semuanya bisa.

Baca juga: Cara Supaya Jaringan 4G Menjadi Full dan Stabil

1. Melalui Setelan HP Android

Mematikan 4G LTE HP Android

Di setelan HP Android atau lebih tepatnya pada pengaturan jaringan, kita bisa mengatur jenis sinyal yang akan ditangkap oleh HP.

Sinyal 2G, 3G, 4G, dan lain-lain. Pengaturannya sendiri bisa ditemukan di semua HP Android, meski mungkin ada beberapa perbedaan tata letak.

Silakan coba ikuti langkah berikut:

  1. Buka Setelan di HP Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu Kartu SIM.
  3. Setelah itu, pilih kartu SIM aktif yang Anda pakai.
  4. Lalu tap menu Jaringan Seluler.
  5. Pilih Jenis Jaringan.
  6. Lalu ganti ke 3G.
Pengaturan 4G

Tunggu beberapa saat sampai HP selesai melakukan penyesuaian ulang sinyal. Jika sudah, maka jaringan akan terganti ke 3G/HSPA+, sedangkan 4G akan menjadi nonaktif.

Seperti yang saya bilang tadi, mungkin ada beberapa perbedaan letak pengaturan. Jadi bisa di cek variasinya di sini :

  • Setelan > Kartu SIM > SIM 1 / 2 > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal.
  • Setelan > Kartu SIM > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal.
  • Setelan > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal.
  • Setelan > Jaringan Dan Internet > Jaringan Seluler > Ganti Sinyal.

Kalau nggak ada, bisa coba cara selanjutnya.

2. Melalui Kode Rahasia Jaringan

Cara Supaya 4G Tidak Nyala

Kode rahasia jaringan ini, dari hasil pengalaman saya, bisa ditemukan di semua HP Android (asalkan masih dalam keadaan pabrik, alias tidak terinstal custom ROM).

Fungsi dari pada kode jaringan ini banyak. Namun salah satunya di antarnya, ialah untuk mengganti jenis jaringan yang digunakan pada HP.

Bedanya dengan cara pertama, melalui kode rahasia ini, pengaturan yang ada bisa dikatakan jauh lebih lengkap. Karena di sini akan tersedia semua tipe sinyal yang didukung oleh HP.

Sedangkan untuk caranya:

  1. Pertama, buka Dial Pad (Telepon) di HP Anda.
  2. Ketik kode *#*#4636#*#*.
  3. Tunggu beberapa saat, nanti akan muncul jendela baru yang otomatis terbuka.
  4. Setelah itu, ganti jenis jaringan di kolom yang tersedia, menjadi WCDMA.

Tunggu lagi sebentar. Maka nanti jaringan 4G HP Anda akan mati dan terganti ke jaringan 3G.

Kalau saya sendiri, biasanya menggunakan cara ini kalau ingin konfigurasi sinyalnya diubah-ubah ke tipe tertentu. Karena pilihan yang tersedia jauh lebih lengkap.

Sedikit tips, karena agak ribet bukanya (mesti menekan kode), Anda bisa membuatnya jadi lebih simpel dengan memakai aplikasi di Playstore. Namanya 4G Network Mode. Fungsinya tadi, untuk mengakses setting jaringan ini.

Akhir Kata

Pada dasarnya, menonaktifkan jaringan 4G di HP hanya bisa dilakukan dengan cara mengubah setelan sinyalnya secara manual ke jaringan lain.

Dalam kata lain, di waktu yang bersamaan, kita telah mengunci sinyal pada jaringan tertentu saja. Pada contoh di atas, berarti kita telah menguncinya ke jaringan 3G.

Dengan begitu, jaringan 4G pun akan berganti.

Seperti yang saya bilang tadi, cara ini bisa diterapkan di semua HP Android, ya. Saya sendiri sudah mengetesnya, dan 100% berhasil tanpa ada masalah.

Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like