Cara Lock 4G LTE ASUS Zenfone

Cara Lock 4G di HP ASUS

Cara Lock 4G LTE ASUS – Kalau bicara soal jaringan, maka 4G LTE saat ini sudah layak disebut cukup optimal. Baik dari segi kecepatan, ping, serta stabilitas, seluruhnya telah meningkat di setiap operator.

Meski demikian, tidak semua daerah sudah ter-cover jaringan 4G secara penuh. Beberapa di antaranya masih ada yang mengalami susah sinyal, bahkan kadang turun ke 3G HSPA.

Untuk mengakali kondisi tersebut, ada satu cara yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menetapkan jaringan HP ke 4G only, alias mengucinya (lock).

Mengunci Jaringan ke 4G, Apa Maksudnya?

Mengunci jaringan 4G, adalah metode yang ditujukan untuk mempertahankan sinyal HP agar tetap berada di jaringan 4G.

Dengan mengatur jaringan ke 4G only, maka sinyal tidak akan mudah untuk berubah-ubah ‘seenaknya’ tanpa kita harapkan.

Bisa dibayangkan bukan, betapa menyebalkannya saat jaringan berganti secara tiba-tiba? Iya, kecepatan internet bisa menurun karena perpindahan jaringan tersebut, bahkan bisa jadi tanpa sinyal selama beberapa detik.

Memang sebentar sih. Namun itu sudah cukup membuat game online, panggilan WhatsApp, atau video YouTube terhenti.

Oleh karena itu, cara ini sangat direkomendasikan jika Anda mendapati masalah jaringan 4G yang belum begitu stabil.

Mengunci 4G LTE di ASUS Zenfone (Semua Tipe)

Nah, pada artikel ini, saya berencana untuk membahas bagaimana caranya melakukan setting jaringan 4G, khusus untuk HP ASUS.

Sebagai contoh di tutorial ini, saya akan gunakan HP ASUS tipe Zenfone Max Pro M1 (Snapdragon 636). Meski demikian, langkah-langkahnya tetap bisa diikuti di tipe HP ASUS lainnya.

Berkaitan dengan metode apa yang akan saya bagikan, di sini saya akan membahas 2 cara, yakni dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Sudah penasaran bukan bagaimana caranya? Berikut akan saya bahas, mulai dari metode tanpa aplikasi. Silakan disimak baik-baik, ya!

Baca juga: Apakah HP 3G Bisa Diubah ke 4G? Bahas Yuk!

#1. Cara Lock 4G ASUS Zenfone dengan Kode Rahasia (Tanpa Aplikasi)

Metode ini sangat umum digunakan oleh para pengguna Android, khususnya ASUS. Dengan kode rahasia, kita bisa mengakses berbagai menu pengaturan, di mana jaringan adalah salah satunya.

Suatu hal yang cukup menguntungkan. Di saat tidak semua HP bisa mengakses kode rahasia ini, ternyata ASUS Zenfone sudah mendukungnya, bahkan bisa diterapkan tanpa masalah.

Caranya seperti ini:

Langkah 1: Buka menu Telepon (Dial Pad) > Ketik kode *#*#4636#*#*.

Kode Setting Sinyal ASUS

Langkah 2: Setelah kode tersebut diketik, nanti otomatis akan muncul jendela baru. Klik Phone Information.

Phone Information

Langkah 3: Tap pada kolom Jaringan > Lalu atur menjadi LTE Only.

Setting Kunci Jaringan 4G LTE

Tunggu beberapa saat sampai jaringan 4G muncul. Mudah bukan?

Baca Juga: Cara Paling Mudah Menonaktifkan 4G di HP Android

#2. Cara Setting 4G Only HP ASUS dengan Aplikasi

Aplikasi 4G ASUS

Di Google Playstore, ternyata sudah ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kita dapat mengganti pengaturan jaringan ke 4G only, lho.

Cara kerja aplikasi semacam ini sebenarnya kurang lebih masih mirip seperti metode sebelumnya. Iya, yakni dengan memanfaatkan kode rahasia untuk membuka pengaturan jaringannya.

Mungkin di antara kita ada yang bertanya “Loh, kalau begitu kenapa tetap ditulis sebagai metode rekomendasi di sini?”

Well, alasannya ialah, karena dengan menggunakan aplikasi itu bisa dibilang akan menjadi lebih efisien. Kita tidak perlu mengetik kodenya satu per satu, sehingga tidak perlu khawatir lagi kalau lupa kode.

Nah, salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah 4G Only Network Mode. Contoh aplikasi tersebut bisa dilihat pada gambar di atas, sedangkan informasi tambahan tentang aplikasinya bisa dilihat pada tabel berikut:

Aplikasi4G Only Network Mode
Download1.000.000
Developerextremedroid
Ukuran2MB+

Syarat Supaya Cara di Atas Bisa Diterapkan

Memang mudah sekali untuk mengunci jaringan ke 4G only di HP ASUS.

Tapi tahukah Anda? Walau bisa dibilang sangat mudah, namun sebenarnya ada beberapa syarat, agar cara di atas bisa diterapkan tanpa masalah.

Nah, Anda cukup perhatikan 3 hal berikut ini saja:

  • Pastikan Kartu Sudah 4G: Untuk kartu keluaran tahun 2016 ke bawah, jelas masih banyak juga yang belum mendukung jaringan 4G. Oleh karena itu, Anda harus menukarnya dulu di galeri operator terdekat.
  • Pastikan ASUS Zenfone Sudah Mendukung 4G: Walau saya bilang cara ini support untuk semua tipe, ini sebenarnya masih perlu digaris bawahi, ya. Untuk tipe yang pada dasarnya memang belum mendukung 4G, cara di atas tentu saja tidak dapat diterapkan. Misalnya pada ASUS Zenfone 5 keluaran tahun 2015.
  • Pastikan Daerah Anda Sudah Tercakup Jaringan 4G: Dengan menggunakan cara di atas, maka jaringan 4G akan otomatis terkunci. Nah, di sini Anda perlu perhatikan, pastikan sinyal 4G masih bisa didapat di daerah Anda sekali pun hanya sedikit.

Itu saja? Iya dong, hanya itu saja.

Baca juga: Cara Mengecek HP Sudah 4G atau Belum dengan Cepat.

Akhir Kata

Mengunci sinyal 4G di HP ASUS sejatinya tidaklah sulit. Cara di atas bisa Anda terapkan dalam 3 langkah saja, yang bahkan nggak sampai 1 menit.

Dan sekali lagi, cara di atas juga bisa dipakai untuk semua tipe HP ASUS. Karena kebanyakan memang sudah support kode rahasia pembuka menu jaringan. Baik tipe Zenfone seri baru, maupun Zenfone seri lama.

Kalau ada yang bingung, atau ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis saja pada kotak komentar di bawah. Nanti akan saya bantu jawab.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like