Cara Jaringan 4G Full dan Stabil

Sebagian pengguna Android memilih beralih ke jaringan 4G dikarenakan kecepatannya yang relatif lebih cepat dan stabil.

Namun pada kenyataannya, tidak semua orang bisa menikmati ‘kehebatan’ jaringan 4G seperti yang dibayangkan sebelumnya. Tidak jarang ada yang malah mengalami masalah tertentu, seperti 4G HP yang tidak muncul (hilang).

Apa penyebabnya? Banyak sih. Tapi biasanya dikarenakan kualitas sinyal di daerah tersebut memang kurang bagus.

Ngga heran banyak yang mencari solusi, agar jaringan 4G-nya bisa penuh dan tidak hilang.

Nah, buat Anda yang juga penasaran, di sini saya ingin sedikit membahasnya. Siapkan HP Anda, dan simak tips-tips berikut dengan baik, ya:

1. Gunakan Kartu SIM Sesuai dengan Tempat Anda Tinggal

Memilih Kartu SIM Sesuai Tempat Tinggal

Di salah satu artikel yang pernah saya tulis sebelumnya, saya juga pernah membahas hal ini.

Jadi, inti dari poin ini ialah, setiap provider itu punya jangkauan jaringan 4G yang berbeda-beda.

Oleh karenanya, Anda bisa coba dulu untuk menggunakan provider mana yang kira-kira paling cocok di tempat Anda tinggal.

Metode ini merupakan tips yang paling mudah dilakukan. Sebab, secara otomatis penangkapan sinyal 4G di HP nantinya pun akan berbeda.

Baca juga: HP Sudah 4G atau Belum? Ini Cara Mengeceknya.

2. Coba Pindah ke Luar Ruangan

Memindahkan HP

Bagaimana kalau seandainya Anda berada di dalam ruangan tertentu, dan ternyata sinyal 4G malah semakin lemah?

Solusinya, sebaiknya Anda pindah dulu ke luar ruangan. Karena yang namanya sinyal itu, jika semakin jauh posisi dari BTS, maka akan semakin menurun juga kualitas sinyalnya.

Pertama, coba pindah tempat dulu. Misalnya ke tempat yang lebih terbuka. Tujuannya agar sinyal yang didapat pun bisa lebih baik dari sebelumnya.

Oh ya, ada juga lho cara untuk menentukan apakah sinyal yang kita peroleh bagus atau tidak. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka Setelan HP.
  2. Masuk ke menu Tentang Telepon.
  3. Kemudian tap opsi Status.
  4. Pilih kartu SIM yang Anda pakai untuk jaringan 4G.
  5. Di sana akan tertera angka dBm sinyal yang bisa digunakan untuk mengetahui kualitas penangkapan sinyal. Lihat contohnya pada gambar di atas.

Jika angka dBm ini semakin menurun, berarti semakin bagus sinyal yang didapat.

Nah, saat pindah tempat, coba cek lagi angkanya, sampai kira-kira ketemu yang paling bagus angkanya.

Baca Juga: Cara Mudah Menonaktifkan 4G di HP

3. Coba Nyalakan Mode Pesawat

Mengaktifkan Mode Airplane Untuk 4G

Loh, kok mode pesawat? Buat apa?

Sekilas, fitur ini memang jarang dipakai. Namun banyak yang belum tahu, kalau airplane mode juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain, yakni me-refresh jaringan.

Seperti yang kita ketahui, mode pesawat ini bekerja dengan menonaktifkan sinyal HP. Nah, begitu mode ini dimatikan kembali, maka Anda akan melihat HP melakukan deteksi ulang sinyal kembali.

Proses inilah yang disebut refresh jaringan.

Kalau Anda ingin jaringan 4G lebih stabil, cobalah untuk melakukan tips ini. Dengan jeda waktu menyalakan dan mematikan mode pesawatnya cukup sekitar 5 sampai 10 detik saja.

4. Restart HP

Restart HP Untuk Jaringan 4G

Kadang, sinyal 4G menjadi tidak stabil akibat disebabkan oleh sistem yang mengalami bug (eror) tertentu.

Tapi Anda nggak perlu khawatir, karena untuk mengatasi bug tersebut kita bisa coba me-restart HP. Biasanya sudah cukup efektif.

Selain restart, bisa coba juga matikan HP beberapa saat, lalu menyalakannya lagi.

5. Kunci Jaringan 4G HP

Kunci Jaringan 4G

Kalau jaringan 4G HP Anda sering tidak stabil dan hilang sendiri, cobalah menguncinya dengan memprioritaskan jaringan tersebut.

Di Android, ada dua pengaturan yang bisa dicoba untuk melakukan hal ini. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Setelan HP Anda.
  2. Setelah itu, buka menu Kartu SIM.
  3. Pilih kartu SIM yang aktif dengan sinyal 4G.
  4. Tap opsi Jaringan Seluler.
  5. Lalu pilih LTE.

Dengan begitu, 4G akan selalu stabil dan nggak akan hilang.

Akan tetapi, cara di atas mungkin bisa beda-beda tiap HP. Jadi untuk langkah alternatifnya bisa coba yang ini:

  1. Buka menu Telepon (dial number).
  2. Ketik *#*#4636#*#*. Maka akan muncul jendela baru.
  3. Masuk ke menu Informasi Telepon.
  4. Lalu ubah setelan pada kolom Jaringan menjadi LTE Only.

Sekali lagi ingat, ya. Cara ini hanya berlaku untuk mengunci sinyal 4G saja. Sedangkan cara agar sinyal 4G menjadi full, bisa ikuti langkah 1 sampai 3 tadi terlebih dahulu.

Baca Juga: Bisakah HP 3G Kita Ubah Jadi 4G?

6. Coba Tes HP Tanpa Memakai Casing Tambahan

Cek Sinyal Tanpa Casing

Ngga sedikit pengguna Android yang menggunakan casing tambahan di HP mereka.

Nah, jika Anda merupakan pengguna casing tersebut, dan ternyata mendapati masalah jaringan seperti ini, silakan coba dulu untuk melepas casing-nya.

Sebab, casing bisa jadi penghalang dalam proses penangkapan sinyal 4G.

7. Bersihkan HP Anda

Membersihkan HP

Di beberapa situs teknologi luar negeri, ternyata ada juga lho yang merekomendasikan untuk membersihkan HP, guna meningkatkan sinyal 4G.

Bersihkan HP, terutama di bagian baterai dan kartu SIM-nya. Anda bisa coba memakai kain lembut atau semacamnya.

Sedangkan khusus untuk baterai, kalau sudah mulai rusak lebih baik diganti saja. Ini bisa berpengaruh juga ke sinyal, lho.

8. Menggunakan Aluminum Foil di HP

Mencoba Pakai Aluminum Foil

Tahu aluminum foil, kan? Itu lho, lembaran alumunium tipis yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan atau kue.

Aluminum foil sendiri memang dipercaya bisa meningkatkan kekuatan sinyal. Jika Anda menginginkan sinyal 4G lebih bagus, bisa dicoba nih tipsnya.

Eh, pasangnya gimana?

Silakan berkereasi sendiri. Misalnya dengan ditempelkan ke HP.

9. Ganti HP Anda

Ganti HP 4G

Bagaimana kalau sudah menerapkan cara-cara di atas, tapi sinyal 4G tak kunjung juga menjadi lebih baik, full, apalagi stabil?

Mungkin inilah saatnya Anda mengganti HP.

Di HP Android itu terdapat komponen yang memiliki kualitas deteksi sinyal berbeda-beda. Jadi, di sini Anda bisa coba pertimbangkan untuk ganti ke perangkat lain yang dirasa punya spesifikasi lebih baik dalam penerimaan sinyal.

Cara ini seharusnya sangat efektif, lho. Cuma ya harus menyiapkan biaya dulu. Hehe.

Akhir Kata

Begitulah tema kita kali ini. Memang sih, tidak ada cara pasti supaya jaringan 4G bisa full, stabil, dan kuat.

Namun pada intinya, kualitas sinyal itu didasari pada 3 hal. Masalah tempat, provider, dan HP yang dipakai. Kalau ketiganya dipenuhi dengan baik, pasti sinyal pun akan baik pula. Tak terkecuali untuk 4G.

Nah, kalau Anda sudah memenuhi 3 hal tersebut, Anda juga tetap bisa menerapkan salah satu dari cara-cara yang saya bahas di atas, dengan tujuan memperkuat sinyal 4G di HP Anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like