Monitor Kesehatan Harddisk dengan Harddisk Sentinel

Cara Monitoring Kesehatan Harddisk

Harddisk, bisa dibilang merupakan salah satu komponen yang paling rentan rusak pada komputer, meskipun secara fisik terlihat kokoh.

Hal ini disebabkan karena komponen bagian di dalamnya sangat sensitif. Bahkan goncangan sekalipun bisa merusak harddisk, lho. Apalagi kalau sampai terbanting.

Nah, di situs Leskompi ini, pastinya Anda juga sudah tahu bahwa di sini banyak sekali artikel-artikel optimasi, di mana pada artikel-artikel tersebut, saya sering menyinggung soal kerusakan harddisk yang bisa mempengaruhi kinerja komputer.

Berangkat dari hal tersebut, di sini saya berencana akan membahas salah satu cara untuk memonitor dan mengecek kesehatan harddisk, yakni dengan menggunakan software Harddisk Sentinel.

Pentingkah Mengecek Kesehatan Harddisk?

Cara monitoring harddisk

Mengecek kesehatan harddisk sangat penting dilakukan, guna menganalisa gangguan kinerja pada PC atau laptop Anda.

Hal tersebut dikarenakan, kerusakan pada harddisk memiliki pengaruh besar terhadap kinerja keseluruhan pada komputer.

Bukan hanya soal kinerja, dengan mengetahui cara mengecek kesehatan harddisk, juga bermanfaat untuk Anda yang barangkali tertarik ingin membeli harddisk bekas.

Terus terang, saya sendiri pun punya pengalaman membeli harddisk bekas. Namun karena dulu belum punya cukup informasi, akhirnya belum sampai seminggu harddisk tersebut sudah error lagi. Meskipun untungnya sih masih ada garansi.

Nah, seperti yang saya bilang tadi, salah satu cara pengecekan kesehatan harddisk, bisa dilakukan menggunakan software HDD Sentinel. Software ini sudah sangat populer di kalangan pengguna PC.

Lantas bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak di poin selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mematikan Keyboard Laptop dengan Mudah!

Cara Mengecek Kesehatan Harddisk dengan Harddisk Sentinel

Langkah 1. Untuk menggunakan Harddisk Sentinel, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui situs resminya di www.hdsentinel.com. Di sana terdapat versi setup dan versi portable. Silakan sesuaikan saja.

Langkah 2. Jika sudah di-download, silakan install seperti biasa, lalu langsung buka saja aplikasinya.

Langkah 3. Selanjutnya, pada tampilan utama Harddisk Sentinel, Anda sudah bisa melihat kesehatan harddisk lewat 2 bar yang ditampilkan, yaitu Health dan Performance.

hdd health

Langkah 4. Eits, belum selesai, nih. Sekarang pindah dari tab Overview ke tab S.M.A.R.T. Di tab ini, terdapat informasi secara mendetail dari harddisk yang Anda gunakan.

stats
  • Pada harddisk yang masih sehat, status yang tertera akan ditandai dengan tanda ceklis hijau.
  • Jika hardidisk mulai rusak, ditandai dengan tanda seru kuning.
  • Sedangkan kalau rusak, ditandai dengan warna merah.

Kalau misalnya Anda akan membeli harddisk bekas, dan ternyata harddisk tersebut terdapat tanda seru kuning begini, lebih baik batalkan saja. Karena memang cukup riskan. Terutama jika tanda seru tersebut ada di bagian Reallocated Sector Count.

Cara Memonitor Kesehatan Harddisk

Langkah-langkah di atas, adalah cara untuk mengecek kesehatan harddisk.

Selanjutnya, kalau harddisk sudah dipastikan sehat, sekarang jangan lupa untuk selalu melakukan monitoring harddisk, agar harddisk selalu dalam kondisi sehat.

1. Memonitor Suhu

Pertama, monitoring suhu. Anda bisa melihatnya lewat tab Temperature.

Temperatur normal harddisk, ada di kisaran 40 derajat celcius ke atas (untuk suhu ruangan).

Untuk optimalnya, direkomendasikan agar senantiasa menjaga suhu di bawah 40 derajat celcius. Semakin dingin semakin bagus.

2. Melakukan Surface Test

Kedua, dengan melakukan surface test, dengan tujuan untuk mengecek apakah harddisk mengalami bad sector atau tidak.

Caranya seperti ini:

  1. Klik Disk (bagian atas).
  2. Klik Surface Test.
  3. Lakukan tes di mode Read (Non descruvtive).

Hati-hati, jangan sampai pilih!

surface test

Selanjutnya sih tinggal tunggu saja prosesnya sampai selesai. Nanti, Anda bisa melihat kondisi kesehatan pada harddisk, apakah ada bad sector atau tidak.

Untuk surface test ini, lakukanlah monitoring setidaknya seminggu sekali sampai 2 minggu sekali.

Baca Juga: Cara Mudah Menyambungkan Keyboard (Piano) ke Komputer.

Akhir Kata

Proses pengecekan sekaligus monitoring kesehatan harddisk, pada dasarnya sangatlah penting dilakukan, demi menjaga kualitas kinerja komputer atau laptop Anda agar senantiasa berada dalam kondisi optimal.

Artikel singkat ini saya tulis, untuk memperlengkap artikel-artikel optimasi lainnya. Dan selanjutnya, mungkin akan saya update juga cara mengecek kesehatan harddisk ini dengan versi lengkapnya.

Jika Anda punya pertanyaan seputar topik ini, silakan kirim dulu pertanyaan Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah, ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like